Mei 03, 2014

Bisnis Rumah Makan

220-Vanni Novalia

Bisnis di bidang makanan memang sangat menjanjikan karena setiap orang memerlukan yang namanya makan untuk hidup. Sudah banyakpula bisnis makanan dan rumah-rumah makan modern maupun tradisional yang tersebar di indonesia tatapi bisnis makanan masih sangat digemarin di indonesia. bahkan banyak rumah makan, cafe, ataupun restauran yang menggunakan konsep-konsep unik untuk menarik konsumennya.


Makanan selalu menjadi daya tarik khusus bagi masyarakat indonesia, bahkan banyak masyarakat indonesia yang rela mengelilingi indonesia bahkan dunia demi merasakan makanan khas daerah atau negara tersebut. Penduduk Indonesia pun kini semakin banyak yang mulai berburu kuliner-kuliner baru yang belum pernah dicoba sebelumnya. Itu bisa menjadi peluang bagus untuk yang ingin membuka bisnis di bidang kuliner. Jadi tidak heran kalau sekarang begitu banyak bermunculan rumah makan baru dengan jenis makanan yang berbeda-beda. untuk membuka bisnis rumah makan menurut saya sangat menjajikan apabila kita sudah merencanakannya dengan matang seperti lokasi yang tepat yang menjadi salah satu faktor kesuksesan dalam berbisnis. Sehingga Indonesia merupakan negara yang juga terkenal dengan sajian kulinernya.

Ada macam-macam menu yang akan di tawarkan di rumah makan ini, tidak seperti rumah makan pada umumnya yang hanya menyediakan makanan khas daerah tertentu di rumah makan ini menu yang di sediakan berbagai macam daerah seperti masakan betawi, jawa, sunda, padang dll. Konsep yang di terapkan di rumah makan ini dengan konsep sajian prasmanan yang mengambil sendiri makanan yang diinginkan pelanggan. Karena konsepnya rumah makan keluarga jadi tempat yang disediakan bekapasitas besar dari kapasitas 4 tempat duduk hinggan 8 tempat duduk jadi sangat nyaman untuk kumpul-kumpul bareng keluarga ataupun ngumpul bareng teman-teman.Karena rencananya jika saya memulai sebuah bisnis saya ingin membuka bisnis rumah makan atau juga membuka sebuah katering untuk usaha keluarga saya. usaha rumah makan ini juga dapat menghasilkan keuntungan yang sangat menjajikan , sudah banyak pengusaha-pengusaha kuliner yang sukses besar dengan usaha rumah makan tersebut.


(Rumah makan dengan konsep prasmanan)

Untuk memulai sebuah bisnis rumah makan ini pertama- tama yang diperhatikan tentunya rasa makanan itu sendiri yang harus enak, lokasi yang tepat juga sangat menentukan bisnis tersebut, tempat yang disediakan juga harus nyaman dan bersih, harga yang ditawarkan juga standar tidak terlalu mahal juga tidak terlalu murah karena target pasarnya dari semua kalangan, dan promosi yang akan dilakukan pertama-tama pasti akan menyebarkan brosur-brosur dan selanjutnya promosi akan berjalan dari mulut  ke mulut melalui pelanggan yang berdatangan. Agar tidak cepat bosan menu akan diganti-ganti sewaktu-waktu.

Berikut tips dan trik untuk Anda yang ingin memulai usaha rumah makan.
1. Survei
Lakukanlah survei di sekitar lokasi yang akan menjadi rumah makan Anda, cermati setiap rumah makan yang ada di daerah tersebut. Catat kekurangan dan kelebihan mereka. Jangan sampai kekurangan yang ada di rumah makan mereka Anda aplikasikan pada usaha rumah makan Anda nantinya dan rumah makan Anda pun harus mengaplikasikan kelebihan yang ada di restoran mereka dengan lebih baik lagi.

2. Tentukan Jenis Makanan Yang Ingin Anda Jual
Sebelum memilih lokasi rumah makan Anda, Anda harus sudah tahu apa yang akan Anda sajikan di rumah makan Anda. Karena makanan yang akan Anda sajikan akan menjadi identitas dari rumah makan Anda.

3. Cari Tempat Yang Strategis
Tempat yang strategis adalah salah satu yang sangat menentukan berhasil tidaknya sebuah usaha rumah makan. Tempat yang dilewati banyak orang merupakan salah satu lokasi yang diminati para pengusaha rumah makan. Karena itu cermatlah dalam memilih lokasi untuk usaha rumah makan Anda. jangan sampai semua rencana Anda tidak berjalan dengan baik hanya dikarenakan lokasi rumah makan Anda tidak strategis.

4. Tentukan Target Market
Penentuan ini berhubungan dengan harga, lokasi Anda jual, media promosi, dan bagaimana produk Anda. Anda perlu menentukan siapa sasaran konsumen Anda, berapa uang mereka yang bisa mereka keluarkan untuk membeli produk Anda, kenapa mereka mau membeli, bagaimana kemasan yang menarik untuk konsumen sesuai target market Anda, dan media promosi yang sesuai, serta kemudahan bagi konsumen tersebut untuk mendapat produk Anda.

5. Nikmati Prosesnya
Tidak ada yang berhasil secara mendadak. Segala sesuatu pasti ada prosesnya dan proses tersebut tidak selalu memuaskan. Ada kalanya Anda menemui kendala yang menghambat perkembangan usaha Anda. jadi sebelum Anda menemui kendala tersebut Anda wajib persiapkan mental Anda dari hari pertama Anda memutuskan untuk memulai sebuah usaha. Apalagi dalam membuka usaha rumah makan, ada kalanya rumah makan Anda sepi dan Anda tidak mencapai target. Itu adalah hal biasa dalam bisnis rumah makan Jadi, nikmatilah segala prosesnya



Sumber : http://www.the-marketeers.com/archives/tips-membuka-usaha-rumah-makan.html#.U2UApKKnHIU
http://pusatresto.wordpress.com/2009/04/30/mengelola-keuangan-rumah-makan/#more-24
http://jayaweb.com/artikel/peluang-usaha/137-menu-masakan-untuk-rumah-makan.html
http://id.wikipedia.org/wiki/Rumah_makan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar