April 01, 2024

Artikel dan Mindmap BLINK Aesthetic Mirror

BLINK Aesthetic Mirror

Nama    : Naura Amandhary

Kode Pebisnis : AG08


ABSTRAK

Wirausaha merupakan seseorang yang pandai dan berbakat mengenali produk baru, menemukan cara untuk membuat produk baru, menyusun operasi untuk pengadaan produksi baru, memasarkannya, serta mengatur permodalan operasi.

Dalam membangun bisnis Aesthetic Mirror ini harus dimulai dengan adanya ide bisnis yang diharapkan mampu menjawab semua permasalahan yang ada. Ide bisnis harus dibangun dengan innovative, creativity dan design thinking yang mempunyai Unique Selling Point (USP).

Sesuai dengan perkembangan dunia yang ditandai dengan kemajuan teknologi yaitu internet, perusahaan akan memanfaatkan hal tersebut untuk melakukan Digital Marketing atau strategi untuk mempromosikan produk melalui berbagai jenis media digital.

Kata kunci : Wirausaha, Digital marketing, Innovative, Creativity, Design thinking, Unique Selling Point

 

PENDAHULUAN

Cermin telah menjadi bagian penting dari kehidupan manusia bahkan sejak zaman kuno, bukan hanya sebagai alat untuk melihat diri, tetapi juga sebagai symbol kecantikan, identitas, dan refleksi kultural. Selain itu, cermin merupakan  alat ekspresi yang kuat, barang ini juga membuka jendela ke dunia fantasi dan imajinasi. Sebagai seorang wirausaha, tentu memerlukan energi dan gairah menuju pembentukan ide baru serta solusi kreatif. Ide tersebut tidak datang dengan sendirinya, melainkan dibangun dengan cara selalu membuka pikiran bahwa ide yang diciptakan adalah yang terbaik, karena kondisi tersebut akan membimbing untuk menghasilkan ide-ide baik lainnya, serta selalu membuka mata untuk melihat potensi keberhasilan seseorang atau suatu perusahaan dalam mendirikan bisnisnya.

 

PERMASALAHAN

Membangun bisnis Aesthetic Mirror ini bukanlah suatu hal yang mudah. Ada beberapa tantangan yang dihadapi seperti :

  1. Menjangkau target pasar yang tepat
  2. Meningkatkan daya tarik konsumen
  3. Penetapan harga
  4.  Keamanan produk
  5.  Penggunaan strategi marketing yang efektif


PEMBAHASAN

      Untuk mengatasi permasalahan tesebut, seorang wirausaha harus menjadi pemikir yang produktif, memainkan permainan mental untuk melihat suatu masalah dari perspektif yang berbeda, dan melihat masalah sebagai batu loncatan bagi ide-ide baru.

      Bisnis Aesthetic Mirror mempunyai target pasar remaja dan wanita muda berusia 20-30 tahun yang menginginkan cermin dengan nilai estetika yang tinggi. Penggunaan foam, clay, dan aksesoris lucu lainnya  sebagai bentuk kreatif dan inovatif menjadi tujuan utama untuk meningkatkan daya tarik para konsumen. Bentuk inovatif tersebut tentu akan membangun Unique Selling Points (USP) yang mengacu pada nilai jual yang berbeda dan lebih unggul dibanding pesaing.  Cermin disediakan dengan berbagai macam ukuran dan tingkat desain yang berbeda akan menjadi faktor penetapan harga. Harga akan tetap terjangkau untuk para remaja.

      BLINK Aesthetic Mirror menjaga keamanan produk dan meminimalisir kerusakan pada produk yang dijual cara melapisi cermin dengan bubble wrap sebelum masuk ke dalam packaging yang nantinya akan diserahkan kepada distributor.

      Digital marketing merupakan salah satu strategi yang diterapkan oleh BLINK Aesthetic Mirror untuk mempromosikan produk yang dijual, melalui platform Tiktok dan Instagram serta menggunakan e-commerce seperti Shopee sebagai  media penjualan, dan website, email marketing, serta paid advertising.

     

 

KESIMPULAN

            Membangun bisnis yang kreatif dan inovatif  diperlukan jiwa kewirausahaan untuk menentukan kemajuan sebuah usaha. BLINK Aesthetic Mirror merupakan usaha yang berhasil menghadirkan produk cermin estetik yang menarik dengan pendekatan inovatif, kreatif, dan design thinking sehingga mampu menciptakan USP yang membedakan produknya di pasaran. Strategi pemasaran digital yang efektif membantu BLINK untuk menjangkau target pasar secara luas dan meningkatkan daya tarik konsumen. Selain itu, perhatian terhadap keamanan produk menunjukkan komitmen BLINK terhadap kepuasan pelanggan. Usaha ini memberikan Pelajaran berharga bagi para wirausaha tentang pentingnya adaptasi terhadap perubahan tren dan teknologi dalam membangun bisnis sukses di era digital saat ini.

 

DAFTAR PUSAKA

Dr. Daru Asih dan Denta Mandra Pradipta Budiastomo. Pengantar Kewirausahaan, Jiwa Wirausaha, dan Implementasi Jiwa Wirausaha Dalam Berbisnis atau Bekerja

Denta Mandra Pradipta Budiastomo dan Dr. Daru Asih. Digital Promotion Campaign Tools, Teori PESO

Denta Mandra Pradipta Budiastomo dan Dr. Daru Asih. Creativity & Design Thinking

Faradilla A (2023). Apa Itu Digital Marketing? Definisi, Manfaat, dan Strateginya

Redaksi OCBC NISP (2023). Unique Selling Point: Definisi, Contoh, & Cara Membentuknya




Tidak ada komentar:

Posting Komentar