Sabtu, Agustus 6

BISNISMU PRINSIPMU

Kalian pasti sudah menonton tayangan-tayangan investigasi yang ada di televisi. Saya yakin pasti kalian sudah menontonnya, nah dari tayangan itulah kita bisa membedakan mana pedagang yang jujur dan mana pedagang yang hanya ingin meraup keuntungan tanpa memikirkan keselamatan dan kesehatan si pembeli, duh ngeri banget ya jika sudah sampai ada niatan dan bahkan melakukannya, semoga kita bukan termasuk golongan pebisnis semacam itu.

Nah sekarang tanamkanlah dalam hati, tujuan kita berdagang untuk apa? Apakah hanya ingin meraup keuntungan semata atau membantu ekonomi keluarga? Bertindaklah sebagai pedagang yang jujur serta niatkan dengan hati yang ikhlas.
Liat deh prinsip berdagang orang Cina. Kenapa rata-rata orang Cina pandai berdagang? Mereka berdagang tidak terlalu mengharapkan sebuah keuntungan melainkan produk yang mereka jual apakah laku atau tidak? Jika barang jualan mereka habis maka mereka menanamkan sebuah rasa kepercayaan, inilah tingkatan yang sulit dijaga karena ketika pembeli sudah memiliki kepercayaan terhadap bisnis kita, mereka akan kembali ke kita untuk membeli barang terbaru bahkan inovasi dari kita sebagai pedagang.
Etika dan Rahasia Keberhasilan Orang Cina
Berikut adalah rahasia keberhasilan orang cina :
beberapa faktor yang mendorong keberhasilan orang cina adalah banyaknya kemiskinan, perasaan kurang aman di tempat lain, dan ajaran falsafah hidup konfusiusme.
dalam sistem sosial orang cina, anak laki-laki adalah ahli waris keturunan. cara menunjukan penghormatan kepada orangtua adalah mengkat derajat keluarga adalah kaya, dengan cara berdagang.
uang jangan dijadikan penghalang. asal ada kemauan disitu pasti ada jalan, yang terpenting adalah harus tabah dan sanggup untuk hidup susah.
Cara Bisnis Orang Cina
untuk menjadi pedagang sukses harus mendapatkan keyakinan dari pelanggan.
tidak boleh pelit mengeluarkan biaya tambahan untuk memikat hati pelanggan.
bekerja minimal 18 jam sehari
harus fleksibel dan beradaptasi dengan kondisi yang ada.
tempat usaha harus mudah diakses dan menarik perhatian konsumen untuk mengunjunginya.
tidak boleh semata-mata mengikuti pola pikirnya, tetapi mengikuti perilaku, minat dan kehendak orang banyak.
bekerja sendiri supaya dapat mandiri serta memiliki daya juang, semangat yang tinggi, dan pantang menyerah.
citra dibentuk dengan pelayanan yang diberikan bukan pada gaya dan kebaikan berpakaian.
lebih suka mempekerjakan sanak keluarga sendiri untuk membantu kegiatan perdagangan.
akan merasa rendah diri jika gagal hidup  mandiri dan hanya mendapatkan gaji sepanjang hidupnya.

sebagian keuntungan harus di simpan untuk mengembangkan kegiatan perdagangan dan menghadapi kemungkinan apapun yang terjadi di luar dugaan, sebagaian digunakan untuk modal kerja.


Sumber :
Ratih Pratiwi, Amanda. 2016. Ting! Yes! aku bisa berbisnis. Jakarta: Elex Media Komputindo

Tidak ada komentar:

Posting Komentar