April 29, 2024

Review ORGANISASI, TAKTIK BISNIS,KEPEMIMPINAN, DAN MANAJEMEN

NAMA : RAMAIDAH SEMBIRING

AG28

Mereview materi dari video STRATEGI BISNIS, KEPEMIMPINAN DAN MANAJEMEN



Materi ini menjelaskan tentang apa itu organisasi, konsep dasar tentang manejemen dan kepemimpinan. organisasi, manejemen dan kepemimpinan sangat terkait dengan erat dalam mengelola bisnis. 

ada definisi organisasi, Organisasi adalah hubungan antara beberapa orang dimana didalamnya ada pengarahan dari pimpinan agar apa yang menjadi tujuan bersama bisa tercapai. 

istilah lain manajemen 

1. Manajemen sebagai suatu proses

2. Manajemen sebagai suatu seni (art) dan ilmu pengetahuan (science)

3. Manejemen sebagai kolektivitas orang-orang yang melakukan aktivitas manajemen

menjelaskan tentang fungsi manajemen, terdapat 6 perencanaan, pengadaan staf, pengorganisasian, pengarahan, pembaharuan, pengawasan, perwakilan 

menjelaskan bentuk bentuk organisasi 

1) USAHA PERSEORANGAN

Usaha yang paling kecil dan paling umum, yang segala sesuatu dalam perusahaan ini tanggung jawabnya dipegang oleh pemilik perusahaan.

2) USAHA PATUNGAN

Bentuk perusahaan yang status pemilikannya berada di bawah sejumlah orang yang ikut terlibat.

3) USAHA PERSEROAN

Perusahaan jenis ini merupakan suatu bentuk perusahaan yang sama sekali terpisah dari pemiliknya.

di video tersebut juga menjelaskan tentang 

TEKNIK MANAJEMEN MODERN

Management by Delegation

Teknik manajemen ini digunakan bila perusanaan semakin derkembang, yang dimana jumlah tenaga kerja sudah cukup banyak, serta memiliki banyak cabang yang tidak hanya melayani pasar lokal saja.

Management by Exception

Teknik ini penekanannya pada penguasaan teknis pekerjaan yang telah ditetapkan. Oleh karena itu, manajer bagian harus mampu memimpin, memiliki mentalitas dan tanggung jawab, serta memenuhi syarat teknis keahliannya.

Management by Objective

Manajer berunding dengan para bawahannya mengenai tujuan yang akan dicapai hingga dapat ditetapkan sebagai sasaran perusanaan. sasaran tersebut dapat berupa target penjualan atau produksi yang selanjutnya dapat dipakai sebagai pedoman yang harus dicapai.

Management by Result

Teknik manajemen ini berfokus pada pemikiran hasil-hasil yang dicapai dari perusahaan bukannya pada interaksi Kegiatan Karyawannya.

Management by System

Teknik ini merupakan kelompok aktifitas perusahaan yang diikat satu sama lain melalui metode dan prosedur tata urutan dalam mengerjakan atau menjalankan aktifitas tertentu.

Management by Participation

Teknik ini sering dikenal dengan istilah Total Quality Control (TQC), Manajemen partisipasi ini mengikutsertakan seluruh pihak secara gotong royong dan musyawarah untuk mufakat dalam rangka meningkatkan kualitas proses dan hasil kerja. Pluang-Trading


PERAN KEPEMIMPINAN DALAM MANAJEMEN

Kepemimpinan berperan sangat penting dalam manajemen karena berfungsi sebagai penggerak (actuating) yang mencakup kegiatan memotivasi, komunikasi, pelatihan, dan kepemimpinan dalam bentuk-bentuk pengaruh pribadi lainnya. Fungsi tersebut juga dianggap sebagai tindakan mengambil inisiatif dan mengarahkan pekerjaan yang perlu dilaksanakan dalam sebuah organisasi.


SYARAT KEPEMIMPINAN

KEKUASAAN

Memberikan wewenang kepada pemimpin untuk mempengaruhi dan menggerakkan bawahan untuk berbuat sesuatu dalam rangka penyelesaian tugas tertentu.

KEWIBAWAAN

Keunggulan, Kelebihan, Keutamaan sehingga pemimpin mampu mengatur orang lain dan patuh kepada pimpinan

KEMAMPUAN

Sumber daya kekuatan, kesanggupan dan kecakapan secara teknis maupun sosial, yang melebihi dari anggota biasa.

KASUS KERJA DALAM TIM

Tim yang kompak

Tim yang selalu mengerjakan kegiatannya secara bersamaan dan saling membantu, baik yang berhubungan dengan pekerjaan maupun di luar pekerjaan.

Tim kurang kompak

Tim ini dapat disebabkan karena adanya perbedaan pendapat, strategi dalam penanganan masalah, kurangnya komunikasi antar anggota

Tim tidak kompak

Pada tim seperti ini perbedaan yang menonjol terdapat pada tingkat intelektualitas, emosional, moralitas, dan karakter dari masing- masing anggota/ketua timnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar