Maret 27, 2014

Bisnis Plan Usaha Pakaian Fashion Wanita (Opay Shopp)

315-Ovi Novitasari


Bisnis Plan Usaha Pakaian Fashion Wanita (Opay Shopp)


Pada era virtual seperti saat ini, internet agaknya sudah bukan lagi terbilang barang langka. Melalui internet, manusia masa kini bisa melakukan interaksi dan komunikasi melampaui batas dimensi ruang dan waktu. Para netter adalah sebutan bagi para pengguna internet yang bisa melakukan aktivitas online kapan dan di mana pun mereka berada. Melalui jejaring sosial, misalnya, para pemilik akun bisa meng-update status, menyebarkan informasi, menjalin pertemanan, atau menjalankan bisnis online. Hanya dengan duduk manis di depan monitor komputer, mereka bisa mengendalikan bisnis online seperti layaknya bisnis offline. Bahkan, seiring dengan pesatnya perkembangan teknologi digital di bidang telepon seluler, para netter bisa juga mengakses internet melalui handphone.
Melihat perkembangan seperti ini merupakan peluang bisnis online bagi para remaja yaitu salah satu-nya saya yang menjual pakaian Fashion Wanita. Kenapa saya memilih berbisnis pakaian wanita sedangkan diluar sana banyak competitor onlineshop yang sudah membuka bisnisnya lebih lama dibandingkan saya? Karena menurut saya pakaian wanita tidak akan pernah mati apalagi di era modern pada saat ini tentunya para wanita pasti membutuhkan yang namanya Fashion dalam berpakaian khususnya untuk para remaja, maka dari itu saya tidak takut untuk bersaing karena saya menjamin barang yang saya jual murah tapi tidak murahan ini merupakan salah satu strategi saya untuk menarik minat para konsumen wanita. Aneka macam model pakaian dari baju, rok, dress, sweater, celana, kemeja, cardigan merupakan kebutuhan wanita dalam berFashion, sehingga tidak heran bila saat ini beragam peluang bisnis mengenai Pakaian Fashion Wanita mulai dikembangkan masyarakat umum sebagai alternatif tepat untuk mendapatkan untung yang lumayan setiap bulannya.

Konsumen
Sampai saat ini Pakaian Fashion Wanita masih dianggap sebagai salah satu barang yang masih dibutuhkan untuk berfashion oleh para wanita. Sehingga wajar adanya bila sebagian besar penggemar barang Pakaian Fashion Wanita adalah wanita-wanita yang tidak mau ketinggalan jaman dalam berfashion di jaman modern saat ini, apalagi dengan harga murah tetapi tidak murahan. Sesuai dengan jurusan saya di Advertising and Marcommterlebih dahulu untuk mengetahui target market maka saya melakukan STP terlebih dahulu, yaitu:
Segmentasi:
§  Geografis: Kota-Kota Besar di Indonesia
§  Demografis:
-          Gender: Perempuan
-          Usia: 17-30 Tahun
-          SSE: Semua Kelas Sosial
§  Psikografis
-          Gaya Hidup: Hobby Online dan Belanja
-          Kepribadian: Menyukai Fashion

Targeting:
Para Wanita yang dianggap lebih “Fashion”, senantiasa mencari kualitas dan harga yang murah tapi tidak murahan untuk membeli suatu pakaian. OPAYSHOPP secara konsisten berkomitmen sebagai onlineshop yang memberikan Good Quality dan murah tapi tidak murahan.

Postioning:
“Fashion Wanita dan Harga Terjangkau”

Memulai Bisnis Pakaian Fashion Wanita
Awal memulai bisnis seperti OPAYSHOPP ini, yaitu:
1.   Tidak Membutuhkan Modal, jadi langsung saja cari sebanyak-banyak maximal 3-4 Supplier yang murah dan memperhatikan kualitas barangnya juga karena sistem yang dipakai yaitu dropship (pengiriman dari supplier namun memakai nama onlineshop kita) dan memberikan sistem kepada custumer yaitu barang akan di KEEP setelah melakukan pembayaran berserta bukti pembayaran tersebut, jadi kalian baru transfer ke supplier setelah menerima transferan dari customer.
2.  Bikinlah ATM, karena sistemnya onlineshop maka wajib untuk membuatnya sebagai transaksi pembayaran oleh para konsumen.
3.      Persiapkan tempat untuk berjualan, seperti Facebook, Twitter, BBM, dan Instagram ini merupakan media yang wajib dalam berjualan di jejaring social.
4.      Selalu upadate pakaian terbaru, usahaian 2 hari sekali ada update-an terbaru yang dishare dari para Supplier.

Keuntungan Pakaian Fashion Wanita
Sampai kapanpun Pakaian Fashion Wanita itu tidak akan mati apalagi di jaman modern saat ini yang lebih memperhatikan Fashion khususnya bagi wanita. Minat konsumen perorangan masih sangat tinggi utuk membeli pakaian wanita dengan gaya ter-up to date pakaian-pakaian saat ini, maka peluang seperti ini yang dimanfaatkan sebagian besar para pembisnis di Pakaian Fashion Wanita. Kita juga bisa memanfaatkan para artis sebagai endorser dari produk yang kita jual sebagai strategi promosi agar para wanita membeli di onlineshop kita.

Kendala Bisnis Pakaian Fashion Wanita
Untuk menjalankan bisnis Pakaian Fashion Wanita terkadang mempunyai kendala seperti untuk memasang paket Internet yang harus membeli pulsa sekiranya 3 minggu sekali yang mengeluarkan biaya sebesar Rp 130.000 untuk membeli pulsa dan adanya keterlambatan pengiriman dari pihak JNE.

Strategi Pemasaran
Untuk menjangkau pasar harus menyiapkan Strategi Pemasaran salah satunya yaitu Promosi dengan cara:
-          Mengikuti Promosi melalui Account iklan di Instagram maupun Twitter.
-          Word Of Mouth, adanya perbincangan barang yang kita jual dari konsumen ke teman-temannya.
-          Membuat Group BBM dan selalu up to date pakaian.

Bukan itu saja kita bisa memberikan discount-discount bagi konsumen yang loyal seperti adanya pemotongan ongkir atau apabila konsumen membeli 3 pakaian maka setiap 1 pakaian dipotong Rp 5.000,-.

Kunci Sukses
Memberikan pelayan yang ramah dan sopan kepada konsumen agar meeka merasa nyaman dengan kita. Hal yang paling penting kita memberikan kepercayaan kepada konsumen, salah satunya yaitu salah satunya adalah memberika bukti resi yang bisa dicheck langsung melalui internet dan meng-capture-nya bahwa barang surah ON PROCESS baru saya diberikan kepada customer bukan memeberikan sekedar nomer resi saja.
Menyiapkan Struk Pembelian dan Package yang menggunakan logo onlineshop kita sendiri sebagai bukti untuk para konsumen yang deket dengan kita seperti COD yang menunjukan bahwa kita Trusted Seller

Analisa Ekonomi
Modal awal
Tidak Ada Modal
Biaya Penyusutan


Tidak ada komentar:

Posting Komentar