Maret 12, 2014

Menatap Bisnis Sejak Dini

131-Bagaskara Dwitya

Kesuksesan merupakan hal yang kita dapati tidak dalam waktu yang singkat, Kesuksesan dapat diraih dengan usaha yang semaksimal mungkin, karena seperti yang kita ketahui bahwa kesuksesan itu berasal dari nol (bawah) yang diukur dengan seberapa besar effort (usaha) yang kita keluarkan. Dalam melancarkan berbagai Usaha, tentunya kita harus mempertimbangan berbagai aspek salah satunya lingkungan, lingkungan berperan penting dalam siklus usaha yang kita bentuk, karena lingkungan menggambarkan tanggapan konsumen terhadap barang dan jasa yang kita produksi dan menggambarkan respon Masyarakat sekitar akan suatu produk. 


Lalu, kita harus melihat peluang akan eksistensi suatu barang dan jasa yang kita produksi dalam waktu jangka ke depan, apakah produk tersebut memiliki daya saing baik dengan berbagai produk lainnya? Dan apakah perkiraan respon Masyarakat di masa mendatang?
Maka dari itu, semakin cepat kita mulai membangun Usaha maka semakin banyak pengalaman yang akan kita dapati di masa mendatang dengan berbagai macam tantangan yang kita hadapi.

Berikut ada beberapa tips yang dapat dilakukan dalam membangun suatu bisnis, diantaranya:
1.     Mulailah dari Bisnis yang berada dalam skala kecil atau ringan terlebih dahulu sebagai media untuk mengumpulkan pengalaman.
2.     Lihat segala peluang Bisnis yang berada di depan mata kita dan manfaatkan lah dengan sebaik-baiknya.
3.     Prediksikan kebutuhan konsumen terhadap barang dan jasa yang kita produksi di masa mendatang, seberapa vital kah?
4.     Kuatkan komitmen dalam diri untuk menjalani Usaha dengan mengerahkan segala kemampuan yang kita punya.
5.     Berikan yang terbaik dalam setiap kesempatan "Do The Best at what you do".
Dalam perjalanannya kita harus merubah mind-set atau pemikiran kita dalam melakukan bisnis, di mana kita harus berfikir cara memperoleh keuntungan sebesar-besarnya namun dengan modal yang minim, tanpa menurunkan kualitas produk yang kita hasilkan itu sendiri. Ini lah tantangan bagi diri kita dalam menjalani suatu bisnis.

Di samping itu, dalam berbisnis perlunya adanya suatu kekuatan diri “tahan banting” dalam menghadapi suatu persoalan bisnis, contohnya seperti rugi di awal periode, gangguan teknis terhadap alat material, keterlambatan supplier, atau pun kesalahpahaman antara penjual dan pembeli, tentunya kita harus dapat menangani segala kemungkinan yang ada dengan pemikiran yang matang serta pemecahan masalah yang jitu pula, sebab banyak saat ini Orang yang kerap kali mudah menyerah dalam menemui suatu kendala, hal tersebut tentunya harus disikapi dengan baik nantinya. Motivasi, sikap, dan mental berkontribusi besar dalam menjalankan suatu bisnis baik dalam skala kecil apalagi skala yang sangat besar.
Di samping itu, kita juga harus dapat melakukan segala sesuatunya dengan sendiri dan mandiri, kita harus mau bekerja keras, mengingat kita memulai usaha dari nol, maka otomatis kita belum memiliki karyawan, maka diri kita merupakan pemilik sekaligus Karyawan dari bisnis yang kita miliki.

Referensi :
http://jejakwitjak.com/6-tips-membangun-bisnis-sejak-dini/
http://www.eabayuaji.com/belajar-bisnis-sejak-usia-dini/
http://www.readersdigest.co.id/uang/investasi.dan.bisnis/10.tip.memulai.usaha.kecil.dan.meraih.sukses/004/001/52

Tidak ada komentar:

Posting Komentar