April 26, 2014

Peluang Usaha Industri Makanan dan Minuman

229-Febby Febria Verlita

Artikel bisnis yang saya tulis adalah peluang usaha bidang industri makanan dan minuman yaitu katering. saya memilih peluang usaha ini, karena kebetulan saya hoby memasak, saya juga berencana memiliki usaha katering jika nanti ingin menjadi wirausaha. usaha katering merupakan usaha yang popular dibidang boga. di setiap kesempatan dan momen kita sering menjumpai aneka makanan enak yang disajikan dengan menarik oleh pengusaha katering. usaha katering box merupakan usaha yang cocok bagi anda yang suka memasak dan ingin mempunyai usaha sendiri.


ada macam-macam tingkatan dalam usaha ini. tetapi biasanya dimulai dari usaha rumahan dulu. usaha katering tingkat rumahan adalah usaha jasa boga yang melayani pesanan sampai dengan 100orang. sebagai pemula yang mengerjakan usaha ini sendiri sebaiknya mulai dari melayani pesanan secara bertahap.
usaha katering dibagi menjadi beberapa segmen menurut tempatnya :
1.) katering rumah
2.) katering sekolah
3.) katering kantor
4.) katering acara-acara khusus/ hajatan
modal yang diperlukan :
1.) peralatan memasak
2.) ruangan/ dapur untuk katering rumahan
3.) rak khusus untuk bumbu-bumbu dapur
4.) keuangan
5.) pembayaran tempo

sebagai contoh, disini saya mengambil kisah sukses dari Heni Hermawan. beliau dulu merupakan sopir, dan kini menjadi juragan katering beromzet ratusan juta. diawali dari hoby, heni hermawan dan sang istri, lilik afifah sudah mecetak omzet senilai ratusan juta rupiah perbulan. bahkan omzet tertinggi yang pernah dicetak mecapai Rp 700jta. dulu sempat merintis usaha jual beli sepeda motor, tetapi hanya sukses sesaat dan akhirnya gulung tikar. merugi. heni kemudian terinspirasi dengan hobi istri memasak makanan enak-enak lalu membuka usaha warung nasi kecil-kecilan. karena masakannya enak, jumlah pelanggan bertumbuh cepat. tak hanya makan ditempat, banyak yang minta dibungkuskan untuk dibawa kekantor atau rumah.
dari mulut ke mulut, lezatnya masakan istri heni pun menjadi buah bibir. kebetulan lokasi sekitar dipenuhi pabri-pabrik dan sentra-sentra industri sangat mendukung usaha heni. satu persatu perusahaan yang bermarkas disekitar kediamannya berebut meminta langganan katering untuk memenuhi kebutuhan sarapan, makan siang, hingga makan malam ratusan karyawan mereka. singkat cerita, kini heni dan istri lewat bendera AL MUKAROMMAH CATERING meladeni katering untuk sembilan perusahaan berskala besar dan menengah didaerah sekitar.


Sumber :




1 komentar: