Senin, Agustus 8

FOOD TRUCK YANG SEDANG KEKINIAN


   Makanan adalah kebutuhan setiap manusia. Di setiap tempat dan setiap saat semua orang pasti membutuhkan makanan. Karena hal ini lah makanan adalah satu bisnis yang menjajikan. Dari zaman dahulu sampai sekarang penjual makanan yang tetap eksis adalah di tempat/toko yang tetap, namun seiring berkembangnya zaman kini di Indonesia muncul tren menjajakan makanan lewat mobil.
Konsep mobile kitchen ini atau disebut food truck hadir sebagai solusi baru usaha dengan memanfaatkan mobil yang di desain sedemikian rupa untuk berkeliling jualan makanan. Tidak hanya menjajakan makanan diatas mobil, tapi masak di atas mobil. Wow apakah berbahaya masak diatas mobil? Sedangkan mobil sendiri memiliki bahan bakar yang mudah terbakar jika terkena api. Dengan desain yang aman sesuai standar, ketakutan utama soal kebakaran diatas mobil akan teratasi. Selain desain yang aman, desain yang unik akan menjadi daya tarik tersendiri untuk konsumen datang dan membeli produk yang dijual.
            Konsep foodtruck berasal dari Amerika Serikat kia-kira tahun 1800-an pada masa perang saudara di Texas, seorang pria mengubah kereta kudanya menjadi “kitchen on wheel” yang tujuan utamanya untuk menyediakan makanan untuk penggembala sapi karena makanan didaerah tersebut sulit ditekukan dengan perjalanan yang bermingg-minggu. Negara pengusung konsep ini sendiri memiliki sekitar tiga juta food truck yang beroperasi dengan berbagai pilihan makanan yang disajikan. Pada era 2000-an bisnis ini menyebar di kawasan Asia dan tahun 2013 mulai menjadi tren di Indonesia.
            “Memang usaha ini berprospek bagus, tapi 20 hingga 30 persen dari pengusaha food truck biasanya gugur di dua bulan pertama operasional. Itu informasi yang kami himpun enam bulan lalu," jelas Ketua Asosiasi Food Truck Indonesia (AFTI) Joko Waluyo di Jakarta, Jumat (7/8).
Sebagai gambaran, Joko menyebut omzet food truck Tacombi yang dikelolanya bisa mencapai rata-rata Rp 5 juta per hari per kendaraan. "Sebenarnya bisa saja kami membukukan Rp 12 juta dalam sehari, namun demi memenuhi hal itu harus bolak-balik ke pasar untuk suplai bahan baku. Sekitar 70 persen dari cost usaha kami beratnya di bahan bakar apalagi mobil yang kami miliki berjenis Combi dan boros bahan bakar. Dan mobil kami pun mobil tua, sehingga kalau dipaksa beroperasi dengan membawa suplai berat, maka akan cepat rusak," tuturnya.
Bagian Luar Food Truck Chicken Sheriff


Bagian Dalam Food Truck Chicken Sheriff
Bagian Luar Food Truck The Rud Bucket
Bagian Dalam Food Truck The Rud Bucket

Setiap bisnis pasti mempunyai kekurangan dan kelebihan, begitu juga dengan bisnis berkonsep mobile kitchen. Berikut adalah kelebihan dan kekurangan food truck:

Kelebihan:
  • Tidak perlu sewa pajak bangunan/toko
  • Fasilitas listrik gratis
  • Tidak butuh ruang luas
  • Fleksibel
  • Menarik minat & menjanjikan
  • Peluang dan omzet besar
  • Tidak memerlukan banyak karyawan


Kekurangan:
  • Berbahaya
  • Tempat sempit
  • Masalah kebersihan
  • Modal besar
  • Perawatan kendaraan
  • Harga makanan lebih mahal


Menjalankan bisnis Food Truck nyatanya sangat menjanjikan. Omzet yang besar adalah sebuah peluang yang sangat mungkin diwujudkan oleh para pengusahanya. Lalu seperti apakah teknik menjalankan usaha berkonsep food truck ini supaya sukses? Berikut poin penting untuk diterapkan:
  • Memahami resiko yang ada
  • Miliki mental yang kuat
  • Atasi masalah sumber daya manusia
  • Bergabung dengan asosiasi
  • Tetap berkomitmen menjalankan usaha


Demikian adalah ulasan saya mengenai konsep bisnis yang sedang happening dan kekinian mengenai food truck. 

Sumber:
Sekar Hapsari, Deani. 2014. Detik. DetikFood. Food Truck di Amerika Serikat Awalnya untuk Penggembala Sapi. Diambil dari: http://food.detik.com/read/2014/06/05/192148/2601269/297/food-truck-di-amerika-serikat-awalnya-untuk-penggembala-sapi (8 Agustus 2016)
 Admin. 2015. Indo Trucker. Kelebihan dan Kekurangan Bisnis Food Truck di Indonesia. Diambil dari: http://indotrucker.com/kelebihan-dan-kekurangan-bisnis-food-truck-di-indonesia/ (8 Agustus 2016) Tim Auto Bild. 2015. Auto Bild. Bedah Spesifikasi 6 Food Truck di Indonesia. http://www.autobild.co.id/m/read/2015/08/06/14061/67/15/Bedah-Spesifikasi-6-Food-Truck-di-Indonesia (8 Agustus 2016)
 Gumelar, Galih dan Diana Mariska. 2015. CNN Indonesia. Ekonomi. Food Truck Bisnis Baru Beresiko Sekaligus Beromzet Tinggi. Diambil dari: http://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20150807145558-92-70711/food-truck-bisnis-baru-berisiko-sekaligus-beromzet-tinggi/ (8 Agustus 2016) Admin. 2016. Max Manroe. Bisnis. Kiat Sukses Jalankan Bisnis Berkonsep Food Truck. Diambil dari: https://www.maxmanroe.com/kiat-sukses-jalankan-bisnis-kuliner-berkonsep-food-truck.html (8 Agustus 2016)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar