Jumat, Agustus 5

Beberapa Tips Dan Motivasi Menjadi Pengusaha Sukses

Sampai jumpa lagi dengan artikel saya yang keempat. Dalam artikel ini saya akan membahas mengenai tips dan motivasi untuk menjadi pengusaha muda yang sukses. Yukkk simak.....

Proses termotivasinya seseorang dengan orang lainnya untuk menjadi pengusaha berbeda-beda. Seorang pengusaha sangat memerlukan sebuah motivasi diri. Karena dalam menjalankan usaha pasti memerlukan semangat dan tekad yang kuat. Motivasi diri bagi pengusaha bisa diibaratkan sebagai modal awal sebagai pengusaha untuk bisa sukses. Tanpa sebuah motivasi, maka pengusaha akan sulit untuk bertindak. Padahal, tindakan sangat diperlukan seorang pengusaha. Tanpa adanya tindakan, tidak akan ada hasil.

Pendidikan merupakan kunci sukses keluar dari kesulitan dan membantu meraih keberhasilan usaha. Tidak hanya itu, untuk menjadi sukses, seseorang harus mempunyai dan menanamkan dalam diri masing-masing yaitu karakteristik yang membawa seseorang itu menuju kepada kesuksesan.
Selanjutnya mari kita kupas secara mendalam, cara untuk menjadi pengusaha sukses dari nol adalah dengan :

1. Menentukan produk
Langkah awal untuk menjadi pengusaha / pebisnis sukses adalah menentukan produk atau jamak disebut dengan riset produk. Untuk menentukan produk yang tepat, tentu kita harus melakukan riset terlebih dahulu, mulai dari riset konsumen sampai riset persaingan. Produk yang baik adalah produk yang memiliki jumlah peminat (konsumen) yang besar namun memiliki tingkat persaingan kecil.

2. Mencari tahu target pasar
Pengusaha sukses adalah mereka yang bukan hanya pandai memilih produk namun juga pandai menganalisa siapa yang menjadi target pasar. Jadi, disini kita dituntut untuk mengetaui siapa target pasar atas produk yang akan kita jual, karena jika dalam pengapliasiannya salah, maka bisa dipastikan akan sulit untuk memperoleh penjualan.

3.Memilih media promosi yang efektif
Ada banyak media yang bisa kita gunakan untuk promosi, seperti media cetak, internet, radio atau tv. Namun perlu diketahui bahwa tidak semua media tersebut efektif untuk meningkatkan penjualan. Karena kembali lagi pada siapa target kita, jika target produk kita adalah anak muda, maka gunakan internet sebagai media promosi.

4. Menggunakan strategi promosi kreatif
Akan sangat susah untuk bisa menjadi pengusaha sukses jika Anda tidak mengerti bagaimana cara menjalankan strategi berbisnis yang baik dan benar.
Berikut gambaran atau garis besar tentang strategi promosi kreatif untuk mendapatkan banyak pelanggan :
  • Dapatkan kepercayaan pelanggan
  • Berikan harga murah diawal
  • Diskon untuk pembelian lebih dari satu
  • Sarankan produk lain
  • Jangan lupakan layanan after sales


Intinya, diawal penjualan kita harus membina hubungan yang baik dengan pelanggan untuk mendapatkan loyalitas dari pelanggan.

5. Membuat pembukuan untuk menghitung margin
Akan jauh lebih baik jika pengusaha / pebisnis memiliki pembukuan yang jelas, karena dari pembukuan tersebut nantinya bisa menghitung untung dan rugi, jadi kita bisa mengetahui berapa keuntungan yang didapat setelah dikurangi dengan modal yang dikeluarkan.
Intinya pembukuan itu penting untuk membantu kita menjadi pengusaha sukses. Pembukuan juga akan membantu kita dalam merencanakan bisnis kita ke depan.

Seorang pengusaha wajib memiliki motivasi tinggi untuk kesuksesan bisnisnya. Pengusaha sukses harus memiliki sikap keyakinan dan harapan yang dapat miliki.
Dengan menetapkan keinginan dan harapan yang besar dan berfokus, segalanya akan terwujud sesuai dengan harapan yang kita miliki. Tanpa semua hal tersebut, segala nilai kita mejadi seorang wirausaha hanya akan menjadi mimpi :)



Sumber :
2. Buku Kewirausahaan "Membangun Usaha Sukses Sejak Usia Muda", Salemba Empat 2011, Jakarta  (Universitas Mercu Buana)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.