April 29, 2024

Aspek Kepemimpinan dalam manajemen kewirausahaan

NAMA : VAIRIZA AGUSTIN PURBASARI

AG25


ASPEK KEPEMIMPINAN DAN MANAJEMEN DALAM KEWIRAUSAHAAN




Terimakasih kepada Bapak Atep Afia Hidayat dan Fhiladelvia atas pembahasan judul yang menarik dan konten yang sangat mudah dipahami. Dengan menonton vidio ini juga menambah wawasan Saya tentang aspek kepemimpinan dan manajemen dalam kewirausahaan. Dan dengan menonton vidio ini juga memberi pengetahuan baru bagi Saya dan mendukung tujuan Saya untuk berwirausaha.


Secara umum, wirausaha didefinisikan sebagai orang yang membangun, membuat, atau mendirikan perusahaan. Kemampuan seseorang untuk memimpin orang lain juga dianggap sebagai "kepemimpinan" wirausaha. Nah apa saja yang menjadi penentu potensi kewirausahaan :

1. Kemampuan inovatif

2. Keinginan untuk berprestasi

3. Kemampuan perencanaan realistis

4. Kepemimpinan terorientasi

5. Objektivitas

6. Tanggung jawab pribadi 

7. Kemampuan berdaptasi

8. Kemampuan sebagai perorganisasian dan administrator

 Beberapa hal yang dapat dilakukan oleh seorang wirausaha untuk membuat perencanaan yang strategis dalam usahanya yaitu orientasi strategis, komitmen terhadap peluang, komitmen terhadap sumber daya, control  terhadap sumber daya. 

Sebagai wirausaha juga harus memiliki manajemen karena manajemen dalam kewirausahaan memiliki beberapa fungsi yaitu : planning, organizing, directing, controlling. Beberapa manajemen dalam kewirausahaan :

1. Perencanaan

"Merencanakan berarti memilih", yang berarti bahwa perencanaan adalah proses memilih antara berbagai kegiatan yang dinginkan karena tidak semua kegiatan yang dinginkan dapat dilakukan dan dicapai sekaligus.

2. Perorganisasian

Pengorganisasian adalah cara untuk menetapkan, menggolongkan, dan mengatur berbagai aktivitas untuk menentukan tugas-tugas utama, wewenang, dan pendelegasian wewenang oleh pimpinan kepada karyawan untuk mencapai tujuan organisasi.

3.Pengarahan

Menggerakkan dan mengarahkan orang-orang yang terlibat dalam organisasi perusahaan agar menjalankan tugas.

4. Pengawasan 

Melakukan pengukuran terhadap kinerja perusahaan. Pengendalian terdiri atas empat tahap dasar, yaitu : menetapkan standar kinerja, mengukur kinerja individu dan organisasi,  membandingkan kineja aktual dengan yang direncanakan, dan  Melakukan Tindakan korektif

Tidak ada komentar:

Posting Komentar