April 18, 2024

Artikel dan Mind Map Parafin Frolurm

 

PARAFIN FLORUM (LILIN AROMATERAPI)

 

AMANDA PUTRI RIYANTO

AG 33

 

Abstrak : Lilin merupakan salah satu alat yang dapat memenuhi kebutuhan manusia. Selain sebagai penerang, lilin juga dapat menjadi dekorasi rumah dan menjadi alat yang berguna dalam membantu proses terapi dan dapat mendukung gaya hidup sehat yang modern. Dewasa ini, fungsi lilin semakin bertambah seperti untuk wewangian, yang dapat menyala dan menyebarkan aroma harum ke seluruh ruangan. Namun belum banyak orang yang mengetahui mengenai lilin aromaterapi, karena memang penjualannya masih sangat jarang terutama di wilayah yang jauh dari kota besar. Kebanyakan lilin aromaterapi hanya dijual di pusat-pusat perbelanjaan dengan harga yang ditawarkan cukup mahal dan kemasan yang kurang menarik. Padahal banyak konsumen yang menginginkan lilin aromaterapi, mengingat produk tersebut memiliki banyak manfaat untuk tubuh, selain untuk relaksasi lilin aromaterapi juga dapat menciptakan suasana yang nyaman, mengurangi stress, meningkatkan energi seseorang, membuat tidur lebih baik dan meredakan kelelahan mental dan dapat membantu untuk membentuk pola hidup sehat yang dimulai dari rumah.

Kata kunci: lilin, aromaterapi

Pendahuluan : Ketenangan dan rasa nyaman adalah rasa yang diinginkan oleh semua orang. Banyak sekali orang yang lelah dan stres mencari cara untuk menyalurkan rasa tidak nyaman tersebut dengan berbagai cara, entah itu mengikuti terapi atau meditasi mandiri dirumah. Produk yang orang sering gunakan untuk melakukan terapi atau meditasi mandiri salah satu contohnya adalah lilin yang memiliki aroma dikarenakan manusia memiliki panca indera yang sangat sensitif salah satunya adalah penciuman dikarenakan udara yang kita hirup  langsung menuju otak dan pikiran.

Kami melihat peluang tersebut sebagai kesempatan untuk berbisnis sekaligus menyalurkan kreativitas dan inovasi terbaik kami. Kami telah memproduksi dan ingin memasarkan produk kami yang bernama “Parafin Florum” yaitu produk lilin beraroma yang dibuat dengan bahan eksklusif.

“Parafin Florum” yang dibuat dengan proses serta bahan produk yang eksklusif akan menjadi salah satu produk yang layak untuk dikembangkan menjadi usaha bisnis online yang menguntungkan dan bisa memenuhi keinginan konsumen.

 

Permasalahan :

Bagaimana membuat strategi usaha dari produk paraffin florum?

Bagaimana cara menciptakan peluang usaha penjualan produk paraffin florum?

 

Pembahasan :

1.      Strategi usaha

Lingkungan usaha yang dipilih untuk melakukan kegiatan usaha penjualan berlokasi di toko usaha berbasis onlien. Alasan kami memilih lokasi tersebut karena toko usaha berbasis online memiliki jangkauan yang lebih luas dan mudah dijangkau. Jika melihat dari lingkungan usaha yang akan dijadikan tempat usaha, sebenarnya sudah banyak yang menjual produk yang sama dengan kami namun kami akan memberikan inovasi dan promosi yang akan lebih menarik perhatian konsumen. Kami akan mempromosikan dan mengenalkan produk kami di berbagai media sosial yang sudah kami tentukan seperti Instagram, WhatsApp, Website serta kami juga akan mempromosikan produk kami secara offline atau langsung kepada calon konsumen. Apabila melihat dari lingkungan usaha kami yang berada di toko bisnis berbasis online sehingga target konsumen kami adalah semua kalangan dan usia tertentu.


Peluang usaha dan pasar

kami menyadari bahwa produk lilin aromaterapi bukanlah produk yang baru-baru muncul dikalangan masyarakat. Kami senantiasa melakukan inovasi agar produk ini dapat unggul dari kompetitor lama. Melihat hasil analisis pesaing yang ada serta potensi permintaan pasar yang cukup besar, kami yakin bahwa bisnis ini memiliki peluang yang cukup besar. Dengan kualitas bahan baku, proses produksi, serta pengemasan yang baik akan mendorong minat konsumen memilih produk kami dibanding produk lain. Selain itu, kami juga akan melakukan strategi pemasaran, yaitu secara offline dan online.

Kesimpulan : Dalam makalah ini, kita telah mengkaji peluang bisnis dalam industri lilin aroma dan dampaknya pada kewirausahaan. Produk lilin aroma menawarkan banyak potensi karena daya tariknya yang luas di pasar konsumen saat ini. Lilin aroma tidak hanya menjadi pilihan dekoratif yang populer tetapi juga menawarkan manfaat aromaterapi yang meningkatkan kesejahteraan pengguna.


Penting untuk memahami bahwa memulai bisnis lilin aroma melibatkan berbagai aspek, termasuk penelitian pasar, pengembangan produk, pemasaran kreatif, dan manajemen operasional yang efisien. Faktor-faktor ini harus dipertimbangkan dengan cermat untuk memastikan keberhasilan dan pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan. selain itu, kami juga membahas beberapa strategi pemasaran yang efektif untuk produk lilin aroma, termasuk pemanfaatan media sosial. Upaya pemasaran yang tepat akan membantu membangun merek dan meningkatkan kesadaran konsumen terhadap produk kita.



Daftar Referensi:

Minah, F. N., Poespowati, T., Astuti, S., Muyassaroh, M., Kartika, R., Elvianto, E., ... & Rastini, E. K. (2017). Pembuatan Lilin Aroma Terapi Berbasis Bahan Alami. Industri Inovatif: Jurnal Teknik Industri7(1), 29-34.

Shofi, M. (2019). Pemberdayaan anggota PKK melalui pembuatan lilin aromaterapi. Journal of Community Engagement and Empowerment1(1).

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar