Maret 13, 2014

Yuk Kita Berwirausaha

113-Septi Ayu Lestari


Di Indonesia, tak jarang kita temukan pengangguran. Banyak hal yang melatarbelakanginya, seperti rendahnya pendidikan, kurangnya keterampilan, khususnya kurangnya kemampuan dalam berwirausaha. Kewirausahaan itu sendiri yaitu suatu proses terciptanya sesuatu yang unik dengan menggunakan kesempatan yang ada dan usaha, tak gentar dengan risiko dan terus melangkah melewati kegagalan, dan mengubah masa-masa sulit menjadi kesempatan-kesempatan kreatif dan inovatif. Sebagai jiwa muda penerus bangsa Indonesia kita harus mempunyai kemampuan dalam berwirausaha, mampu bersaing secara global agar bangsa Indonesia tidak terbelenggu oleh pengangguran, dan demi terciptanya peluang kerja untuk mensejahterakan hidup rakyat. Selain itu, kemampuan dalam berwirausaha dapat menekan sekecil mungkin tingkat kemiskinan di Indonesia. 

Menurut saya, modal utama untuk memulai suatu usaha yaitu memiliki ‘kemauan’ untuk mewujudkannya. Pepatah mengatakan bahwa ‘When there is a will, there is a way’, yaitu dimana ada kemauan, disitu ada jalan. Berani mewujudkan gagasan yang kreatif, inovatif, unik dan berbeda dengan yang sudah ada sebelumnya ke dalam dunia nyata. Serta mampu memenuhi kebutuhan pasar dan mampu mengatasi problematika atau resiko yang dihadapi. Setiap rencana pasti di dalamnya ada resiko yang bisa membuat kita sukses ataupun belum sukses (gagal). Oleh karena itu, kita harus memiliki keterampilan dan kecerdasan untuk mencegah resiko dari awal. Jangan gentar dengan resiko yang akan dihadapi. Karena semakin banyak kegagalan yang kita alami, semakin dekat pula pintu kesuksesan akan kita temukan. 

Untuk memulai berwirausaha, hal yang pertama kali dilakukan yaitu menetapkan tujuan usaha yang berkualitas, menyusun langkah-langkah, mempunyai strategi, serta mempunyai tekad kuat untuk mencapai tujuan usaha. Keterampilan dalam berkreasi dan berinovasi sangat dibutuhkan untuk membantu kita mewujudkan usaha yang sukses. Seorang wirausahawan harus selalu siap pada perkembangan yang mungkin terjadi, karena tidak hanya bersaing dengan para pesaing, tetapi juga dengan situasi, kondisi, ekonomi, politik, serta kebijakan pemerintah. Oleh karena itu, wirausahawan perlu mengasah jiwa kewirausahaannya, agar bisa beradaptasi dalam kondisi apapun.

Dengan berwirausaha seseorang dapat hidup mandiri dan membuka peluang kerja, misalkan saja satu orang berwirausaha dan memiliki peluang kerja untuk 20 pekerja, bagaimana jika 2, 3 atau lebih penduduk Indonesia berwirausaha? Bukankah bangsa kita tidak lagi merasakan krisis perekonomian pada masa yang akan datang? Sayangnya, baru sebagian kecil rakyat Indonesia yang meniti karir sebagai wirausahawan. Oleh sebab itu, mulailah dari diri kita sendiri untuk mengasah keterampilan dalam berwirausaha agar pada masa yang akan datang anak cucu kita tidak lagi merasakan krisis perekonomian. 

Sumber:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar