April 18, 2014

Tips dan Kunci Sukses Memulai Usaha Kuliner

306-Chaerul Alam, dipublikasikan juga melalui  Pantonashare.com

Usaha kuliner di Indonesia di prediksi akan mengalami peningkatan seiring pertumbuhan kelas masyarakat kelas menengah. Menjamurnya usaha makanan ini membuat pemilik bisnis ini dituntut lebih kreatif dalam memasarkan makanannya. Selain dari rasa dan tempat usaha yang menarik pengusaha kuliner juga harus memperhatikan beberapa  kunci sukses dalam memulai bisnis kuliner.

1.       Tempat, pengusaha kuliner harus memilih tempat yang strategis dan harus mempertimbangkan target konsumen yang dituju.

2.       Kualitas makanan, selain enak makanan yang disajikan harus aman dan sehat untuk dikonsumsi.

3.       Promosi, untuk yang satu ini selain lewat internet, brosur, panapn iklan, ada cara promosi lain yang lebih jitu yaitu promosi dari mulut kemulut. Karenanya pembisnis perlu menjaga kualitas makanan dan pelayanan. Masyarakat cenderung lebih mempercayai kualitas yang diakui oleh pelanggannya.

4.       Standar Operational Procedure (SOP), memcakup factor pelayanan, menu dan penyajian
5.       Presepsi, hal ini berkaitan dengan simbol atau ciri yang digunakan dalam eksterior dan interior, kemasan makanan dan pelayanan terhadap konsumen dengan cara ini akan memudahkan konsumen mengingat dan datang kembali ke bisnis kuliner kita.  

Selain itu semua diatas dalam memulai bisnis kuliner pembisnis dituntut untuk memiliki beberapa kiat kiat khusus dalam memulai usaha kuliner yaitu :

  1. Mengontrol pikiran , jangan terlalu banyak berasumsi yang menyebabkan tidak fokusnya pikiran ydan akhirnya akan mengalami kekecewaan.
  2. Melakukan riset – riset kecil kecilan, dalam memulai bisnis kuliner pembisnis wajib melakukan survey terlebih dahulu sebelum memulai usaha makanan.
  3. Tentukan target pasar, hal ini akan berhubungan langsung dengan harga, lokasi kita jualan, media promosi dan lain sebagainya.
  4. Perencanaan yang matang, buatlah sesederhana mungkin dalam bentuk catatan mengenai puoin poin penting sehingga kita selalu ingat dan lebih konsisten.
  5. Berkerja dengan disiplin, cobalah untuk disiplin dan konsisten dengan apa yang kita tulis
  6. Nikmati prosesnya, tidak ada seorang yang bisa berhasil dengan medadak tanpa kerja keras.
  7. Jaga semangat kita, banyak orang kecewa kemudian hilang semangat ketika menemui hambatan mereka akan kehilangan focus dari rencananya, disiplin diri juga hilang, mental menurun, dan akhirnya rencana tidak terlaksana, hambatan adalah ujian, ini hal yang biasa terjadi dan semua orang mengalaminya. Alasan hanya timbul bagi mereka yang gagal. Mencarisolusi dan bagaimana langkah menuju keberhasilan adalah tindakan selanjutnya yang harus dilakukan.

Sumber ;



Tidak ada komentar:

Posting Komentar