Maret 14, 2014

Bisnis Konveksi

249-Diah Rahmatu Zakiyah

Bisnis dibidang penjualan baju konveksi memang sangatlah begitu menjanjikan, terbukti semakin  menjamurnya toko-toko baju, distro dll. Kesemuanya membuktikan bahwa usaha penjualan baju konveksi baik grosir maupun ritel tidaklah mengenal surut dari waktu ke waktu. Selain faktor demikian, baju merupakan salah satu kebutuhan pokok manusia dimanapun dia berada. Dan itulah yang membuat usaha ini tidak mengenal surut.
Saat ini usaha baju branded sedang menjamur dimana-mana, namun untuk menjalankan usaha tersebut dibutuhkan modal yang cukup besar, dan karena alasan modal tersebut salah satu sebab seseorang mengurungkan diri untuk memulai usaha.

ini adalah cara kita membuat usaha konveksi agar lebih mudah dan lancar...



  1. Bekerja sama dengan multi distributor.
  1. Bekerja sama dengan distro, toko, factory outlet atau supermarket memang dapat memberikan berbagai keuntungan dalam memperbesar kapasitas produksi dan penjualan hasil produksi konveksi kita, namun memang harus fokus dalam menjalin komunikasi dan hubungan ke distributor tersebut agar bisa melakukan penyelarasan pola penjualan. Pola penjualan dengan menggunakan jaringan relasi adalah hal yang paling mudah, karena kita mengenal siapa yang menjadi buyer atau partner usaha konveksi kita. Sehingga kita dapat menentukan format yang sesuai dengan kapasitas bisnis usaha konveksi kita sendiri.
  1. Terus melakukan pendekatan ke distro, toko, outlet atau buyer lainnya yang memang dapat dipercaya memiliki kapasitas pendistribusian yang baik serta disiplin dalam hal komitmen pembayaran. Ini hal yang sangat penting.
  1. Terlibat dalam berbagai event seperti pameran, pameran fashion dan UKM. Selain melakukan penjualan juga dapat membantu kita memperoleh ilmu mengenai tata cara kelola usaha yang baik dan tentunya menambah relasi baru dalam produksi maupun relasi pemasaran.
  1. Melakukan mekanisme promosi lain seperti pola penjualan komunitas juga dapat dilakukan seperti ikut serta dalam bazar pada suatu komunitas motor misalnya, atau acara kenaikan kelas anak sekolah, bahkan open table pada saat arisan ibu-ibu.
  1. Perlu kreativitas yang banyak dalam hal improvisasi penjualan, seperti pemberian diskon hingga pembayaran secara angsuran dapat dipergunakan sebagai cara namun tetap harus berhitung dengan resiko.
  1. Ini yang paling penting pada zaman sekarang, zaman pemasaran digital, yaitu mengiklankan konveksi atau produk konveksi Anda secara online, eksis secara online sangatlah penting.
Saat ini saya bersama teman kelas saya sedang menjalankan usaha penjualan baju konveksi grosir/satuan dengan menggunakan sablon manual..
baju yang kami jual saat ini masih menggunakan PO (perorder) yaitu menunggu seseorang untuk memesannya barulah kami memproduksinya, itu dilakukan agar mengurangi biaya keluar yang memang tidak di perlukan.
disini kami juga membuat design-design khusus yang menjadikan Icon dari produk kami..
brand baju kami yang menjadikan Icon usaha kami bernama "LENTERA"
kami disini bekerjasama dengan :
clothingArt sebagai tempat sablon
Eliana sebagai pembuat Design
Saya bersama Gibran sebagai Marketing penjualan


http://www.konveksian.com/tips-bagaimana-memasarkan-mendistribusikan-produk-konveksi-anda/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar