Jumat, Agustus 19

Anne Ahira, Motivasi Mewujudkan Mimpi



Proses termotivasinya seseorang dengan orang lain untuk menjadi pengusaha berbeda-beda. Tidak semua orang memiliki motivasi yang sama untuk menjadi pengusaha.
Sebenarnya bangsa Indonesia memiliki dasar spirit dan keterampilan yang unik di masing-masing daerah. Sebagai bangsa Indonesia jangan biarkan bangsa lain mengelolah sumber daya dan kita hanya berdiam diri tanpa melakukan apa pun.


Mengalahkan Mitos

Pendidikan menjadi kunci sukses keluar dari kesulitan dan membantu meraih keberhasilan usaha. Jangan percaya pada mitos-mitos terkait kewirausahaan. Berikut ini beberapa mitos yang selalu kita dengar di tengah masyarakat :
  • Wirausaha merupakan bakat & keturunan
  • Pengusaha adalah pelaku, bukan pemikir
  • Wirausaha tidak bisa diajarkan atau dibentuk
  • Pengusaha adalah selalu sebagai investor
  • Pengusaha membutuhkan keberuntungan
  • Pengusaha harus selalu sukses dan tidak boleh gagal
  • Pengusaha adalah sama seperti penjudi
Mengubah Pola Pikir

Merubah sesuatu yang telah menjadi kebiasaan tidak mudah. Perubahan bukanlah kata yang menakutkan dan membahayakan. Mengubah pola pikir memerlukan keberanian dan kerelaan.
Menurut McGrath dan MacMillan (2000) ada lima karakteristik yang umumnya dimiliki oleh pengusaha :
  • Pengusaha sangat bersemangat dalam melihat atau mencari peluang-peluang baru
  • Pengusaha mengejar peluang dengan disiplin yang ketat
  • Pengusaha hanya mengejar peluang yang sangat baik dan menghindari mengejar peluang laun yang belum jelas
  • Pengusaha berfokus pada pelaksanaan
  • Pengusaha mengikutsertakan energy setiap orang yang berbeda dalam jangkauan mereka
Kalian tahu Anne Ahira? Anne Ahira adalah pendiri Asian Brain. Anne bahkan mewakili Indonesia berbicara dalam konferensi APEC di Bali, di hadapan para delegasi dari 26 negara. Pada waktu kecil Anne merasakan pahitnya hidup dalam kemiskinan, dimana di harus menjual pisang goreng ketika bersekolah, dan bila ada sisa akan dia jajakan di sawah kepada para petani. Setiap kali Anne memiliki mimpi dia selalu mencatatnya dalam kertas. Dan dia melamun melihat dan merasakan seaka-akan telah sampai disana.
Dengan kondisi ekonomi yang kurang, ibu anne sering kali bingung melihat tingkah anaknya, sampai suatu hari ibunya menyeret Anne ke depan cermin dan Anne disuruh berkaca bahwa impiannya tidak mungkin bisa tercapai.

Suatu hari tiba – tiba ibu Anne mengatakan kepada Anne bahwa bila dia ingin berkeliling dunia maka dia harus menguasai bahasa Inggris dengan baik. Kemudian Anne semakin bersemangat,dan dia mulai berjualan es dan bahkan membantu ayahnya menjadi kernet untuk membayar biaya kursus bahasa Inggrisnya. Setelah lulus SMU Anne membuka jasa kursus untuk orang – orang kaya dan iapun berhasil mendapat penghasilan 15 juta perbulan.
tapi anne tak mudah merasa puas dengan apa yang sudah dicapainnya kemudian Anne mencari sebuah bisnis yang bisa memberikan Passive Income, kemudian dia mencoba bisnis internet marketing dan ternyata hasilnya lumayan, di tahun 2003 penghasilan Anne sudah mencapai ratusan ribu dolar. Tapi Anne masih mencari tantangan baru, maka pada pertengahan 2003 sampai akhir 2005 Anne menyusun dan menulis modul untuk membantu masyarakat Indonesia lebih mengenal internet marketing. Sejak saat itulah nama Anne Ahira mulai meningkat dan berdirilah ASIAN BRAIN yang bahkan diminati pihak asing.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar