Maret 25, 2024

LUPICI

Nama: Salsa Nurul Laeli 

Nim: 41822010104

Mata Kuliah: Kewirausahaan 2



Terjadinya inovasi makanan Lupici (Lumpia Aci) berawal dari keluhan konsumen terhadap isian aci pada produk Cibay yang menyebabkan cepat kenyang. Konsumen mengusulkan kemungkinan inovasi dengan membuat Cibay menjadi kopong tanpa adanya isian, sehingga saat digigit, bagian acinya hanya menempel pada permukaan kulit dalam lumpia. Sebagai konsumen awal Cibay, saya memutuskan untuk menginisiasi inovasi ini, mengubah produk menjadi Lupici. Dalam Lupici, rasio isian aci dikurangi dari 1:3(lumpia dan aci) untuk pembuatan Cibay, menjadi 1:1(lumpia dan aci) untuk pembuatan Lupici, di mana lumpia dan aci memiliki perbandingan yang sama. Proses pembuatan Lupici dan Cibay sebenarnya serupa, dengan perbedaan utama hanya terletak pada komposisi isian acinya.

Nama Lupici diadopsi sebagai pengganti Cibay karena perbedaan mendasar dalam komposisi dan karakteristik produk. Cibay berasal dari "Aci Ngambay," sementara Lupici merupakan kulit lumpia yang dioles aci yang sudah dimasak dibentuk seperti risol dengan rasio aci dan lumpia 1:1. Saat digoreng, isian aci dalam Lupici akan menempel pada permukaan kulit dalam lumpia, menciptakan tekstur yang krispi dan kopong, berbeda dengan "Cibay" yang cenderung memiliki isian aci yang meluas di seluruh lumpia dan mengambay keliat si Cibay ini di potong, setlah digoreng lupici akan ditaburi bumbu diluar kulit lumpia sehingga menciptakan rasa yang unit. Lupici menawarkan berbagai varian rasa yang menarik untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan para konsumennya.

Varian Rasa:

1.     Original Asin

2.     Pedas Daun Jeruk

3.     Balado

4.     Pedas Manis

5.     Keju

6.     Jagung Bakar

7.     Barbeque 



Lupici ini akan dijual dengan harga Rp. 10.000/ porsi dimana setiap porsinya terdapat 8 pcs lupici, konsumen bisa request rasa sesuka hati. Lupici akan dijual melalui dua saluran distribusi utama, yaitu membuka stand di area lokal untuk menjangkau konsumen setempat, dan platform online seperti Go-food, Grab Food, Shopee Food, Wa (untuk sistem PO) untuk mencapai konsumen yang lebih luas di seluruh wilayah.

 

 



            

 




Tidak ada komentar:

Posting Komentar