April 18, 2014

Kuliner Menguntungkan

122-Randhika Septio P


Makanan adalah kebutuhan pokok manusia yang paling utama karena semua manusia pasti butuh makan untuk memberikan nutrisi dan energi pada tubuhnya. Dan berbisnis makanan/ kuliner boleh dibilang salah satu jenis usaha yang tidak akan pernah “mati” karena akan selalu dicari oleh banyak orang untuk memenuhi kebutuhan tubuh mereka.

Peluang bisnis makanan itu menurut saya masih tebuka lebar,mulai dari minat pasar yang luas dan variasi menu yang dapat dikembangkan memudahkan kita untuk memulai usaha dibidang ini. Dibalik itu, bisnis makanan juga merupakan contoh peluang bisnis atau usaha yang simple karna kita memulainya dari sebuah hobi atau kesukaan kita terhadap makanan.

Walau begitu peluang usaha macam ni  juga dapat meberikan keuntungan yang lumayan. Karena bisnis semacam ini dapat disesuaikan dengan dana yang ada di kantong kita. Misalnya jika kamu memiliki modal kecil kita dapat membuat usaha kue kering tau kita bisa titipkan makanan yang kita buat secara homemade di toko toko atau restauran besar. Jika memiliki modal lumayan bisa membuka sebuah restauran. 

Agar mampu bersaing dengan banyak nya bisnis kuliner di indonesia,cara membedakan bisnis rumah makan yang saya ingin buat dengan yang lain yaitu :
  • Jangan menjadi follower atau mengikuti rumah makan yang sudah sukses, tapi menjadi leader boleh menambahkan referensi dari rumah makan ternama namun tetap harus memiliki ide yang berbeda dan jauh lebih baik.
  • Memiliki manajemen yang baik dengan memberikan pelayanan terbaik untuk pelangan secara cepat dan sigap.
  • Memiliki menu yang bervariatif agar pelanggan tidak bosan terhadap masakan yang kita buat, memberikan nama nama yang unik agar para pelangan tertarik untuk datang makan.
  • Kebersihan di rumah makan itu adalah wajib buat kami untuk menjaga agar pelangan merasa nyaman saat makan.

Kuncinya adalah inovasi untuk memperoleh keunggulan. Karena kreativitas seseorang dalam mengelola bahan makanan menjadi makan yang lezat dan digemari pelanggan akan terus berkembang. Oleh karena itu, sebelum membuka  bisnis rumah makan tradisional kita harus mampu membuat inovasi baru, yang mampu menjawab kebutuhan dan kepuasan para konsumen.

Referensi :
http://www.dokterbisnis.net/2013/06/06/ini-dia-5-konsep-terpenting-dalam-memulai-usaha-warung-makan/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar