Februari 07, 2024

PASAR LOKAL DI ERA PASAR GLOBAL

 

PASAR LOKAL DI ERA PERSAINGAN GLOBAL

 

 


Abstrak

Globalisasi menjadi tantangan baru bagi para pengusaha dalam menerapkan strategi pemasaran. Perusahaan lokal dituntut untuk dapat bersaingan dengan perusahaan global kelas dunia yang memiliki modal serta produk berkualitas. Fenomena ini tidak bisa dihindari karena saat ini sangat mudah dalam mengakses dan menjangkau pasar global dengan adanya kemajuan teknologi. Tetapi sebagai pelaku bisnis yang berada di pasar lokal harus menjadikan hal tersebut sebagai tantangan tersendiri, meyakini bahwa sebagai pebisnis lokal dapat tetap bersaing dengan para pelaku bisnis global. 

Kata Kunci: Globalisasi, Pasar Lokal, Pasar Global

Pendahuluan

Globalisasi memiliki dampak yang signifikan terhadap perekonomian khususnya di Indonesia. Salah satu dampak dari globalisasi yaitu banyaknya pelaku bisnis global yang masuk ke pasar Indonesia. Dampak positifnya masing-masing pebisnis dapat memperkenalkan produk dari masing-masing daerahnya kepada pasar global. Menurut Budiarto dan Tjiptono, pasar global merupakan pemasaran yang menerima adanya kesamaan pasar dunia (bersifat geosentris) yang kompleks melalui integrasi aktivitas-aktivitas pemasaran domestik, luar negeri, maupun international yang menimbulkan sinergi dengan tetap mempertahankan tujuan strategis organisasi dan keunggulan bersaing sebagai kekuatan atas usaha-usaha pemasaran global. Kemajuan teknologi dan transportasi yang semakin canggih mendukung keberadaan pasar global, jarak dan waktu tidak menjadi masalah karena dapat teratasi dengan baik.

Pembahasan

Fenomena saat ini persaingan pasar lokal dan global sudah beralih dari perebutan pangsa pasar (market share) menuju perebutan pangsa peluang (opportunity share). Adanya globalisasi, perusahaan dituntut untuk dapat menerapkan strategi pemasaran global yang akan berdampak pada keunggulan dibandingkan pasar lokal.

Strategi memasuki pasar global dengan Ekspor dan Impor. Ekspor yaitu kegiatan ekonomi yang dilakukan dengan cara penjualan barang dari dalam negeri lalu dikirimkan ke negara lain. Sedangkan Impor adalah pembelian barang atau jasa dari suati negara yang dikirim ke negara lain. Keduanya tersebut tentu saja memiliki aturan-aturan syarat dan ketentuan yang harus dipenuhi oleh para pelaku bisnis.

Tujuan kegiatan Ekspor

a.      Membuka perdagangan di luar negeri

b.     Menambah harga jual yang tinggi

c.      Menambah pendapatan devisa

Tujuan kegiatan Impor:

a.      Kebutuhan masyarakat terpenuhi

b.     Kebutuhan barang produksi yang tidak ada dapat diperoleh dari luar negeri

c.      Kebutuhan barang dapat diperoleh dan dijangkau masyarakat

d.     Memberi manfaat bagi negara maupun msyarakat

Viswanathan dan Dickson (2006) mengungkapkan bahwa strategi pemasaran global meliputi dua pendekatan yaitu strategi pemasaran standar dan strategi pemasaran yang disesuaikan dengan kondisi negara tempat bisnis perusahaan dipasarkan. Perusahaan multinasional yang memiliki pasar global akan lebih kompetitif apabila dapat menawarkan produk global yang standar secara fungsional, dapat diandalkan serta memiliki biaya yang rendah (Levit, 1983).

Biasanya pemilihan negara tujuan untuk melakukan pemasaran yaitu cara melakukan operasi, mengenai ketentuan ekspor, kesepakatan waralaba atau lisensi, membentuk usaha patungan serta melakukan investasi langsung di negara lain.

Berikut merupakan beberapa strategi untuk masuk ke pasar global (Budiarto dan Tjiptono, 1997)

  1. Tujuan perusahaan yang mencakup aspek volume bisnis yang diharapkan, lingkup geografis serta jangka waktu
  2. Ukuran atau volume penjualan dan aset perusahaan
  3. Lini produk dan sifat produk yang dihasilkan perusahaan
  4. Persaingan pasar luar negeri

Kesimpulan

Dewasa ini globalisasi menjadi tantangan tersediri untuk para pelaku bisnis. Persaingan bisnis yang semakin ketat menuntut para pelaku bisnis untuk terus melakukan inovasi serta pelayanan yang maksimal kepada pelanggan, bagaimana dapat memenuhi kebutuhan serta keinginan pelanggan. Banyak peluang pebisnis lokal yang dapat bersaing di pasar global. Meskipun terdapat syarat dan ketentuan yang harus dipenuhi tetapi jika dapat berhasil maka memberikan dampak yang baik untuk pengusaha maupun negara.

Daftar Pustaka

Budiarto T. dan F. Tjiptono, Pemasaran Internasional, BPFE, Yogyakarta, 1997.

Levitt, T. (1983). The Globalization of Markets. Harvard Business Review, (May-June), pp. 92-102.

Suprapto & P. Lestari Soeryoowati. Pasar Lokal dan Global. Biro Bahan Ajar E-learning dan MKCU. http://pbael,mercubuana.ac.id/

Viswanathan, N.K. and Dickson, P.R. (2006). The Fundamental of Standardizing Global Marketing Strategies. International Marketing Review. Vol 24, No.1, pp. 46-63.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar