April 20, 2014

Bisnis Broker keuntungannya WOW, Mau?

118-Tommy Nugroho


Saya sangat tertarik dalam investasi kios dan kost-kostan , karena investasi tersebut memang sangat lah menggiurkan, namun membutuhkan modal yang tidak sedikit. Namun di keluarga saya dari dulu memang sudah berniat investasi di bidang ini, jadi kami mempunyai modal yang Alhamdulillah lebih dari cukup untuk membangun kios dan kost-kostan,
awalnya kami melihat prospek yang sangat bagus pada properti sewa kios dan kost-kostan di Indonesia memang berpotensi menghasilkan keuntungan dan bisnis ini merupakan bisnis yang memiliki keuntungan jangka panjang, nantinya kita bisa menikmati hasil dari bisnis ini secara terus menerus, dan uang hasil lebih nya bisa untuk merawat kios dan kost-kostan tersebut serta bisa digunakan untuk memutarkan kembali uang tersebut untuk membeli tanah lain dan membangun kios dan kost-kostan lagi, atau untuk bisnis lainnya. Jika kita berniat untuk membuka usaha dengan menggunakan kios sendiri juga bisa.

Namun sebelum kita memulai bisnis ini, hendaknya lebih selektif dalam memilih tempat.

Maka dari itu saat kami memulai bisnis ini, kami memilih tempat yang stratergis, dan saat ini kios dan kost-kostan kami berlokasi dekat dengan pabrik dan akademi, lokasi tersebut juga menjadii jalur utama untuk orang-orang lewat, karena banyak yang berminat sehingga kamar yang disewakan selalu penuh, dan kios juga penuh, kami berniat untuk menambah jumlah kios dan kamar kost (untuk kamar kost bisa di tambah pada lantai 2).


Saat ini saya akan memaparkan apa-apa saja hal yang harus diperhatikan pada saat kita mempunyai bisnis sewa kios :


Biaya renovasi kios merupakan juga bagian dari biaya investasi usaha selain biaya sewa kios. Jadi jika memang letak lokasi kios ini sangat baik, berpotensi mendatangkan omset yang baik maka biaya renovasi merupakan biaya investasi yang harus kita keluarkan.

Biaya pemasangan papan nama, pembuatan etalase yang sesuai dengan ukuran kios, penataaan interior, penambahan pintu dan kunci agar lebih aman dan lain-lain. Semua komponen biaya tersebut bisa dimasukkan ke komponen investasi yang masuk komponen biaya yang harus balik modal. Sehingga semakin baik dan menarik penampilan kios, niscaya akan semakin banyak mendatangkan pelanggan.



Saat ini saya akan memaparkan apa-apa saja hal yang harus diperhatikan pada saat kita mempunyai bisnis kost-kostan :

-Nama Tempat
-Cara mencari konsumen / penyewa
-Uang Sewa Kost
-Fasilitas yang perlu disediakan
-Pembatasan Listrik
-Penjaga Kost & Tukang bersih


Kelebihan Bisnis Kost-kostan

(+) Tingkat permintaaan (demand) yang tinggi terhadap kos-kosan terutama di daerah yang dekat dengan kampus, pusat perbelanjaan dan perkantoran. Target pasar lebih luas, mulai dari mahasiswa hingga pegawai kantoran.

(+) Capitalization rate rumah kos-kosan mencapai 5 s/d 7%, dimana jumlah ini lebih tinggi bila dibandingkan dengan sewa rumah kontrakan. Sebab, kos-kosan dapat memberikan servis tambahan bagi penghuninya, seperti jasa tukang cuci dan setrika atau penjaga kos.

Kekurangan Bisnis Kos-kosan

(-) Pemilik kos harus menyiapkan tenaga khusus yang bertugas mengatur dan melayani kebutuhan penghuni kos. Semua itu tentu saja memerlukan perhatian yang lebih dari pemilik rumah kos.

(-) Pembayaran kos yang kadang terlambat. Hal ini umumnya terjadi jika penghuni kos adalah mahasiswa atau pegawai dengan gaji yang tidak terlalu besar.


Referensi :

http://inipropertiku.blogspot.com/2013/03/tips-jitu-mengelola-rumah-kost.html
http://tipsorangsukses.blogspot.com/2012/08/bisnis-rumah-kost.html
http://pandufinansial.blogspot.com/2013/10/kelebihan-kekurangan-bisnis-rumah-kontrakan-kos-kosan.html
http://properti.bisnis.com/read/20130617/276/145505/kios-sewa-berpotensi-datangkan-keuntungan
http://batakpos.co/read-3076-tips-mau-sewa-kios-untuk-usaha-perhatikan-hal-ini.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar