Sabtu, Agustus 6

KREATIVITAS DAN INOVASI DALAM BERWIRAUSAHA - CARA BERINOVASI YANG TERARAH

CARA BERINOVASI YANG TERARAH

Kreativitas Berinovasi

Inovasi adalah perubahan di dalam cara berpikir, fungsi baru dari suatu benda, perbaikan yang signifikan dalam proses dan/ atau layanan. Tanpa inovasi yang berkesinambungan maka apa yang telah menjadi pencapaian kita dalam berwirausaha selama ini akan ditinggalkan oleh pelanggan karena produk atau jasa orang lain lebih unggul, murah dan lebih baik. Oleh karena itulah Inovasi sangat dibutuhkan agar apa yang kita usahakan memiliki nilai lebih di mata pelanggan.

Setiap wirausahawan dalam organisasi dituntut untuk dapat berfikir dan bertindak secara inovatif. Mari kita simpulkan bersama-sama dalam 10 cara untuk meningkatkan inovasi (Ten Ways to Boost Innovation) dalam berwirausaha:

 1. Memiliki Visi untuk Berubah
Jangan berharap wirausahawan apabila mereka tidak mengetahui tujuan yang hendak dicapai ke depan. Inovasi harus memiliki tujuan dan seorang pemimpin harus mampu menyatakan dan mendefinisikan tujuan secara jelas sehingga setiap orang dapat memahami dan mengingatnya. Wirausahawan harus banyak meluangkan waktu untuk menggambarkan dan menjelaskan visi, tujuan dan tantangan masa depan kepada setiap orang. Mereka berusaha meyakinkan setiap orang akan peran pentingnya dalam upaya mencapai tujuan, serta dalam menghadapi berbagai tantangan. Mereka mengilhami kepada setiap orang untuk menjadi enterpreneur yang bersemangat dan menemukan cara-cara yang inovatif untuk memperoleh kesuksesan.

2. Memerangi Ketakutan akan Perubahan
Para pemimpin inovatif senantiasa mengobarkan semangat pentingnya perubahan. Kita sedang melakukan suatu spekulasi baru yang penuh resiko, dan jika kita tidak bergerak maka akan jauh lebih berbahaya. Mereka memberikan gambaran menarik tentang segala sesuatu yang hendak diraih pada masa mendatang. Oleh karena itu, satu-satunya cara menuju ke arah sana yaitu dengan berusaha memeluk perubahan.

3. Berfikir Seperti Orang yang Berani Mengambil Resiko
Seorang wirausahawan yang berani mengambil resiko akan menggunakan pendekatan dalam mencari keseimbangan antara kegagalan dengan kesuksesan. Mereka senang mempertimbangkan berbagai usulan atau gagasan tetapi tetap merasa nyaman dengan berbagai pemikiran yang menggambarkan tentang kegagalan-kegagalan yang mungkin akan diterima.

4. Memiliki Suatu Rencana Usulan yang Dinamis
Kita haru fokus pada rencana usulan yang benar-benar hebat, setiap rencana mudah dilaksanakan, sumber tersedia dengan baik, responsif dan terbuka untuk semuanya. Berikan penghargaan dan respons yang wajar kepada orang-orang yang telah membantu kita dalam membangun usaha agar mereka tetap memiliki komitmen agar dalam menjaga setiap detail usaha yang dilakukan bersama.

5. Mematahkan Aturan
Untuk mencapai inovasi, wirausahawan harus memiliki keberanian manantang berbagai asumsi aturan yang ada di sekitar lingkungan. 

6. Kolaborasi / Kerjasama
Tidak semua dapat dilakukan hanya dengan mengandalkan pada sumber-sumber yang kita punyai. Oleh karena itu, Kita harus dapat melakukan kerjasama dengan orang lain dengan bekerja bersama dan saling bertukar pengalaman dan keterampilan dalam team.

7. Menerima Kegagalan
Setiap orang harus dibelajarkan bahwa setiap kegagalan merupakan langkah awal dari perjalanan jauh menunju kesuksesan. Untuk menjadi wirausahawan yang sukses, setiap orang harus diberi kebebasan berinovasi, bereksperimen dan memperoleh kesuksesan dalam melakukan pekerjaannya, termasuk didalamnya mereka juga harus diberi kebebasan akan kemungkinan terjadinya kegagalan.

8. Membangun Prototipe
Wirausahawan harus berani mencobakan suatu ide baru yang biaya dan resikonya relatif rendah ke dalam pasar (dunia nyata), kemudian lihat apa reaksi dari pelanggan dan orang-orang. 

9. Bersemangat
Wirausahawan juga harus fokus terhadap segala sesuatu yang ingin dirubah. Siap dan senantiasa bergairah dan bersemangat dalam menghadapi dan menanggulangi berbagai tantangan. Energi dan semangat yang kita miliki akan menular dan mengilhami setiap orang.

Report by: NIKA BENO SATRIO - 46114120034
K034-NIKA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar