Sabtu, Agustus 20

Es Krim Terong Ungu



ESKRIM TERONG UNGU

TERONG
Terong merupakan salah satu bahan pangan yang yang sering di masak untuk lauk dan sayur. Banyak banget beragam jenis terong nah terong yang sering dijadikan lauk dan sayur yaitu terong ungu.
Di eropa terong  mendapat julukan the apple of loveIni yang menjadi ide untuk membuat eskrim terong ungu.

KANDUNGAN VITAMIN
Nah terong juga banyak sekali mengandung beberapa zat gizi yang berguna untuk kesahatan diantaranya adalah :
-air
-karbohidrat
-protein
-lemak
-kalori
-fosfor
-serat kasar
-kalsium
-besi
-karotin
-vitamin (B1 B2 C)
-asam nikotinat
-dan lain-lain

Berikut kandungan,fungsi dan kegunaan
Kandungan
Fungsi dan kegunaan
Vitamin A
Meningkatkan daya tahan tubuh , anti aging ,anti oksidan,dan memerangi penyakit malaria
Vitamin B1
Mencegah penyakit beri-beri, membantu proses oksidasi untuk memperoleh energi
Vitamin B2
Menjaga keutuhan jaringan saraf, pernapasan dalam sel
Vitamin B3
Membantu pembebasan energi dari makanan dan sintesis asam lemak
Vitamin B6

Vitamin C
Menjaga ketahanan tubuh terhadap penyakit infesi dan racun, menurunkan kolesterol, serta mencegah penyakit jantung , hipertensi, diabetes melitus dan kanker, menurunkan berat badan
Vitamin K
Berperan sangat penting dalam proses pembekuan darah, berperan penting dalam pertumbuhan tulang dan mencegah osteoporosis mengkontrol kadar gula darah hingga mengurangi resiko diabetes , menekan proses peredaran pada hati , mencegah penyakit hemoragik pada bayi baru lahir
Karbohidrat 2,431%
Sumber energi , penghemat protein , pengatur metabolisme lemak, pengeluaran feses.
Kadar air 86,199%
Meningkat kualitas rambut dan kulit kita, serta melancarkan buang air besar.
Tekstur 3,69/d/50g
Teksturnya yang kenyal sangat memudahkan proses pengolahan nya
Serat 5,871%
Serat mencegah kanker dan sembelit
Abu 0,120%



KEUNGGULAN LAIN DARI  BUAH TERONG SELAIN VITAMIN NYA
Keunggulan lain dari terong adalah harganya sangat terjangkau/ murah , oleh sebab itu berwirausaha dengan memanfaatkan buah terong tentu memiliki potensi sangat besar dan keuntungan yang menjanjikan. Apalagi didaerah anda memiliki suply buah terong yang sangat melimpah.

CARA MEMBUAH ESKIRM BUAH TERONG UNGU

Pertama ;
Iris buah terong tipis-tipis, kemudian rendam sekitar 1/2 jam dalam larutan air kapur untuk membuat buah terong lebih empuk. Buatlah larutan sirup gula dengan cara merebus gula pasir dicampur air dan vanila. Biarkan sirup tetap hangat dalam panci tertutup. Angkat dan tiriskan irisan terong dari larutan air kapur, kemudian rebus ke dalam larutan sirup gula sekitar 15 menit. Setelah itu, diblender agak sedikit kasar agar tersisa tekstur terongnya. Tahap selanjutnya, panaskan susu hingga mendidih, lalu angkat ke wadahlain dan tambahkan vanila cair secukupnya.

Kemudian berikutnya:
kita buat adonan dari kuning telur bersama gula, kocok hingga halus. Secara sangat pelan-pelan, tuangkan adonan kuning telur  tersebut ke dalam susu hangat, panaskan kembali dengan api kecil. Aduk-aduk dengan perlahan. Setelah campuran adonan tersebut terasa agak mulai mengental, maka tuangkan adonan terong. Aduk dengan pelan hingga semua bahan menyatu. Setelah tercampur rata dan mulai kental, angkat dan diamkan hingga dingin. Masukkan ke dalam lemari pendingin agar tekstur menjadi agak lembut-lembut keras, dan selanjutnya siap dimasukkan kedalam kemasan (misalnya kemasan cup).

Untuk mendapatkan rasa yang lebih enak, anda bisa tambahkan varian rasa atau bahan pelengkap lainnya, seperti kacang ijo, cincau, dan lainnya. Lakukan uji coba berulang-ulang untuk mendapatkan rasa yang paling mantap.



Menentukan Target dan Cara Pemasaran eskrim buah terong

Dengan memanfaatkan sosial media seperti Twitter,Facebook, instagram dan sebagainya karena sekarang banyak sekali macam macam jejaring sosial media,sebagai  sarana meraup keuntungan. Atau dengan membuka toko layaknya seperti toko makanan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.