Mei 08, 2014

Merintis Bisnis Handicraft

221-Mariana Stephani
Tidak ingin momen berharga anda hilang begitu saja? dunia teknologi yang canggih telah menawarkan alat perekam momen yang kita kenal dengan nama kamera, tapi apakah kita cukup puas menyimpan kenangan indah itu hanya dengan jepretan itu saja?
anda yang melek teknologi tentunya tidak asing lagi dengan kata 'digital scrapbooking'.
scrapbook adalah seni menghias foto. kata scrapbook berasal dari kata scrap yang berarti barang sisa, merupakan seni menempel foto atau gambar di media kertas, yang kemudian dihias semenarik mungkin. bentuknya seperti memorabilia album, di mana kita bisa menyimpan foto, lengkap dengan berbagai macam dekorasi, catatan, atau benda-benda lainnya yang bisa disimpan di dalamnya. setiap scrapbook dapat menceritakan berbagai kisah seperti kelahiran, pernikahan, ulang tahun dan bahkan kematian. kita dapat menuangkan segala emosi perasaan kita dan kreativitas kita kedalam scrapbook.
scrapbook dapat dibuat dengan dua cara yaitu manual dan digital. jika ingin membuat manual, mudah saja, kita tinggal membeli bahannya dari toko kerajinan dan kemudian mulai menghias dengan bahan yang telah disiapkan. apabila dengan cara digital, kita dapat menggunakan beberapa software seperti photoshop dan mendownload gambar hiasan yang dapat dibrowsing diinternet. intinya kita menghias secantik dan sekreatif mungkin foto - foto kenangan kita agar setiap orang yang melihatnya dapat merasakan kisahnya.
scrapbook memang lebih indah apabila dibuat secara manual, namun untuk yang tidak suka repot dan tidak memiliki banyak waktu, kini hadir scrapbook yang dapat didesain secara digital yang lebih hemat dan praktis. scrapbook tidak lagi hanya sekedar sebagai media penghias dinding ruangan atau kamar, sekarang scrapbook sudah merangkak tenar menjadi sebagai hadiah ulang tahun, hadiah anniversary dan bahkan sebagai souvenir.
melihat popularitas scrapbook yang semakin tenar, ini menciptakan peluang usaha yang cukup menarik. berbekal kreativitas dan niat, scrapbook dapat dijadikan usaha bisnis. dan untuk menjalankan usaha bisnis ini kita dapat menekan biaya dengan cara mempromosikannya secara online. kehadiran media sosial membuat kita dapat dengan mudah mempromosikan usaha kita sehingga dapat menekan biaya untuk promosi yang mana akan mengurangi keperluan biaya modal sehingga dapat mematok harga yang tidak terlalu tinggi sehingga dapat menarik minat konsumen.

Sumber Referensi :
danausaha.net, d-trie.blogspot.com, Parents Indonesia, vemale.com, Koran FacebookKompas Muda

Tidak ada komentar:

Posting Komentar