Jumat, Agustus 5

Kreativitas Adalah Kunci Sukses

Kita jumpa lagi dengan artikel saya yang kelima. Seperti judul yang saya buat diatas, artikel ini akan membahas mengenai kunci sukses kreativitas dan inovasi dalam berwirausaha. Berikut saya akan memberi teknik atau cara meningkatkan kreativitas dan kisah sukses Raditya Dika. Mari simakkk... :)


Pengusaha selalu dituntut untuk memiliki kreativitas yang tinggi dan inovasi yang baru dalam menunjang usahanya. Definisi kreativitas adalah kemampuan untuk mengembangkan ide-ide baru dan cara-cara baru dalam pemecahan masalah dan menemukan peluang. Sedangkan inovasi adalah kemampuan untuk menerapkan kreativitas dalam rangka pemecahan masalah dan menemukan peluang.


Tehnik Meningkatkan Kreativitas

Cara umum meningkatkan kreativitas adalah dengan mengubah pola piker dan proses bertindak. Walaupun demikian, berbagai riset telah dilakukan untk mencari cara-cara meningkatkan kreativitas dalam proses pemecahan masalah.


Disini saya akan berbagi kisah sukses tentang seseorang pengusaha muda, Raditya Dika. Saya yakin pasti sahabat bloggers tidak asing lagi mendengar nama tersebut. Seperti yang kita ketahui, Raditya Dika yang biasa dipanggil bang Dika ini sekarang sedang merintis usahanya di bidang entertainment. Awalnya berkarir dari dunia blogging. Sebagai penulis, bang Dika tentu tak menyangka perjalanannya bisa sejauh ini. Tak banyak penulis yang  kemudian bisa memasuki dunia entertainment dan sukses juga di dalamnya. Dengan berbagai inovasi yang dimiliki nama Raditya Dika justru melambung tinggi.

Seperti yang sudah sedikit disinggung diatas bahwa awal perjalanan karir Raditya Dika ialah dari penulis online di sebuah blog miliknya yang bernama kambingjantan.com yang sekarang sudah diganti namanya dengan memakai namanya sendiri yaitu www.radityadika.com, disinlah penulis yang satu ini mencurahkan ide-ide kreatifnya serta menceritakan tentang pengalaman hidupnya yang membuatnya terkenal bahkan bisa sampai ke dunia entertainment seperti yang sekarang ini.

Awalnya blog tersebut hanya untuk mengisi waktu luangnya saja yakni hanya dianggap sebagai diary digital saja, namun siapa sangka bahwa blog diary pribadinya tersebut malah bisa mengantarkan dia memenagkan beberapa ajang yakni seperti Blog Award dan penghargaan dari Indosat yaitu The Online Inspiring pada tahun 2009. Dalam perjalanan dan proses penerbitan novelnya itu tidaklah semulus yang kelihatannya karena pada awalnya bang Dika juga bersusah payah mencari penerbit yang mau menerbitkan bukunya tersebut bahkan sampai ditolak pun pernah, hingga Gagasmedia, salah satu penerbit yang mau untuk menerbitkan novelnya tersebut. Ketika diterbitkan pun novelnya itu tidak terlalu laku bahkan sampai beberapa minggu hal tersebut berlalu, sampai akhirnya dia pun harus bekerja keras lagi untuk memasarkan novelnya tersebut.

Setelah berhasil dengan komik dan novelnya, karir Raditya Dika lanjut kedunia pertelevisian. Novelnya yang sukses yaitu Kambing Jantan tersebut dibuat dalam bentuk Film dan Raditya Dika pun terpilih sebagai aktor yang memerankan sosok pemeran utamanya. Dunia hiburan yang juga melambungkan nama Raditya Dika adalah dunia Stand Up Comedy. Bahkan dalam beberapa sumber Raditya Dika dianggap sebagai salah satu dari tujuh tokoh pendongkrak dunia Stand Up Comedy di Indonesia. Ilmu stand up sendiri didapat Radith saat kuliah di Australia saat mengikuti kursus singkat Stand Up.

Itulah kisah sukses Raditya Dika, dengan semangatnya ketika novelnya kurang laku di pasaran dia selalu berusaha memasarkan novelnya supaya laku. Semangat dan kreativitas merupakan dua hal penting yang harus digabungkan. Dengan begitu, Insya Allah kita bisa membuka kunci dari kesuksesan :)




Sumber :
2. Buku Kewirausahaan "Membangun Usaha Sukses Sejak Usia Muda", Salemba Empat 2011, Jakarta  (Universitas Mercu Buana)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.