Maret 13, 2014

Darah muda membuktikan kesuksesannya

130-Ivan dany faisal
Pesan Nabi SAW kepada para pemuda untuk sukses
Masa muda dalam pandangan Rasulullah SAW me­rupa­kan masa ‘bercocok tanam’. Orang yang sukses memanfaatkan masa mudanya untuk beribadah kepada Allah SWT menduduki tempat kedua setelah pemimpin yang adil dalam memperoleh naungan Allah SWT pada hari kiamat kelak.
سَبْعَةٌ يُظِلُّهُمْ اللَّهُ فِي ظِلِّهِ يَوْمَ لَا ظِلَّ إِلَّا ظِلُّهُ الْإِمَامُ الْعَادِلُ وَشَابٌّ نَشَأَ فِي عِبَادَةِ رَبِّهِ
“Tujuh golongan yang akan mendapat naungan Allah Ta’ala pada hari yang tidak ada naungan kecuali naunganNya: Imam yang adil, pemuda yang tumbuh dalam beribadah kepada Allah.” (HR Bukhari, Muslim, Tirmidzi, dan Nasa’i)
Perhatian Rasulullah SAW terhadap usia muda juga cukup besar dengan banyaknya khithab yang ditujukan khusus kepada para pemuda, di antaranya:
يَا مَعْشَرَ الشَّبَابِ مَنْ اسْتَطَاعَ مِنْكُمُ الْبَاءَةَ فَلْيَتَزَوَّجْ فَإِنَّهُ أَغَضُّ لِلْبَصَرِ وَأَحْصَنُ لِلْفَرْجِ وَمَنْ لَمْ يَسْتَطِعْ فَعَلَيْهِ بِالصَّوْمِ فَإِنَّهُ لَهُ وِجَاءٌ
Wahai para pemuda, jika kalian sudah memiliki kemampuan, menikahlah, karena dengannya kalian lebih mampu menahan pandangan dan menjaga nafsu (kemaluan). Dan siapa yang masih belum ber­ke­mampuan, hendaklah ia berpuasa karena hal itu dapat membentenginya.” (HR Bukhari, Muslim, Tirmidzi dan Nasa’i). 
Rasulullah saw juga memerintahkan agar berhati-hati dalam bergaul dan membina para pemuda. Sebagaimana diriwayatkan Imam al-Hakim dalam al-Mustadrak, “Berhati-hatilah dengan kekeliruan para pemuda.”
Pesan Rasulullah kepada salah seorang sahabatnya ternyata diawali dengan pesan memanfaatkan masa muda sebelum empat pesan berikutnya: “Manfaatkan lima perkara sebelum lima perkara; waktu mudamu sebelum datang waktu tuamu….” (HR al-Hakim)
Bahkan pertanggungjawaban terbesar yang disebutkan secara spesifik di hari kiamat kelak adalah tentang pemanfaatan masa muda, “Takkan bergeser kedua kaki manusia pada hari kiamat sampai selesai ditanya tentang empat perkara: tentang umurnya, untuk apa dihabiskan; tentang masa mudanya, untuk apa dipergunakan; tentang hartanya, dari mana diperoleh dan untuk apa dibelanjakan; dan tentang ilmunya, apa yang sudah diperbuat dengannya.”(HR Tirmidzi)
Imam al-Mubarakfuri ketika menjelaskan hadis ini menyatakan bahwa penyebutan masa muda secara khusus, karena usia muda berpotensi besar untuk didominasi nafsu syahwat. Karena  secara biologis, pendorong untuk mengikuti hawa nafsu pada dirinya sangat besar. Dalam kondisi seperti ini, berkomitmen dalam ketaatan kepada Allah lebih sulit dan membutuhkan pengorbanan dan perjuangan yang besar.
Dalam hadis lain Rasulullah SAW bersabda, “Se­sungguh­nya Allah swt benar-benar kagum terhadap se­orang pemuda yang tidak memliki shabwah.”  (HR Tirmidzi). Shabwah artinya pemuda yang tidak mem­perturutkan hawa nafsunya, dengan membiasakan diri melakukan kebaikan dan berusaha keras menjauhi keburukan.


Banyak anak muda yang bermimpi menjadi sukses di usia muda. Itu mimpi yang sangat bagus, tetapi darimana mereka harus memulainya?
Untuk menjadi seorang yang sukses di usia muda, kita perlu mengetahui beberapa hal.
Kalian pasti tahu dong pemilik facebook, pria muda dan kaya raya. Dia adalah Mark Zuckerberg, seorang yang sukses dalam dunia digital.
Nah bagi kita yang masih muda, jangan takut untuk mencoba, karena kita kan masih muda. Maka dari itu aku mau kasih beberapa tips supaya kita dapat meraih sukses di usia muda.
1. Kalau kita mau sukses, tentu kita harus memutuskan untuk menjadi sukses. Dalam menjalani semua hal, kita harus selalu optimis, mulai dari hal yang kecil sampai hal yang besar. Karena optimis menimbulkan rasa semangat dalam menjalani sesuatu yang kita impikan.
2. Kita harus bertindak setelah memutuskan untuk menjadi suskes. Setiap orang dilahirkan untuk menjadi sukses, tetapi jika kita bertindak, maka kita akan sukses lebih cepat dan dengan keringat kita sendiri.
3. Kita harus gigih dalam menjalankannya. Jika kita mau berhasil dalam meraih sukses di masa muda, kita harus tekun dan tidak mudah putus asa. Dan yang paling penting jangan pernah untuk menyerah.
4. Jangan pernah takut gagal. Kegagalan pasti akan dialami oleh setiap orang. Tergantung dari orang itu mau bangkit atau terpuruk dalam kegagalannya. Kegagalan mengajarkan kita untuk meraih sukses di masa depan.
5. Jika kita gagal lagi, jangan pernah takut untuk bangkit dan mencoba lagi. Karena kegagalan bukan hanya datang sekali atau dua kali, bahkan bisa sampai berkali-kali. Coba kita tengok sosok Thomas Alfa Edison yang telah gagal sebanyak 9000 kali lebih, 
6. Kerjakan sesuatu yang menurut kamu itu adalah menyenangkan. Bekerja itu sama seperti menjalankan hobby.

Bagaimana cara meraih kesuksesan di usia muda? Pada dasarnya cara meraih sukses itu sama baik tua dan muda. Namun ada satu hal yang berbeda, yang perlu diperhatikan bagi kaula muda. Poin ini penting, sebab bisa mengganggu usaha keberhasilan Anda. Pada dasarnya cara meraih sukses diusia muda adalah belajar dan memulai sedini mungkin. Jika Anda mulai sejak usia muda, maka ada peluang berhasil diusia muda. Tidak cukup dengan mengatakan hanya ingin sukses. Anda harus memulai bertindak, belajar dan mencoba, maka kemungkinan sukses di usia muda ada. Anda tidak akan sukses di usia muda jika memulai di usia tua. Ha ha. Ada satu hal yang perlu diperhatikan saat Anda berusaha meraih sukses. Karakter anak muda harus diperhatikan jangan sampai merusak keberhasilan Anda. Yang pertama adalah sikap lebay. Jika ingin sukses, keluarlah dari generasi alay menjadi generasi sukses. Sikap lebay akan banyak merugikan untuk keberhasilan Anda. Saat Anda memikirkan resiko dengan lebay, maka Anda akan merasa ketakutan. Takut adalah perusak sukses. Mulailah berpikir dengan apa adanya, secara proporsional. Termasuk saat berpikir resiko, jangan berlebihan (alias lebay). Biasa saja, sebab resiko itu biasa dalam usaha.

Selangkapnya di: 
http://www.zonasukses.com/blog/cara-meraih-kesuksesan-di-usia-muda/
 http://www.koharonline.com/meraih-sukses-di-usia-muda-bukan-hal-mustahil
http://www.majalahgontor.net/index.php?option=com_content&view=article&id=600:sukses-memanfaatkan-masa-muda&catid=52:tafsir&Itemid=107

Tidak ada komentar:

Posting Komentar