Jumat, Agustus 5

Passion for Knowledge, Passion for Innovation, Passion for Achievement

Yup, itulah visi yang dibawa berpijak kemanapun oleh Yoris Sebastian. Yoris Sebastian? Siapa sih dia itu? Yoris Sebastian adalah creativepreneur atau pengusaha di bidang kreatif yang mendirikan perusahaan konsultan kreatif, OMG (Oh My Goodness).
Yoris juga pernah menjadi General Manager termuda di Hard Rock Cafe Indonesia. Dari modal pemikiran yang kreatif dan inovatif, Yoris mampu memecahkan rekor MURI dengan melakukan peluncuran album baru band Coklat di atas ketinggian 30.000 kaki. Wow amazing! Ide-ide yang dianggap tidak umum bisa diwujudkan dengan memulai dengan hal-hal yang kecil. Bagi Yoris orang yang ber-IQ rendah belum tentu tidak memiliki ide yang kreatif, dan sebaliknya orang yang ber-IQ tinggi juga belum tentu banyak memiliki ide yang kreatif. Semua itu butuh proses, belajar, dan kreatifitas memerlukan latihan yang konsisten. Bagi Yoris, yang terpenting adalah ‘do it if you like it’. Jadi apa yang disukai langsung dieksekusi dan dikembangkan. Menurut Yoris prioritas hidup adalah belajar, belajar, dan terus belajar karena melalui belajar orang dapat berpikir secara kreatif dan out of the box. Thinking out of the box – execute inside the box: berpikir di luar kotak – mengeksekusi di dalam kotak. Maksud dari kutipan tersebut adalah, berpikirlah secara kreatif di luar keadaan atau sudut pandang yang berbeda tetapi saat melakukan eksekusi, bertindaklah di dalamnya. Karena kalau berpikir di luar kotak dan di eksekusi di luar kotak, menurut Yoris ide tersebut tidak sesuai dengan apa yang ia punya di dalam karakter awal. Jadi harus tetap konsisten dalam menjalani sesuatu, walau sedikit demi sedikit modifikasi dan inovasi baru ide tersebut dapat bertahan dengan karakter awal sebuah brand. Menurut saya, apa yang dilakukan Yoris sangatlah penting bagi konsepsi dasar dalam entrepreneur atau kewirausahaan. Konsep dasar seorang wirausahawan harus kuat mengapa, apa, dimana, kapan, dan siapa harus ditanamkan sebelum memulai wirausaha. ‘Bagaimana’ adalah proses menuju ide-ide kreatif tersebut. Bagaimana kita dapat terus beradaptasi dan bertahan terhadap pasar. Menurut buku Kewirausahaan: Membangun Usaha Sukses Sejak Usia Muda: Jadi pengusaha atau wirausahawan adalah seseorang yang menciptakan sebuah usaha atau bisnis yang dihadapkan dengan resiko dan ketidakpastian untuk memperoleh keuntungan dan mengembangkan bisnis dengan cara mengenali kesempatan dan memanfaatkan sumber daya yang diperlukan. Keuntungan menjadi wirausahawan adalah memiliki kebebasan mencapai tujuannya sendiri, menunjukkan potensi secara penuh, mendapat laba yang maksimal, kebebasan melakukan perubahan, menciptakan lapangan kerja, dan mendapat pengakuan dari masyarakat.

Mengutip sumber dari: id.wikipedia.org/wiki/Yoris_Sebastian
Sumber gambar: marketplus.co.id
Daftar pustaka: Kewirausahaan: Membangun Usaha Sukses Sejak Usia Muda/Suharyadi, Arissetyanto Nugroho, Purwanto S.K., Maman Faturohman -Cetakan Kedua-Jakarta: Salemba Empat, 2008

Tidak ada komentar:

Posting Komentar