April 17, 2014

Meraup Keuntungan dengan Usaha Konveksi

116-Youcha budi alfattah

Konveksi. itulah kata yang terlintas dari fikiran saya. Ya, saya akan membuka usaha dan akhirnya saya memutuskan untuk menggeluti bidang itu. Kenapa saya memilih usaha itu? Banyak alasan yang menguatkan saya untuk membuka usaha konveksi. Sektor sandang merupakan sektor yang amat sangat diperhatikan, karena mengingat sandang merupakan kebutuhkan primer dari setiap Manusia dan tidak bisa digantikan.


Sektor sandang semakin menjamur di seluruh penjuru Dunia, terutama di Indonesia, pengusaha konveksi/pakaian sudah sangat mudah untuk ditemui pada setiap daerah. Beranjak dari situ, permintaan akan sandang pada jaman sekarang sudahlah sangat beragam, bermunculan berbagai ide design yang kreatif dan menarik tentunya, seakan-akan tidak ada habisnya. Dan kemudian, seiring tingginya permintaan pasar akan sandang, maka tentu tidak menutupi bahwa sektor sandang/pakaian bisa mendatangkan keuntungan yang besar bagi para pengusaha konveksi. Dan mungkin saja, usaha konveksi ini bisa mendatangkan kekayaan secara cepat, dan hal tersebut mungkinlah sangat bisa terjadi karena memang permintaan akan sandang yang sangat tinggi.

Namun, dalam membangun sebuah usaha, ada baiknya memperhatikan beberapa aspek, dan ini juga menjadi acuan bagi saya dalam memulai usaha konveksi ini. Pertama-tama, saya harus memikirkan rancangan bisnis saya, yang meliputi modal, bahan baku, kemudian karyawan, perlengkapan, dll. Tentunya hal tersebut haruslah difikirkan matang-matang. Sebuah usaha yang baik hendaklah memiliki rancangan bisnis, agar kita tahu akan kearah mana usaha kita kelak, dan jangan sampai usaha kita menjadi pailit atau bangkrut, dan hal tersebut menjadi sia-sia.Kemudian Modal, modal merupakan peran vital bagi setiap usaha, karena setiap usaha pasti membutuhkan modal. Saya benar-benar memperhatikan aspek modal ini, bagaimana saya harus memanajemen keuangan dengan baik kemudian juga jangan sampai modal ini terpakai buat hal-hal yang tidak berguna, dan oleh sebab itu pada saat perancangan bisnis di awal, kita sudah mengurutkan kebutuhan-kebutuhkan apa saja yang memang kita perlukan, sehingga mencegah pengeluaran yang sia-sia. Beranjak ke aspek perlengkapan dan bahan baku, dan hal ini butuh perhatian khusus, karena mengingat inilah yang akan mengerakkan roda bisnis yang akan saya geluti. Mesin jahit di pasaran sangatlah amat banyak tersebar, namun semuanya belum tentu memiliki kualitas yang baik, oleh sebab itu saya harus benar-benar bagaimana kualitas mesin jahit yang akan saya pakai. Apabila saya salah memilih peralatan, maka tentunya akan menyulitkan, dimana saya harus mengeluarkan tenaga ekstra untuk memperbaiki jika terdapat kerusakan dan juga extra cost yang tentunya tidak sedikit, dan hal tersebut sangat menganggu kegiatan usaha saya dan juga menghambat kegiatan produksi yang berdampak fatal. Dan sekali lagi, saya harus teliti dalam memilih peralatan usaha saya. Kemudian bahan baku, saya juga harus mencari vendor yang berkualitas, dan tentunya proses produksi bahannya tidak macet, dengan begitu saya tetap bisa memproduksi pakaian setiap hari.

Awal memulai usaha kita harus menentukan target pemasaran, diantaranya daerah kemudian kalangan apa dan bagi wanita atau pria. Point tersebut lah yang akan menentukan sukses atau tidaknya usaha yang akan kita bangun. Saya akan menargetkan pada pasaran anak muda, baik pria dan wanita, saya akan membuat pakaian baik baju maupun celana, design yang saya tawarkan disini adalah yang memang sedang trend di kalangan anak muda. Dan apabila sektor tersebut berhasil, maka saya beranjak ke sektor yang lainnya juga, misalnya pakaian untuk anak-anak, kemudian orang dewasa baik pria maupun wanita.

Berwirausaha itu tidak sulit, yang penting ada Niat dan Kemauan !!!



sumber :
http://www.bundainbiz.com/melirik-bisnis-konveksi-rumahan-yang-menguntungkan.html
http://bisniskonveksi.tumblr.com/
http://www.the-marketeers.com/archives/bisnis-konveksi-yang-menantang.html#.U0-9ymKSxmw
http://bicarasaiful.blogspot.com/2013/05/hal-yang-harus-diperhatikan-untuk.html
http://konveksitech.wordpress.com/
http://www.republika.co.id/berita/konsultasi/kewirausahaan/13/06/11/mo7ve6-supaya-usaha-konveksi-berkembang-pesat-bagaimana-kiatnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar