Minggu, Juli 31

Perlunya Menjadi Seorang Pengusaha



Akhir-akhir ini banyak orang yang mulai lebih memilih dunia usaha ketimbang menjadi karyawan disuatu perusahaan.
Salah satu alasan yang menguatkan yaitu karena kesuksesan yang sangat menjanjikan ketika mereka lebih memilih menjadi pengusaha. Terlebih banyak kisah sukses para pengusaha yang memulai dari nol dan harus melewati rintangan panjang yang berliku sebelum akhirnya mereka bisa meraih kesuksesan yang bisa menginspirasi kita untuk mencoba dunia wirausaha. Dengan berwirausaha, akan menjanjikan masa depan yang cemerlang, penghasilan yang tidak terbatas, dan dapat mengatur waktunya sendiri. Selain itu, menjadi wirausahawan pada saat ini sangat doperlukan, tidak hanya untuk kepentingan sendiri, melainkan untuk menciptakan lapangan kerja bagi orang lain. Disisi lain, ada beberapa orang yang masih ragu atau enggan dalam berwirausaha. Dengan alasan tidak mempunyai modal, penghasilan yang tidak menentu, dan resiko yang terlalu besar.

Ada beberapa hal yang harus dipersiapkan untuk menjadi pengusaha muda yaitu :
1. Membangun kepribadian
Mengenal karakter pribadi diri sendiri sangatlah penting. Untuk menjadi sukses, seorang pengusaha paling tidak harus mempunyai karakter pribadi yang bermotivasi tinggi, suka mencari tantangan, dan tidak mudah putus asa. Selain itu, mengenal bakat dan kemampuan yang dimilikinya. Dengan mengenal bakat dan minatnya, seseorang dapat membawa dirinya ke usaha yang sesuai dengannya, sehingga dapat menjalankan bidang usahanya sambil menikmati hobinya.

2. Mempersiapkan perubahan sikap mental
Seorang pengusaha tentu akan menghadapi ketidakpastian, misalnya pemasukan setiap harinya. Tidak ada jaminan seorang pengusaha akan mendapatkan pemasukan yang tetap setiap waktu. Namun, ada usaha untuk memperkecil ketidakpastian itu yaitu dengan membuat perencanaan usaha yang baik, detail, dan realistis. Dan menanamkan sikap pekerja keras, tekun, dan sabar. Karena ketiga sikap tersebut diperlukan dalam berwirausaha.

3. Menumbuhkan niat untuk berwirausaha
Niat dalam hati sangatlah diperlukan dalam berwirausaha. Dengan adanya niat, secara perlahan akan membawa seseorang menuju kesuksesan yang cemerlang. Selain itu, niat harus didasari dari dorongan hati kita sendiri. Bukan karna paksaan ataupun ikut-ikutan orang lain. Karna jika didasari dengan hati masing-masing, akan membuahkan hasil yang tentunya tidak akan merugikan. Tetapi sebaliknya, jika didasari dengan paksaan akan membuahkan hasil yang pahit.

4.  Mempersiapkan keterampilan
Keterampilan yang dimaksud yaitu keterampilan dalam membangun jaringan. Membangun jaringan dapat dilakukan dengan beberapa cara yaitu dengan menumbuhkan rasa percaya diri yang sangat kuat dan menjaga reputasi yang baik. Reputasi yang baik merupakan modal utama bagi seorang pengusaha. Dengan begitu, akan memudahkan dalam membuat jaringan dan memperkenalkan usaha baru.
5. Merealisasikan mimpi menjadi kenyataan
Mewujudkan mimpi menjadi kenyataan merupakan keinginan semua orang. Namun tidak semua orang bisa mendapatkan mimpi tersebut. Tergantung dari bagaimana orang itu dalam pencapaiannya. Karna seorang yang memiliki mimpi dan semangat tanpa melakukan tindakan apapun hanya akan menjadi pemimpi. Pengusaha yang berhasil adalah seorang pengusaha yang mampu bermimpi, bersemangat, dan bertindak untuk mencapai mimpi tersebut. Semakin sering berlatih atau mencoba melakukan sesuatu, maka semakin besar peluang untuk meraih keberhasilan.

Lalu bagaimana cara mewujudkan mimpi tersebut?
Ada beberpa hal yang harus perhatikan yaitu :
1.     Mengubah impian menjadi visi
2.    Menyusun rencana stategis
3.    Menetapkan rencana jangka pendek


                                                  
Sumber :
1. Buku Kewirausahaan “Membangun Usaha Sukses Sejak Usia Muda”, Salemba Empat 2012, Jakarta (Universitas Mercu Buana)
2. http://dwinurulitasari.blogspot.com/p/blog-page.html
3. https://www.cermati.com/artikel/8-kisah-inspiratif-pengusaha-sukses-indonesia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.