Agustus 07, 2016

MOTIVASI MENJADI PENGUSAHA SUKSES

MOTIVASI LANGKAH SUKSES MEMULAI USAHA SAMBIL KULIAH


 Siapa bilang memulai usaha sambal kuliah itu merepotkan ? Sampai hari ini masih banyak orang yang berpikiran bahwa merintis sebuah usaha dibangku perkuliahan hanya akan mengganggu konsentrasi belajar mahasiswa. Pola pikir seperti ini tentunya kurang tepat, sehingga tidak ada salahnya bila dari sekarang kita mulai memperbaiki mindset para mahasiswa.
Selama ini para mahasiswa lebih bangga menjadi seorang pegawai negeri sipil (PNS) ataupun tenaga kerja professional diperusahaan-perusahaan besar, dibandingkan memilih terjun didunia usaha dan menjadi seorang entrepreneur muda. Paradigma ini tentunya sangat memprihatinkan. Tidakah heran bila sampai hari ini angka pengangguran sarjana Indonesia jumlahnya terus bertambah.
Karenanya untuk memancing tumbuhnya motivasi bisnis dibenak para mahasiswa. Berikut ini kami informasikan beberapa langkah sukses memulai usaha sambal kuliah yang bisa dicoba para pemula yang berstatus sebagai mahasiswa.

Membangun Mental Entrepreneur
Langkah pertama yang perlu dijalankan para mahasiswa yaitu membangun mental Entrepreneur dalam diri mereka. Meskipun sekarang ini mereka masih berstatus sebagai mahasiswa, namun jangan pernah minder dan takut untuk terjun didunia usaha. Sebab, pada dasarnya semua bidang bisa anda pelajari dari nol, termasuk juga ketika ingin belajar berwirausaha sejak duduk dibangku perkuliahan. Mulailah dengan memperkaya ilmu dan skill anda melalui buku, majalah bisnis, mengikuti mata kuliah kewirausahaan yang ada dikampus anda. Mengikuti club atau forum kewirausahaan ditempat kuliah anda, mengikuti berbagai macam seminar pelatihan bisnis yang ada diIndonesia, serta memperluas networking dengan bergaul dilingkungan para pengusaha muda.

Menentukan peluang bisnis yang sesuai dengan modal
Ketika mental anda mulai terbangun, langkah berikutya yang perlu diperhatikan adalah memilih jenis usaha yang sesuia dengan modal anda. Yang dimaksudkan dengan modal disii tentunya tidak hanya berupa materi saja, namun juga meliputi modal skill, modal passion (hobi), waktu luang, dan lain sebagainya. Contohnya saja seperti menjadi reseller produk, menjadi penulis arttikel, membuat beragam jenis aksesoris, (seperti kerajinan flannel, kain perca, manik-manik, kerajinan sulam, dll) memproduksi coklat, camilan, atau aneka macam makanan ringan, bisnis pulsa berjalan, menyediakan jasa penerjemah, jasa les privat, jasa servis komputer, maupun handpone, jasa rental komputer, jasa pembuatan website, serta masih banyak lagi peluang bisnis mahasiswa lainnya yang memberikan keuntungan cukup besar bagi para pelakunya.

Membagi waktu sebaik-baiknya
Sebagai mahasiswa tentunya sebagian besar waktu anda akan tersita dibangku perkuliahandan sibuk mengerjakan tugas-tugas kampus yang setiap harinya menumpuk dimeja belajar anda, Meskipun begitu tidak menutup kemungkinan bila andapun bisa merintis usaha kecil-kecilan disela-sela jadwal kuliah anda setiap hari, Yang terpenting bijaklah dalam membagi waktu. Pisahkan waktu belajar anda dengan waktu luang untuk merintis usaha.  Misalnya saja ketika hari-hari kerja, gunakan waktu pagi hingga sore untuk fokus mengurus segala hal yang berhubungan dengan kuliah anda. Sedangkan waktu malam hari atau ketika hari libur tiba. Optimalkan tenaga dan pikiran anda untuk menciptakan ide kreatif baru guna mengembangkan bisnis sampingan yang anda rintis. Ketika waktu anda bisa berbagi secara seimbang, maka kuliah dan bisnis andapun bisa berjalan beriringan.

Aktif berpromosi dilingkungan  sekitar
Untuk mendukung perkembangan bisnis yang dijalankan, Setidaknya anda bisa memulai berpromosi dilingkungan sekitar anda. Contohnya saja dengan menginformasikan produk atau jasa anda kepada teman-teman kuliah, teman kost, keluarga, saudara, dosen-dosen anda, ataupun mempromosikan bisnis tersebut melalui stus pertemanan online (sebut saja seperti facebook, twitter, blog, google, plus. Dan lain sebagainya )

Action dari sekarang
Setelah yakin dengan persiapan dan kemampuan yang anda miliki, kini tidak ada alasan lagi bagi anda untuk menunda-nunda rencan bisnis yang telah dibuat dan segera merelisasikannya untung mendapatkan untung besar setiap bulannya.

Semoga informasi tips motivasi bisnis yag saya sampaikan bisa memberikan tambahan semangat bagi para pembaca dan menginspirasi seluruh mahasiswa di Indonesia untuk segera mulai berkarya menciptakan peluang kerja sebanyak-banyaknya. Maju terus UKM Indonesia dan salam sukses

Kisah sukses pengusaha muda sejak dibangku kuliah


Elang Gumilang pengusaha property sukses sejak dibangku kuliah merupakan salah satu pengusaha muda yang sukses diIndonesia. Bermula dari bangku kuliah ia merintis usaha yang dibilang tidak biasa. Tidak biasa karena dia begitu perhatian terhadap lingkungan sekitar dan masyarakat menengah kebawah. Sosoknya yang begitu sederhana dan tekadnya yang begitu ulet, kuat, dan juga tak pernah putus asa membuat ia dikenal banyak otang.

Elang Gumilang, kelahiran bogor dan berkuliah di Institut Pertanian Bogor jurusan manajemen FEM merupakan salah satu pembisnis muda yang bergerak dibidang properti. Saat ini Elang Gumilang merupakan Chairmen dari Elang Group yang dirintisnya semenjak masih kuliah.

Sumber:
bisnisukm.com>Manajemen UKM


Tidak ada komentar:

Posting Komentar