April 20, 2014

Wisata Kuliner Kota Purwokerto

309-Mahbub Muwajih

Sekilas tentang kabupaten banyumas, kabupaten banyumas sendiri berdiri pada tahun 1582, lebih tepatnya yaitu pada hari jum’at kliwon tanggal 6 april 1582 Masehi. Hal ini dipertegas dengan ditetapkannya peraturan daerah (PERDA) kabupaten banyumas tingkat II Banyumas Nomor 2 Tahun 1990. Pendiri dari kabupaten banyumas itu sendiri yaitu Raden Joko Kahiman yang pada saat itu menjadi bupati pertama dan dikenal dengan julukan atau gelar ADIPATI MARAPAT (ADIPATI MARAPAT).

Di jaman yang sudah modern ini kabupaten banyumas sendiri sudah berkembang pesat menjadi kota yang besar dengan menjadikan PURWOKERTO sebagai Ibukota dari kabupaten banyumas. Purwokerto saat ini menjadi kota dengan berbagai macam jenis wisata kuliner, hal ini disebabkan karena antusiasme warga purwokerto yang menyukai wisata kuliner. Selain itu juga dengan adanya iniversitas negri jendral soedirman dan universitas lainnya juga sebagai penyumbang kedatangan para mahasiswa dan mahasiswi dari berbagai kota maka dari itu saat ini sebagian besar orang purwokerto berlomba lomba membuka usaha kuliner dengan di dasari kreatifitas yang tinggi.

Dari kebanyakan tempat makan yang berada di daerah purwokerto yaitu mengedepankan beranekan macam sambel, contohnya ayam penyet suroboyo. Sebagian besar orang memikirkan ayam penyet itu adalah ayam yang di tekan dengan sebuah benda dan ayamnya menjadi penyet, berbeda dengan persepsi kita bahwa ayam penyet suroboyo yaitu ayam goreng biasa dengan mengedepankan berbagai macam sambal. Baik dari sambal yang pedasnya sedang sampai ke yang super pedas. Selain itu juga ada bebek goreng haji slamet yang berlokasi di daerah GOR Satria Purwokerto, bebek goreng haji slamet ini merupakan rumah makan yang mengedepankan menu utamanya yaitu bebek dengan racikan bumbu yang istimewa sehingga banyak para pembeli yang datang kembali kerumah makan bebek goreng haji slamet, selain memiliki citarasa bumbu yang istimeewa bebek goreng haji slamet ini juga memiliki rasa yang lezat. Selain cita rasa bumbu yang istimewa dan rasanya yang lezat, bebek goreng haji slamet juga menyediakan opelayanan seperti deliveri order sehingga dapat memudahkan para pembeli baik dalam kondisi hujan maupun tidak.Hal ini juga bermanfaat karena dapat merasakan kedekatan pelayanan tersebut betapa pentingnya sebuah pelayanan sehingga membutuhkan perhatian yang lebih khusus.

Selanjutnya yaitu ada ayam goreng tantene yang terletak di berbagai tempat di daerah purwokerto, untuk yang saat ini yang akan saya bahas yaitu yang berlokasi di daerah pabuaran purwokerto. Rumah makan ayam goreng tantene yang berlokasi di pabuaran ini menjadi rumah makan favorit bagi para mahasiswa dan anak muda purwokerto. Dengan memiliki tempat cozy, luas dan memiliki nuansa romantis pada malam hari sehingga hal tersebut dapat memberikan kesan tersendiri bagi para kaum muda yang masih asyik menjalani proses pacaran maupun pendekatan. Ayam goreng tantene ini juga memiliki menu lain seperti ayam bakar dan berbagai macam jenis minuman baik dingin maupun hangat. Harga yang diberikan untuk makanan dan minum juga tergolong murah sehingga banyak kaum pelajar yang sering merayakan hari lang tahun dan berbagai acara di ayam bakar tantene pabuaran.

Di purwokerto juga terdapat rumah makan bakmi anglo yang menyediakan bakmi sebagai menu utamanya, selain bakmi juga terdapat menu lain seperti nasi goreng, bihun goreng, sega godog, sop empal dan sohun empa. Di rumah makan bakmi anglo ini berbeda dengan yang lainnnya karena disini menyediakan menu makanan yang tidak mengedepankan sambel tetapi makanan itu sendiri. Rumah makan bakmi anglo juga memiliki cita rasa yang lezat sehingga membuat anda yang pernah datang kesitu harus mencobanya kembali dan seterusnya.
Dari sinilah kebanyakan warga purwokerto beralih menjadi para pengusaha makanan yang lumayan menjanjikan di dearah purwokerto, sehingga dapat menjadi contoh bagi daerah lain agar dapat memanfaatkan situasi sekecil apapun.

Sumber :


1 komentar: