April 28, 2014

Kick Andy Episode Pengusaha Muda

308-Saputra Ardi Prabowo

Menurut saya acara Kick Andy pada episode kali ini yang membahas tentang pengusaha muda sangatlah inspiratif bagi seorang pebisnis pemula yang ingin atau bingung dengan memulai bisnis nya, dalam episode ini ada tiga narasumber dengan latar belakang dan bisnis atau usaha yang berbeda-beda. Narasumber yang pertama adalah seorang pengusaha muda yang bernama Putri dia masih berumur 25 tahun yang sudah mempunyai usaha kopi sendiri.


Dia memulai bisnis kopi ini berawal dari coba-coba, pada awal nya putri hanya membantu menjual kan usaha kopi milik orang lain bukan usahanya senidri, tetapi seiring dengan berjalannya waktu dan juga berbekal dari sedikit pengalaman tentang dunia kopi akhirnya putri memberanikan diri untuk memulai usaha bisnis kopi nya sendiri karena melihat peluang dan pasar yang cukup luas dalam usaha kopi itu sendiri. Setelah merintis usaha selama beberapa tahun akhirnya usaha kopi milik putri pun berkembang dengan pesat nya hingga saat ini ada beberapa jenis kopi dari usaha putri, seperti  kopi luwak lanang/jantan, lanang landep dan kopi gajah hitam. Pada saat ini putri mempunyai kebun kopi sendiri yang luas nya mencapai 4 hektar dan juga memiliki puluhan karyawan. Produk Yang paling laku di pasaran local dan ekspor adalah kopi luak lanang dan  omset pertahunnya pada tahun 2012 mencapai 1,6 milyar. Kopi buatan putri pun sudah berhasil menembus pasar luar negeri dengan mengekspor nya ke sejumlah negara seperti Thailand, Myanmar, korea, jepang dan Malaysia.

Narasumber yang kedua adalah bernama Nikolas kurniawan, dia adalah seorang pemuda berusia 21 tahun yang melakukan usaha ikan hias. Usaha ikan hias milik nikolas ini sudah berhasil diekspor ke hampir semua negara. Negara yang menjadi konsumen setia nya adalah Cina dan Belanda. Bakat berwirausaha Nikolas sudah tercium sejak dia masih menduduki bangku sekolah dasar, ketika saat itu Nikolas sudah berjualan mainan pada saat dia masih duduk di bangku sekolah dasar. Pada saat beranjak dewasa bakat berwirausaha nya pun semakin berkembang dengan berjualan kue pada saat dia SMA. Bahkan Nikolas pun pernah pernah sampai tinggal kelas akibat mengurusi usaha-usaha digelutinya pada saat dia duduk di bangku SMA. Nikolas adalah sebuah contoh pengusaha muda yang tidak kenal kata menyerah dan selalu terus belajar untuk menjadikan usaha nya lebih baik lagi, sosok dari Nikolas pun bisa menjadi panutan atau contoh bagi pengusaha-pengusaha muda lainnya untuk ingin memulai usaha baru ataupun ingin berkembang dalam usaha nya.

Narasumber yang ketiga adalah seorang pria yang masih sangat muda yang bernama Hamza. Pemuda berusia 19 tahun ini mempunyai usaha bimbingan belajar dari SD, SMP, sampai SMA. Hamza adalah tipikal orang yang suka bekerja keras, pada saat dia masih duduk di bangku sekolah dasar Hamza sudah mulai bekerja serabutan dan terhenti sampai disitu kerja keras Hamza pun bisa dilihat pada masa SMA nya, ia pun berjualan pulsa, buku dan roti tanpa rasa malu sedikitpun. Sebenarnya usaha bimbingan belajar untuk kalangan SD, SMP dan SMA yang dirintis nya saat ini bukan lah usaha pertama yang ia jalankan, karena sebelumnya Hamza pernah mencoba merintis usaha dalam bidang makanan tetapi usaha tersebut tidak berkembang seperti yang ia harapkan dan usaha tersebut pun berhenti di tengah jalan atau bangkrut. Usaha bimbingan belajar yang Hamza rintis sampai saat ini sudah mempunyai karyawan sebanyak 58 orang. Usaha atau bisnis Hamza pada saat ini pun bukan hanya bergerak dibidang jasa bimbingan belajar saja, tetapi Hamza pun mempunyai usaha tambahan seperti menjual sofa dan kasur. Omset perbulan yang dihasilkan dari usaha-usaha yang Hamza rintis pun mencapai 250 juta perbulan.


Kesimpulan yang bisa saya ambil dari acara kick andy dalam episode pengusaha muda ini adalah bahwa dalam memulai bisnis atau usaha bisa dilakukan sejak kita masih berusia muda karena tidak ada yang tidak mungkin dalam hidup ini bila kita mempunyai kemauan dan kerja keras niscaya apapun yang kita inginkan pasti akan tercapai.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar