Februari 07, 2024

PENTINGNYA MANAJEMEN STRATEGI KEUANGAN PADA USAHA ONLINE SHOP

 

PENTINGNYA MANAJEMEN STRATEGI KEUANGAN PADA USAHA ONLINE SHOP



 

Abstrak

Dewasa ini usaha online shop semakin berkembang, banyak peluang usaha yang bisa dijalankan tanpa perlu memikirkan tempat untuk membuka usaha dan modal yang besar. Siapa saja yang mempunyai ide dan tekad dapat memulai usaha online dengan memanfaatkan smartphone atau media lain yang dapat tersambung dengan internet. Usaha online dapat dilakukan melalui marketplace atau melalui platform whatsapp yang dapat menjangkau customer di seluruh penjuru dunia. Dalam menjalankan usaha online maka diperlukan strategi keuangan yang efektif agar bisnis tetap berjalan dengan lancar, karena seperti kita ketahui ketika menggunakan marketplace maka uang akan masuk ke penjual setelah barang diterima oleh customer. Sehingga pengelolaan uang harus diperhatikan agar semua bagian dapat berjalan dengan lancar dan bisnis dapat terus berkembang.

Kata Kunci: Manajemen Keuangan, Strategi Keuangan Bisnis, Keuangan Efektif

 

Pendahuluan

Bisnis berbasis internet atau sering dikenal dengan online shop dapat dilakukan oleh siapa saja dan dimana saja. Bisnis online dapat dilakukan asalkan memiliki media yang tersambung dengan internet, seperti handphone, netbook, personal computer, atau media lain yang dapat mengakses e-commerce serta sosial media. Sehingga kita dapat berhubungan langsung dengan pembeli dan melakukan transaksi melalui media internet (Sharma, 2013). Manajemen keuangan yaitu kegiatan mengatur keuangan dalam sebuah organisasi, menyangkut kegiatan perencanaan, analisis serta pengendalian keuangan (Husnan, 2010). Bisnis online harus memperhatikan keuangan agar bisnis dapat terus berjalan dan bertahan lama. Meskipun menjalankan bisnis online terasa mudah tetapi jika tidak benar dalam pengelolaan keuangan dapat memberikan dampak yang fatal. Ditambah ketika transaksi online maka uang akan masuk ke saldo setelah orderan sampai pada customer. Selain itu penjual harus membayar biaya-biaya tambahan yang diberikan kepada pihak e-commerce, seperti biaya admin, biaya pajak, biaya layanan, dll. Oleh karena itu sebagai pemilik bisnis online perlu melakukan strategi manajemen keuangan dengan tepat, agar kondisi keuangan tetap stabil dan bisnis berjalan dengan lancar.

Pembahasan

1.       Manajemen Keuangan

Menurut Guthmann dan Dougall manajemen keuangan yaitu suatu kegiatan yang erat kaitannya dengan perencanaan, pengembangan, pengendalian dan pengadministrasian dalam setiap dana yang digunakan untuk bisnis. Fungsi manajemen keuangan terdiri dari tiga keputusan yang saling terkait, antara lain Investasi (Investment), Keputusan Pendanaan (Funding), dan Keputusan Modal Kerja (Working Capital Decision) (Ross, Westerfield, & Jordan, 2000). Sedangkan yang harus dilakukan dalam manajemen keuangan antara lain yaitu mendapatkan dana, menggunakan dana dan mengelola aset.

2.       Bisnis Online

Menurut Shareef, E-Commerce atau Electronic Commerce dipandang sebagai informasi bisnis, melakukan transaksi bisnis, serta menjalin hubungan bisnis melalui internet (Shareef, 2008). Sedangkan bisnis online secara sederhana dapat diartikan sebuah aktivitas bisnis baik jasa maupun produk yang ditawarkan melalui internet, negosiasi hingga terjadinya transaksi. Bisnis ini dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja tidak bergantung dengan jarak, antara penjual dan pembeli tidak perlu bertemu secara langsung. Modal yang dibutuhkan juga tidak terlalu besar, karena tidak perlu menyewa tempat untuk melakukan bisnis. Tetapi perlu diketahui bahwa sistem keuangan bisnisnyapun akan berbeda dengan bisnis offline.

3.       Tujuan Manajemen Keuangan

a.      Mendapatkan Keuntungan Maksimal

Semua bisnis termasuk bisnis online tentu saja menginginkan keuntungan, sehingga dengan pengelolaan keuangan yang baik maka dapat memaksimalkan keuntungan yang didapatkan.

b.     Melakukan Pengawasan

Kemana saja uang dalam bisnis digunakan, sehingga dapat dilakukan evaluasi mengenai keuangan dalam bisnis.

c.      Menjaga Arus Kas Perusahaan

Melakukan kontrol antara pemasukan dan pengeluaran agar tetap seimbang.

d.     Mengurangi Resiko

Agar bisnis tidak mengalami kerugian

e.      Pengembalian Dana Pemegang Saham

Kesimpulan

Manajemen keuangan harus diterapkan dalam semua kegiatan bisnis, termasuk bisnis online.  Manajemen keuangan yang baik dapat mengurangi resiko kerugian yang dialami dalam sebuah bisnis, dengan manajemen keuangan yang baik akan memaksimalkan keuntungan yang didapatkan perusahaan. Bisnis online dapat membuat laporan keuangan Laba Rugi, Arus Kas, Perubahan Modal, Neraca, dan Catatan Laporan Keuangan Perusahaan agar bisnis dapat berjalan dengan lancar dan terus berjalan.

 

Daftar Pustaka

Husnan, Suad. 2001. Dasar-Dasar Teori Portofolio dan Analisis Sekuritas. AMP YKPN. Yogyakarta.

Jones, G. R., George, J. M., & Hill, C. W. (2000). Contemporary Management. Boston, MA: Irwin/McGraw-Hill.

Shareef at al. 2008. Role Of Different Electronic-Commerce (EC) Quality Factors On Purchase Decision : A Developing Country Perspective. Journal Of Electronic Commerce Research Vol. 9 No.2, 2008.

Sharma, Nidhi Vishnmoi and Varsha Khattri. 2013. Study Of Online Shopping Behavior And Its Impact On Online Deal Websites. Asian Journal Of Management Reseach Vol.3 Issue 2, 2013.

Suprapto & Lestari Soeryowati. Business Strategy: Finance Management. Biro Bahan Ajar E-learning dan MKCU. https://pbael.mercubuana.ac.id/.

 

 

 

 

 

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar