Maret 13, 2014

Berani Berwirausaha, Berani Sukses Usia Muda.

112-Ahmad Septian S

Wirausaha, kata yang nampaknya kurang menarik bagi kalangan muda saat ini. Tapi apakah anda ingat, saat indonesia mengalami krisis ekonomi pada tahun 1998? Ya, banyak perusahaan perusahaan besar yang tumbang khususnya dibidang perbankan, properti dan bahan baku impor, siapa yang menyelamatkan bangsa indonesia dari krisis tersebut? Banyaknya pengusaha kecil dan menengah yang berdiri kokoh pada masa itu. Usaha kecil ternyata dapat menyerap tenaga kerja lebih banyak, tidak terlalu banyak modal, dan mudah memperoleh effisiensi yang lebih dibanding usaha besar.

Disaat semakin menipisnya lapangan pekerjaan saat ini, terdapat peluang besar bagi sarjana dan calon sarjana muda untuk menjadi pahlawan dengan mengembangkan usaha, baik itu usaha kecil, menengah ataupun lapangan pekerjaan bagi dirinya sendiri dan orang lain.


Pertanyaannya adalah, beranikah anda berwirausaha?


Wirausaha adalah kemampuan yang dimiliki oleh seseorang untuk melihat dan menilai kesempatan-kesempatan bisnis, mengumpulkan sumber dayasumber daya yang dibutuhkan untuk mengambil tindakan yang tepat dan mengambil keuntungan dalam rangka meraih sukses.

Kewirausahaan pada hakekatnya adalah sifat, ciri dan watak seseorang yang memiliki kemauan dalam mewujudkan gagasan inovatif ke dalam dunia nyata secara kreatif.

Tidak ada keberhasilan tanpa kerja keras, mungkin kata itu yang biasa kita dengar dalam mencapai kesuksesan. Apapun jenis pekerjaan kita tanpa kerja keras tidak akan ada hasil. Ujian tanpa belajar tidak akan menghasilkan IPK yang bagus, kursus bahasa inggris tanpa berlatih tidak akan mendapatkan hasil maksimal

Bukan suatu hal mudah untuk memulai usaha sendiri, tetapi sebaliknya, juga bukanlah hal sulit untuk dilakukan. Memulai bisnis pribadi merupakan hal yang menakutkan, dan sekaligus menarik. Mengapa? Di satu sisi, hal ini dapat menimbulkan Resiko besar, sedangkan di sisi lain, kesempatan besar dalam kehidupan juga sedang menanti. Oleh karena itu, sangat masuk akal jika Anda menjadi ingin tahu, apa saja sebenarnya, yang terlibat dengan diri Anda pada saat memulai berbisnis, dan apa saja yang bisa membuat langkah bisnis Anda ini bisa sukses. Untuk menjadi wirausahawan sukses berikut kiat yang mungkin dapat anda jadikan acuan:

  • Jadilah orang yang kreatif, fleksibel, dan cepat tanggap terhadap perubahan yang terjadi 
  • Tentukan jawaban atas pertanyaan, Apa tujuan pribadi Anda untuk berbisnis sendiri ini? Berapa target penghasilan yang Anda inginkan? Di manakah Anda berada 5 tahun, 10 tahun mendatang?
  • Temukan ide bisnis yang disertai hasrat membara atau "passion" pribadi untuk segera memulai dan mengoperasikannya. Jika tidak, jangan harap Anda bisa mengubah semua ide Anda menjadi bisnis yang sukses.
  • Anda harus memiliki dan mengetahui tujuan pribadi yang benar-benar penting bagi Anda, karena perlu Anda ketahui, bukankah bisnis itu sendiri merupakan sesuatu yang menuntut?
  •  Siap beradaptasi dengan perkembangan jaman serta kemajuan teknologi.
  • Fokus dan memiliki tanggung jawab pribadi atas apa yang dijalani

Jika Anda sudah memiliki sikap mau melakukan semuanya dengan sebaik-baiknya, maka ini akan membentuk Anda untuk memiliki komitmen sukses, ketika terdapat masalah, jadikan hal itu acuan anda untuk terus melangkah dari keadaan sekarang, untuk menjadi lebih baik dari hari ke hari. Dan pada gilirannya nanti, Anda akan menjadi seorang yang kaya ide, punya visi, dan sanggup menerapkan sesuatu yang lebih baik daripada orang lain, bahkan orang yang mungkin Anda lihat sebagai sosok terbaik pada saat ini. 

At least, bussines is learning by doing, isn it?


referensi:
http://adesyams.blogspot.com/2009/09/tentang-kewirausahaan.html
http://kuncibisnis.com/cara-jadi-pengusaha-muda-yang-sukses-dengan-cepat.php 
http://edukasi.kompasiana.com/2012/03/06/pengertian-tujuan-dan-teori-kewirausahaan-materi-kuliah-444369.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar