April 20, 2024

Artikel Bisnis Karind's Crochet

 




Nama : Sekar Indah Taofikqurohmah
NIM : 46123010031
Fakultas Psikologi

Abstraksi : 


Crochet sendiri diartikan sebagai seni merenda dengan menggunakan kait atau jarum. Seni crochet akan dapat membuat berbagai macam aksesori yang terbuat dari benang, bahkan dapat membuat sebuah pakaian. Karind’s Crochet hadir dengan tujuan untuk membantu customer customer diluar sana khususnya kalangan wanita dalam mengatur barang yang akan dibawa terutama alat alat kecantikannya. Dalam Karind’s Crochet ini terdapat 2 produk yang kami unggulkan dari segi kualitasnya, yaitu totebag dan pouch.  target pasar kami adalah wanita khususnya Mahasiswi yang seringkali menghabiskan waktunya diluar rumah. Setelah itu yang akan kami tentukan selanjutnya adalah bagaimana cara kami memasarkan produk kami kepada target pasar kami, tentunya yang kami lakukan adalah dengan membuat video promosi secara menarik yang akan diunggah ke media sosial seperti TikTok dan Instagram.



Pendahuluan : 


Wanita identik dengan alat alat kecantikannya yang selalu dibawa kemanapun mereka pergi. Hal ini bertujuan untuk mempermudah para wanita dalam menata rias wajahnya, pada dasarnya produk kecantikan tidak dapat bertahan lama, oleh karena itu para wanita biasanya selalu membawa alat kecantikan mereka didalam tasnya, agar dapat mempermudah menata rias kembali wajahnya sehingga dapat tampil lebih cantik. Karind’s Crochet hadir dengan tujuan untuk membantu customer customer diluar sana khususnya kalangan wanita dalam mengatur barang yang akan dibawa terutama alat alat kecantikannya. Dalam Karind’s Crochet ini terdapat 2 produk yang kami unggulkan dari segi kualitasnya, yaitu totebag dan pouch 


Crochet sendiri diartikan sebagai seni merenda dengan menggunakan kait atau jarum. Seni crochet akan dapat membuat berbagai macam aksesori yang terbuat dari benang, bahkan dapat membuat sebuah pakaian. Kami melihat crochet sebagai peluang usaha sekaligus sebuah kesempatan untuk memperkenalkan seni merenda dengan jarum dan benang. Tidak hanya semata mata mencari keuntungan, bisnis ini juga dapat dikatakan sebagai wadah dalam menyalurkan karya inovatif dan kreativitas. Oleh karena itu kami mendirikan Karind’s Crochet dengan memasarkan produk produk rajutan yang terbuat dari benang dengan motif yang dapat menarik perhatian konsumen.


Dalam menjalankan bisnis ini, kami belajar dengan otodidak dalam mendalami seni merajut dan dibuat tanpa bantuan mesin modern agar hasil produk yang dihasilkan dapat menjadi lebih eksklusif dan terdapat nilai seni didalamnya.


Rumusan Masalah : 


  1. Bagaimana strategi usaha dalam mengembangkan bisnis Crochet

  2. Bagaimana cara beradaptasi dengan persaingan bisnis yang semakin ketat di era modern ini



Pembahasan : 


Strategi Usaha 


Dalam mengembangkan usaha Crochet ini tentunya perlu strategi yang sangat ampuh agar produk yang kami pasarkan dapat menarik perhatian para konsumen. Hal yang akan kami lakukan yang pertama adalah tentunya memilih target pasar kami, target pasar kami adalah wanita khususnya Mahasiswi yang seringkali menghabiskan waktunya diluar rumah. Setelah itu yang akan kami tentukan selanjutnya adalah bagaimana cara kami memasarkan produk kami kepada target pasar kami, tentunya yang kami lakukan adalah dengan membuat video promosi secara menarik yang akan diunggah ke media sosial seperti TikTok dan Instagram. Kami juga akan mempersiapkan sebuah Website agar mempermudah bagi para konsumen dalam memesan produk yang kami pasarkan, didalam Website tersebut akan ditunjukan beberapa produk yang kami jual beserta harganya, lalu para konsumen hanya tinggal memilih produk mana yang mereka ingin beli lalu web kami akan mengarahkan ke halaman transaksi. Didalam Instagram kami juga sangat terbuka dengan adanya kritik saran yang membangun, dengan memanfaatkan fitur Instagram yaitu question box, kami akan senang hati dalam menampung kritik saran dari konsumen yang bermanfaat dalam membangun bisnis yang kami jalankan ini



Cara Beradaptasi dengan Persaingan Bisnis yang semakin ketat


Di dalam dunia bisnis tentunya terdapat sebuah kompetitif dari tiap pebisnis yang sedang menjalankan usaha mereka. Era modern saat ini sangat mempengaruhi bagaimana cara pebisnis mempertahankan usaha mereka agar dapat semakin maju dan berkembang. Dalam hal ini tentu saja diperlukannya adaptasi dalam berbisnis agar kami dapat selalu update dengan hal hal yang terkini. Cara kami dalam beradaptasi tentunya adalah dengan mengikuti hal hal yang sedang trend sehingga hal tersebut dapat memengaruhi kami dalam membuat produk yang akan kami pasarkan, misalnya seperti membuat  motif batik dan sebagainya. 

















 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar