Maret 13, 2014

Mari Raih Kesuksesan Melalui Berwirausaha

138 - VITTA SHELA

Pada zaman modern tidak sedikit generasi muda yang malu dan genngsi untuk ber-wirausaha, padahal tidak sedikit juga anak – anak muda yang sukses melalui berwirausaha, dan sudah banyak fakta bahwa berwirausaha itu bisa lebih menguntungkan disbanding bekerja dikantoran ataupun pabrik.

Tapi memang agak sedikit sulit untuk membuka sebuah wirausaha, selain membutuhkan modal materi kita pun harus punya yang namanya modal “nekat” tapi tetap berfikir dulu sebelum melakukannya. Selain itu kita juga perlu dan harus mempunyai sebuah motivasi agar saat menjalani sebuah usaha tidak dengan setengah hati. 
Nah, untuk meningkatkan modal motivasi dalam diri pelaku usaha, berikut ini ada 4 motivasi sukses dalam menjalankan bisnis yang perlu Anda terapkan dari sekarang.

Pertama, tanamkan keinginan kuat untuk menambah pengetahuan dan kemampuan.

Salah satu motivasi yang paling dibutuhkan pelaku usaha adalah keinginannya untuk terus belajar dan menambah keterampilan. Seperti kita ketahui bersama, motivasi belajar menjadi modal awal bagi para pengusaha untuk mengembangkan raksasa bisnisnya. Karena itu, belajarlah dari orang-orang sukses di sekitar Anda, belajarlah dari kegagalan yang pernah Anda alami, dan belajarlah dari sumber ilmu yang tersedia di seluruh belahan dunia.

Kedua, berani mengubah tantangan menjadi sebuah peluang.

Jika sebagian orang menghindari sebuah resiko, maka lain halnya dengan para pengusaha yang memandang sebuah resiko sebagai peluang baru. Tidaklah heran bila selama ini banyak pelaku usaha yang sukses menemukan ide bisnis baru dari permasalahan kecil yang mereka hadapi setiap harinya. Misalnya saja seperti peluang bisnis jasa laundry yang diangkat dari permasalahan  masyarakat di daerah perkotaan yang cenderung memiliki tingkat kesibukan cukup tinggi, sehingga mereka membutuhkan jasa cuci atau laundry sebagai solusi untuk mempermudah rutinitas mereka sehari-hari.

Ketiga, berusaha menjadi nomor satu.

Sebagai seorang pelaku usaha, pastinya Anda dituntut untuk siap bersaing dan berusaha menduduki posisi pertama di setiap kesempatan. Dengan dorongan tersebut, para pelaku usaha termotivasi untuk terus berprestasi, meningkatkan produktifitasnya dan menciptakan inovasi baru untuk menghadapi persaingan bisnis yang semakin hari semakin sengit.

Keempat, tebal muka dan bermental baja.

Tak jarang para pelaku usaha harus banting tulang dan bekerja keras untuk merintis sebuah usaha. Bahkan terkadang mereka harus turun langsung ke lapangan untuk menawarkanproduk-produk unggulannya dari satu rumah ke rumah konsumen lainnya. Kondisi inilah yang menuntut para pelaku usaha untuk memiliki mental baja dan tidak mudah menyerah dengan kendala yang menghadang di tengah jalannya usaha.

Dengan memiliki motivasi bisnis seperti di atas, diharapkan para pelaku usaha bisa mengembangkan bisnisnya lebih pesat dan mendapatkan untung berlipat-lipat tiap bulannya.
Berikut ini ada beberapa tips dan kiat kiat yang disampaikan Chairul Tanjung kepada calon wirausahawan agar semangat untuk menjadi wirausahanya tetap membara. Berikut beberapa kutipan dari Chairul Tanjung selama menjadi narasumber di acara diskusi tersebut:
Sukses itu adalah hak milik setiap orang. Hal ini merupakan wujud nyata dari keberhasilan Chairul Tanjung yang tidak berasal dari keluarga mampu dan berada, bahkan bisa dibilang dia berasal dari keluarga yang kekurangan. Suatu ketika saat dia mengetahui sang ibu menjual beberapa kain batiknya untuk biaya sekolahnya membuat dia berjanji dan berkomitmen untuk tidak membebani ibunya lagi dengan meminta uang untuk bayaran sekolahnya hingga dia lulus dan mendapat predikat dokter gigi.
Wirausaha tanpa komitmen adalah omong kosong. Mulailah berwirausaha dari sesuatu yang bisa dipegang dan berhasil, tidak peduli berapa uang yang diperoleh karena yang penting adalah berhasil. Menurutnya memperoleh uang Rp.10.000 dari penghasilan pertama itu jauh lebih sulit daripada mendapat penghasilan 1 Milyar pada penghasilan kedua. Oleh sebab itulah dibutuhkan komitmen dalam berwirausaha.
Networking sangat diperlukan dalam berwirausaha, tempat usaha dan tentu saja sebuah kepercayaan.
Sesuatu yang terjadi di masa lalu sedikit banyak akan berpengaruh pada kehidupan di masa depan, oleh sebab itulah kita harus menghadapi proses dan kuat menghadapi tekanan.
Organisatoris itu juga perlu karena saat kita ada dalam organisasi maka kita akan mengerti manajemen, belajar leadership dan belajar bertanggung jawab.
Aktif di kegiatan sosial itu juga penting karena dengan hal ini maka kita akan menjadi pribadi yang sensitif terhadap apa yang terjadi di masyarakat, dengan demikian mudah bagi kita untuk mendapatkan apresiasi dari masyarakat.
Seorang pengusaha harus optimis jangan sampai pesimis, seperti kue donat optimis itu adalah kuenya sedangkan pesimis itu bolongnya jadi orang pesimis hanya akan dapat bolongnya.
oyaa,, tapi bukan berarti berwirausaha itu selalu berjalan dengan manis, terkadang juga kita akan mengalami yang namanya kegagalan , tapi itu wajar , karena orang – orang sukses pasti selalu mengalami yang namanya kegagalan. Berikut merupakan contoh kisah sukses pengusaha, yang dalam perjalanan usahanya sering gagal, dan saat ini sedang menikmati masa kesuksesannya.
Kesuksesan penjualan produk di suatu negara belum tentu menjamin kesuksesan di negara lain. Hal ini yang dialami oleh perusahaan Otsuka yang terkenal dengan produk Pocari Sweet. Pada Negara Jepang, produk minuman isotonik ini mengalami kesuksesan penjuan tingkat 1. Tetapi pada masa perkenalan produk pada Negara Indonesia, Pocari Sweet dianggap gagal produk. Hingga akhirnya pada sekitar tahun 1997-1998, Pocari Sweet mengalami tinggat kegagalan yang paling mencemaskan. Berbagai macam cara dan strategi pemasaran dilakukan, tetapi sering gagal dalam pencitraan produknya. Hingga akhirnya mereka menemukan pencitraan yang sesuai dengan produk tersebut dan dapat mendongkrak penjualan. Dahulu pencitraan produk tersebut sebagai minuman bagi olahragawan atau atlit kemudian berganti menjadi minuman bergengsi bagi remaja yang dicerminkan dari iklan publikasikan, sedangkan saat ini pecitraan produk sebagai minuman kesehatan penganti ion tubuh.
Orang sukses tidak akan menyerah dengan keadaan, dan selalu mencari solusi terbaik bagi suatu masalah. Pernyataan ini sesuai dengan kisah sukses yang dialami oleh Bapak Sosrodjojo yang merupakan pendiri teh botol Sosro. Sosrodjojo memulai usahanya dengan membuat teh wangi melati yang berasal dari hasil percampuan teh hijau dan bunga melati pada tahun 1940 di Jawa Tengah dengan merek dagang teh cap botol. Pada tahun 1965, generasi keluarga Sosro ingin melakukan ekspansi pasar hingga melakukan promosi di Jakarta. Namun promosi tersebut gagal karena membutuhkan waktu lama untuk menyeduh teh. Mereka tidak menyerah dan tetap melakukan promosi dengan menyeduh teh sebelum ke lokasi promosi. Tetapi usaha itu gagal lagi, sebab banyak teh yang tumpah dalam perjalanan. Sering gagal dalam berpromosi tidak menurunkan semangat tim pemasaran Sosro, hingga akhirnya mereka memiliki ide untuk memasukkan teh ke dalam botol bekas kecap yang telah dibersihkan. Selanjutnya pada tahun 1974 didirikan pabrik teh siap minum dalam kemasan botol pertama di dunia, dengan nama PT Sinar Sosro.
Selain kisah sukses dari kedua perusahaan tersebut, hampir semua usaha dalam prosesnya akan melalui masa kegagalan. Oleh karena itu, jika ingin menjadi orang sukses, jangan takut gagal, sebab kegagalan merupakan suatu pelajaran terbaik. Bahkan semakin sering gagal, maka semakin baik sebuah perusahaan. Hal terpenting adalah dapat mengenali dan mengidentifikasi penyebab kegagalan dari segala sumber daya dan sistem dalam usaha, kemudian segera melakukan perbaikan. Dan cara jitu untuk menghindari kegagalan adalah belajar dari pengalaman dan kegagalan yang dialami oleh orang sukses atau pesaing usaha Anda, sebab mereka juga mengalaminya.

Sumber : http://pustaka-mhcom.blogspot.com/2013/02/motivasi-sukses-dalam-menjalankan.html
              http://www.orangterkayaindonesia.com/chairul-tanjung-kiat-sukses-berwirausaha/
              http://usaharumah.com/wirausaha/sering-gagal-mereka-juga-pernah-mengalaminya/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar