Senin, Juni 6

Mengenali peluang dan Memilih jenis Usaha yang tepat

Mengenali peluang dan Memilih jenis Usaha yang tepat
Oleh: Akhmad Hilman - 42315010036
Warung Aji Mumpung dan Fenomana TUKUL
·  Kesuksesaan Tukul sebagai host disalah satu stasiun televisi, ada saja      yang memanfaatkannya sebagai suatu peluang.
·  Alex Sukamto, bekas majikan tukul menyatakan ingin membuka usaha bersama Tukul.
Akhirnya Tukul dan Alex sepakat meresmikan usaha rumah makan yang mereka idamkan, nama rumah makannya diberi nama Rumah Makan Tukul Arwana.
Kesuksesannya tersebut tidak didapat begitu saja, melainkan melalui beberapa rintangan yang menuju proses keberhasilan.
Beno Pranata “Pesan Delivery”
Beno Pranata memiliki ide brilian, yaitu menangkap peluang bisnis jasa kurir boga dengan nama “Pesan Delivery”.
Beno dan kawan-kawannya mencari cara  supaya usahanya dapat tersosialisasi, lalu mereka membuat katalog, dan kemudian mendapat respon yang bagus dari konsumen, maka resto yang didalamnya mau diajak  bermitra.
Pada awal 2003 jumlah mitra yag dimilikinya hanya 22 saja, terakhir sudah sekitar 140 resto dan pelanggan pun semakin banyak.
Untuk memilih usaha yang sesuai dengan kondisi kita sebenarnya juga tidak terlalu sulit. Kita dapat memilih usaha yang sesuai dengan kondisi disekitar lingkungan kita sendiri. Kita tidak perlu harus membuat usaha yang terlalu muluk-muluk. Cukup sederhana saja tetapi prospeknya bagus. Caranya adalah mengevaluasi lingkungan yang ada disekeliling kita. Salah satu alat mengukur hal yang mungkin dan tidak mungkin dilakukan oleh usahawan sebagai penilaian awal dan pemberian informasi penting, yaitu menggunakan analisis terhadap kelemahan, kekuatan, peluang dan ancaman (strengths, weaknesses, opportunities, and threats) atau yang lebih dikenal dengan sebutan analisis SWOT.
Kita harus jeli melihat setiap peluang yang muncul disekitar kita dan tidak perlu bingung mencari ide untuk dijadikan peluang, karena ide atau gagasan ada diaman pun. Ada banyak sekali peluang bisnis jika kita tahu bagaimana dan di mana menemukannya, yang mungkin saja sudah ada dalam diri kita atau bahkan ada di depan mata kita.
Banyak cara untuk melihat peluang yang terjadi disekitar kita. Selama masih ada kebutuhan dan keinginan, selama itu pula terdapat peluang yang dapat kita manfaatkan, misal :
a. Mengenali kebutuhan pasar.
b. Mengembangkan produk yang telah ada dipasaran.
c. Memadukan bisnis-bisnis yang ada.
d. Mengenali kecenderungan (tren) yang terjadi.
e. Mewaspadai segala kemungkinan yang awalnya terlihat sepel, yang ternyata setelah ditekuni dapat menjadi yang luar biasa.
f. Menggunakan asumsi-asumsi yang baru (tidak baku).
Beberapa langkah untuk mengenali dan memilih peluang bisnis yang tepat antara lain :
1. Tentukan Tujuan Besar yang Hendak Dicapai.
2. Buat Daftar Ide Usaha.
3. Nilai Kemampuan Pribadi
4. Pilih Kriteria
5. Membandingkan dan dapatkan saran dari pengusaha, konsultan, atau mentor.
6. Nilai Keadaan bisnis saat ini dan Masa mendatang melalui Riset.
7. Tetapkan Pilihan.
Cara Memilih / Menentukan Jenis Usaha Secara Tepat menurut pengalaman beberapa orang pengusaha ketahui, yaitu dengan:
1. Memperhatikan Lokasi
Jika kita sudah memiliki lokasi yang akan kita jadikan tempat usaha, perhatikan jenis usaha apa saja yang telah didirikan orang lain. Dengan memperhatikan jenis usaha yang telah didirikan orang lain, tentunya kita bisa dengan mudah mengetahui jenis usaha apa saja yang telah di dirikan, sehingga kita bisa mendirikan usaha yang berbeda dengan usaha yang telah didirikan oleh orang lain. Tujuannya adalah agar usaha yang akan kita dirikan menempati posisi jenis usaha baru di sekitar lokasi tersebut.
Apabila belum memiliki tempat usaha, tentu kita harus mencari lokasi untuk mendirikan usaha. Dalam mencari lokasi usaha, tentunya kita juga harus memperhatikan lokasi yang akan menjadi tempat usaha. Sebaiknya kita mencari lokasi usaha yang belum ada jenis usaha yang akan di dirikan.
2. Membuat Daftar Bidang Usaha
Tidak ada salahnya jika kita membuat beberapa daftar bidang usaha yang akan kita pilih. Dengan membuat daftar bidang usaha, tentunya kita dapat mengetahui jenis usaha apa saja yang belum banyak didirikan orang lain. Setelah menemukan beberapa daftar bidang usaha, tentukan bidang usaha apa yang paling sesuai dengan lokasi dan kemampuan kita.
3. Mempelajari Bidang Usaha Yang Telah Dipilih
Setelah memilih bidang usaha apa yang akan kita ambil, sebaiknya pelajari lagi bidang usaha yang telah dipilih tersebut sampai kita benar-benar memahaminya. Jika kita berhasil memahaminya, tentunya usaha yang kita pilih bisa dengan mudah kita dirikan. Namun, jika kita kesulitan memahami bidang usaha yang akan kita pilih, sebaiknya kita kembali pada poin kedua, yaitu membuat daftar bidang usaha.

Referensi:
1.      http://finialfiani10.blogspot.co.id/2013/06/mengenali-peluang-dan-memilih-jenis.html
2.      Buku Kewirausahaan (membabngun usaha sukses sejak usia muda)

3.      http://comtelweb.blogspot.com/2014/04/cara-memilih-menentukan-jenis-usaha-secara-tepat.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar