Maret 20, 2014

Peluang Usaha Masa Kini

145-Evi Nurhidayah

Pada zaman modern sekarang ini banyak peluang usaha dengan modal kecil namun menghasilkan keuntungan yang lumayan besar, peluang usaha ini sering dilakukan oleh semua kalangan, seperti peluang usaha online shop, usaha ini tidak memerlukan modal yang besar karena mereka memasarkan tidak butuh kios atau tempat sewa, cukup dengan mempromosikannya melalui sosial media atau the jaring sosial, sehingga peluang usaha ini menjadi incaran banyak orang terutama anak sekolah dan mahasiswa, karena mereka dapat melakukannya kapan saja dan dimana saja, tanpa menyita waktu mereka.
sebuah ide akan menjadi peluang jika wirausaha bersedia melakukan evaluasi terhadap peluang tersebut secara terus menerus dengan melalui proses penciptaan sesuatu yang baru dan berbeda, mengamati pintu peluang, menganalisa proses secara mendalam, dan memperhitungkan segala resiko yang mungkin terjadi.

ada 5 langkah yang harus dilakukan jika kita ingin sukses berbisnis online. 5 langkah ini berlaku jika kita ingin menjalankan bisnis produk sendiri secara online, maupun menjual produk orang lain juga secara online:

1. Menetapkan ide bisnis dengan cara : Mengerti pelanggan kita , minat kita, pahami persaingan, dan memahami diri kita.

2. Melakukan riset pasar dengan cara memperhatikan perilaku teman teman kita di social media seperti Facebook dan Twitter. Dari pembicaraan teman teman anda itu anda bisa mulai mengumpulkan data tentang apa saja yang mereka inginkan, apa saja yang mereka butuhkan dan bagaimana menempatkan diri anda sebagai pebisnis yang mengerti keingin calon konsumen kita. Tentu saja untuk target pasar yang lebih besar kita akan memerlukan data yang lebih banyak dan lebih variatif. di internet hampir semua hal bisa kita peroleh secara cepat dan gratis.

3. Menyiapkan bahan-bahan berbisnis, contohnya: barang yang akan di promosikan, dan biaya pengiriman barang

4. Membuat website contohnya; membuat situs online shop

5. Melakukan promosi contohnya; dari mulut ke mulut, dan memasakan iklan di website dan media sosial

Jika website kita sudah banyak pengunjung, maka pendapatan berupa rupiah atau dollar akan lebih mudah mengalir ke rekening kita. Para konsumen lebih memilih melihat  sebuah barang yang ingin dibeli melalui gadget yang mereka punya,  dibanding pergi ke toko yang hanya dapat dilakukan jika mereka mempunyai jam kosong yang banyak. Dengan adanya online shop,mereka hanya tinggal memesan barang yang diinginkan, lalu konsumen dapat transfer uangnya dengan memanfaatkan adanya teknologi juga seperti online banking. Setelah itu mereka hanya tinggal menunggu barang yang diinginkan itu sampai ke tempat kita.


http://www.bisnisdavit.com/tahapan-membangun-bisnis-online.htm

http://doublej4692.blogspot.com/2013/11/studi-kasus-telematika-online-shop-yang.html 

http://www.ciputraentrepreneurship.com/rencana-bisnis/cara-menemukan-ide-bisnis-yang-sempurna

1 komentar:

  1. usaha masa kini harus beradaptasi mengikuti perkembangan teknologi informasi, agar tetap tampil eksis.

    BalasHapus