Maret 13, 2014

Membangun Usaha yang Sukses

142-Astuti Setyawati


Pengertian wirausaha

Dalam kehidupan sehari-hari kita sering menyaksikan berbagai aktivitas sebagai berikut. Seorang atau sekelompok orang mengeluarkan sejumlah uang untuk membeli sejumlah barang, kemudian barang tersebut dipajang disuatu lokasi tertentu untuk dijual kembalikepada konsumennya. Atau seseorang membeli sejumlah barang, kemudian diolah atau diproses lalu disajikan dalam bentuk makanan disuatu lokasi untuk dinikmati konsumennya.

Secara sederhana arti wirausahawan (enterpreneur) adalah orang yang berjiwa berani untuk mengambil resiko untuk membuka usaha dalam berbagai kesempatan. Berjiwa berani mengambil resiko artinya bermental mandiri dan berani memulai usaha, tanpa diliputi rasa takut atau cemas sekalipun dalam kondisi tidak pasti. Kegiatan usaha juga dapat dilakukan seorang diri atau sekelompok.
Etika wirausaha
Pengertian etika adalah tata cara berhubungan dengan manusia lainnya. Tata cara pada masing-masing masyarakat tidaklah sama atau beragam bentuk. Hal ini disebabkan beragamnya budaya kehidupan masyarakat yang berasal dari berbagai wilayah. Dalam arti luas, etika sering disebut sebagai tindakan mengatur tingkah laku atau perilaku manusia dengan masyarakat. Tingkah laku ini perlu diatur agar tidak melanggar norma-norma atau kebiasaan yang berlaku dimasyarakat.
Oleh karena itu, dalam eyika berusaha perlu ada ketentuan yang mengaturnya. Adapun ketentuan yang diatur dalam etika wirausaha secara umum adalah sebagai berikut :
Sikap dan perilaku seorang pengusaha harus mengikuti norma yang berlaku dalam suatu negara atau masyarakat.
Penampilan yang ditunjukkan seorang pengusaha harus selalu apik, sopan, terutama dalam menghadapi situasi atau acara-acara tertentu.
Cara berpakaian pengusaha juga harus sopan dan sesuai dengan tempat dan waktu yang berlaku.
Cara berbicara seorang pengusaha juga mencerminkan usahanya, sopan, penuh, tata krama, tidak menyinggung atau mencela orang lain.
Gerak-gerik seorang pengusaha juga dapat menyenangkan orang lain, hindarkan gerak-gerik yang dapat mencurigakan .
Ciri – ciri wirausahawan yang berhasil
Memilki visi dan tujuan yang jelas.
Inisiatif dan selalu proaktif.
Berorientasi pada prestasi.
Berani mengambil resiko.
Kerja keras.
Bertanggung jawab terhadap segala aktivitas yang dijalankannya.
Komitmen pada berbagai pihak merupakan ciri yang harus dipegang teguh dan harus ditepati.
Mengembangkan dan memelihara hubungan baik dengan berbagai pihak, baik yang berhubungan langsung dengan usaha yang dijalankan maupun tidak.
Kerugian dan keuntungan wirausahawan
Kerugiannya yaitu :
Pengorbanan personal. Pada awalnya wirausaha harus bekerja dengan waktu yang lama dan sibuk .
Beban tanggung jawab. Wirausaha harus mengelola semua fungsi bisnis, baik pemasaran, keuangan, personil maupun pengadaan dan pelatihan.
Kecilnya margin keuntungan dan kemungkinan gagal. Karena wirausaha menggunakan keuangan yang kecil dan keuangan milik sendiri, maka margin laba/ keuntungan yang diperoleh akan relatif kecil dan kemungkinan gagal juga ada .
Keuntungannya yaitu :
Waktu untuk keluarga lebih banyak.
Membuka kesempatan kerja.
Memiliki pendapatan sendiri.
Relasi semakin luas.
Wawasan bertambah.
Hobi tersalurkan.

Sumber bacaan :
Kasmir. 2006 .kewirausahaan
Suryana. 2003. Kewirausahaan
http://m.detik.com/wolipop/read/2012/08/28/072958/2000553/1133/inilah-6-keuntungan-menjadi-wirausaha

Tidak ada komentar:

Posting Komentar