April 01, 2024

Artikel dan Mindmap Batik Tie

 Batik Tie

Nama    : Najwa

Kode Pebisnis : AG10


ABSTRAK

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Wirausaha adalah orang yang pandai atau berbakat dalam mengenali produk baru, menemukan cara membuat produk baru menyusun operasi untuk pengadaan produksi baru, memasarkannya, serta mengatur permodalan operasi.

Pemasaran media online pada dasarnya merupakan kegiatan komunikasi pemasaran dengan menggunakan media online atau internet. Aktivitas pemasaran online dilakukan tetap berpedoman pada market, produk, website, trafik, dan kredibilitas (Lasmadiarta,2010). Dengan pasar yang semakin beralih ke internet, penting bagi perusahaan untuk menyesuaikan strategi yang pemasaran yang relevan dan efektif.

Dalam pengembangan usaha ini, diterapkan teori kewirausahaan, digital promotion, serta konsep PESO, Creativity & Design Thinking untuk mencapai kesuksesan dalam berbisnis scrunchie batik ini.

Kata Kunci : Wirausaha, Creativity & Design Thingkin, Konsep Peso,dan Digital Promotion Campaign.


PENDAHULUAN

Dalam dunia bisnis yang kompetitif, kreativitas dan inovasi menciptakan nilai tambah yang membedakan suatu brand. Industri fashion di Indonesia terus berkembang seiring dengan meningkatnya apresiasi terhadap keunikan budaya lokal. Salah satu trend yang semakin popular adalah penggunaan batik dalam berbagai produk aksesoris, termasuk scrunchie. Scrunchie batik menghadirkan sebuah perpaduan menarik antara kekayaan budaya batik Indonesia dengan estetika modern dalam dunia fashion. Batik Tie adalah usaha yang menyediakan produk kunciran berwarna yang dibuat dari bahan batik. Dalam usaha Batik Tie ini tujuan utama nya adalah untuk memproduksi dan menjual produk scrunchie batik ini. Maksud usaha ini adalah untuk meningkatkan kegiatan ekonomi lokal dan membantu para pengusaha batik serta memenuhi kebutuhan pasar yang ada serta meningkatkan kualitas produk batik.


PERMASALAHAN

Batik Tie dihadapkan dengan beberapa permasalahan, seperti:

1.      1. Memilih Bahan dan kualitas kain

Mendapatkan bahan batik yang berkualitas dengan harga yang tejangkau dan konsisten bisa menjadi tangtangan, terutama jika ada kendala dalam ketersediaan kain batik dan kenaikan harga bahan.

2.     2.  Desain dan kreativitas

Mengembangkan desain scrunchie batik yang menarik dan sesuai dengan tren pasar tanpa kehilangan ciri khas batik yang menjadi identitas utama produk scrunchie. Dengan menghadapi tantangan dalam menciptakan variasi desain yang beragam namun tetap mempertahankan kesan unik dari scrunchie batik.

3.     3.  Persaingan yang ketat di industry aksesoris rambut

Persaingan yang ketat dengan brand lain di pasar fashion aksesoris dapat menjadi hambatan dalam menarik perhatian konsumen dan memenangkan pangsa pasar. Penting untuk mengidentifikasi persaingan dan mengembangkan strategi yang efektif untuk membedakan produk scrunchie batik dari pesaing.

4.      4. Penggunaan strategi Pemasaran dan promosi yang efektif

Membangun strategi pemasaran yang efektif serta memilih platform promosi yang sesuai, dan menjangkau target pasar dengan tepat.


PEMBAHASAN

Dalam mengimplementasikan jiwa wirausaha, tim Batik Tie perlu memiliki keberanian dalam mengambil resiko dengan memulai usaha di tengah tantangan persaingan yang ketat dengan menghadapi berbagai hambatan yang muncul. Selain itu, menciptakan kreativitas dengan ide-ide yang inovatif dalam mengubah batik menjadi produk yang tidak hanya inovatif tetapi juga modis dan sesuai dengan perkembangan zaman.

Batik Tie memanfaatkan berbagai digital promotion campaign tools yang tersedia seperti media sosial yaitu instagram, Tiktok, dan Twitter,website perusahaan yang interaktif, serta memanfaatkan strategi content marketing yang menarik, brand awareness dari Batik Tie yang dapat secara signifikan ditingkatkan dan mencapai audiens yang lebih luas dan beragam untuk membantu dalam meperluas pangsa pasar dan meningkatkan produk secara berkelanjutan.

Teori PESO membantu dalam merumuskan strategi promosi yang tepat sasaran dan efektif pada Batik Tie. Strategi promosinya, yaitu:

·         Paid : Iklan berbayar di media sosial

·         Earned : Mendapatkan ulasan positif dari pelanggan

·         Shared : Konten menarik di media sosial

·         Owned : Website dan Blog Batik Tie

Creativity & Design Thingking : Proses kreativitas dan desain thinking sangat penting untuk memenuhi kebutuhan konsumen, mengidentifikasi tren pasar, dan menciptakan produk yang unik dan menarik akan membedakan brand Batik Tie dari pesaing.

 

KESIMPULAN

Usaha brand Scrunchie batik “Batik Tie” merupakan contoh wirausaha kreatif yang berhasil menggabungkan budaya batik dengan tren kekinian. Dengan jiwa wirausaha yang tinggi dan strategi digital yang inovatif, Batik Tie berhasil menciptakan produk yang unik dan diminati pasar.


DAFTAR PUSTAKA

Lasmadiarta. (2010). Pengantar Kewirausahaan. Jakarta: Kencana.

Wardhana,C. (2019). Branding : The Power of Creativity and Design Thinking

Dr. Daru Asih dan Denta Mandra Pradipta Budiastomo. Pengantar Kewirausahaan, Jiwa Wirausaha dan Implementasi Jiwa Wirausaha Dalam Berbisnis atau Bekerja

Denta Mandra Pradipta Budiastomo dan Dr. Daru Asih. Digital Promotion Campaign

Denta Mandra Pradipta Budiastomo dan Dr. Daru Asih. Creativity & Design Thingking




Tidak ada komentar:

Posting Komentar