Februari 07, 2024

EFEKTIVITAS STRATEGI MARKETING PADA USAHA ONLINE SHOP MELALUI MEDIA SOSIAL

 

EFEKTIVITAS STRATEGI MARKETING PADA USAHA ONLINE SHOP MELALUI MEDIA SOSIAL

 

 


Abstrak

Persaingan bisnis online semakin hari semakin ketat dengan strategi marketing yang dilakukan dengan berbagai cara. Marketing sangat perlu dilakukan agar bisnis kita dikenal oleh masyarakat dan mereka tertarik untuk membeli jasa atau produk yang kita jual. Melakukan marketing dapat menaikkan pendapatan pada bisnis sehingga bisnis akan terus berkembang. Terdapat banyak cara yang dapat dilakukan untuk melakukan marketing, baik melalui media sosial, e-commerce maupun platform digital lainnya. 

Kata Kunci: Strategi Marketing, Digital Marketing, Sosial Media

Pendahuluan

Perubahan kebiasaan belanja masyarakat secara online mengubah pola dan perilaku masyarakat, masyarakat dapat dengan mudah mendapatkan barang yang diinginkan meskipun dengan jarak yang sangat jauh. Dengan handphone dan jaringan internet maka masyarakat dapat melakukan transaksi barang yang ingin didapatkan. Tetapi sebagai penjual juga memiliki tantangan tersendiri, banyaknya pesaing maka harus menyiapkan strategi pemasaran agar barang yang dijual tetap dapat bersaing dengan yang lain, tidak hanya pesaing lokal tetapi juga internasional. Menurut Suindrawati, tingkat persaingan dalam Business World, mewajibkan para pelaku ekonomi dapat melakukan pemasaran dengan efektif dan efisien. Aktivitas pemasaran tersebut memerlukan rancangan pemasaran yang fundamental sesuai dengan kepentingan pelaku ekonomi dan keperluan pelanggan (Suindrawati, 2015). Salah satu pemasaran yang efektif yaitu melalui media sosial, seperti kita ketahui saat ini hampir masyarakat di seluruh dunia aktif di media sosial, seperti Instagram, TikTok, Facebook, Twiter, dll. Sehingga strategi ini dianggap efektif untuk melakukan promosi.

Pembahasan

1.     Pemasaran (Marketing)

Menurut Kotler mendefinisikan bahwa pemasaran sebagai sebuah sistem sosial yang terjadi dalam seseorang atau kelompok guna mendapatkan apa yang dibutuhkan serta diinginkan dengan cara menawarkan, membuat, menjajakan, dan secara melakukan barter produk yang bernilai dengan pihak lain. Marketing merupakan ilmu dan seni menjelajah, menghasilkan dan mengantarkan nilai-nilai dalam rangka memuaskan kebutuhan pasar sasaran (target market) demi mendapatkan laba atau keuntungan (Zebua, 2016:5). Cakupan yang luas dan intensif pada konsumen dapat dijangkau dengan bantuan media internet.

Permintaan produk dapat mengalami kenaikan dengan mengimplementasikan bauran pemasaran yang mencakup 4P, antara lain (Kotler dan Amstrong, 2008):

a.      Produk (Product)

b.     Harga (Price)

c.      Tempat (Place)

d.     Promosi (Promotion)

Sedangkan bauran promosi menurut Kotler dan Amstrong yaitu paduan spesifik antara iklan, promosi penjualan, hubungan masyarakat, penjualan personal, dan sarana pemasaran langsung untuk mengkomunikasikan nilai pelanggan secara persuasif dan membangun hubungan pelanggan (Kotler dan Amstrong, 2008). Lima sarana pemasaran utama yaitu Periklanan (Advertising), Promosi Penjualan (Sales Promotion), Hubungan Masyarakat (Public Relations), Penjualan Personal (Personal Selling), dan Pemasaran Langsung (Direct Marketing).

Strategi pemasaran melalui iklan online di media sosial menjadi tren baru dalam dunia bisnis, masyarakat dalam sehari lebih banyak menghabiskan waktu dengan gadget atau internet. Manfaat yang didapatkan dari pemasaran online antara lain:

1.     Masyarakat atau calon konsumen mengakses internet 24 jam, dimanapun dan kapanpun dapat mengakses jaringan internet

2.     Dapat menentukan segmentasi pasar yang disesuaikan dengan usia, pekerjaan, jenis kelamin, dll.

3.     Jangkauan sangat luas di seluruh dunia

4.     Modal yang dikeluarkan kecil

Kesimpulan

Strategi pemasaran digital dengan media sosial dianggap efektif karena dapat menjangkau konsumen secara luas dimanapun dan kapanpun mereka berada. Kemajuan teknologi membuat para pebisnis untuk dapat mengikuti perkembangan yang ada agar tetap dapat bersaing dengan para kompetitor. Dengan pemasaran digital melalui media sosial memiliki biaya yang rendah dibandingkan iklan melalui televisi atau media lain yang dianggap kurang efektif.

Daftar Pustaka

Kotler, Philip dan Keller, Kevin Lave. (2008). Marketing Manajement (Benyamin Molan, Terjemahan), Jakarta: Indeks

Suindrawati. (2015). Strategi Pemasaran Islami dalam meningkatkan Penjualan (Studi Kasus di Toko Jesy Busana Muslim Bapangan Mendenrejo Blora).

Zebua, M. (2016). Pemasaran Pariwisata: Menuju Festifal Sail Daerah. Yogyakarta: Deepublish

 

 

 

 

 

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar