Sabtu, Agustus 13

Tips dan Trik dari Emak Tercinta

Selamat malam sahabat blogger, ketemu lagi nih sama gua Panji Setia Kurniawan. Semoga tulisan gua bisa bermanfaat untuk dibaca yaa. amin...

Kali ini gua bakalan ngebahas soal usaha emak gua tercinta lagi nih. Yaitu tentang bagaimana tips dan trik buat mempertahankan pelanggan ala emak gua.

Awalnya yaitu disaat emak gua baru mulai membangun usaha wartegnya nih broo. Saat pertama kali ibu gua memulai usahanya, ane perhatiin emak ane buat sebuah buku yang terdiri dari nama-nama pelanggan emak gua. Nah, karna gua penasaran gua tanya ke emak gua. "Mak itu buku buat apaan mak?" dan emang gua bilang "Itu namanya buku kasbon atau buku utang nang". dari situ gua baru tau, ternyata bisa ngutang diwarung emak gua. Dan rata-rata para pelanggan membayar kasbonnya semiggu sekali. Karna diwilayah terpat emak saya berjualan, banyak usaha-usaha kompeksi, supir bajaj, supir taksi dan dsb. Yang merasa nyaman apabila bisa kasbon diwarung emak saya berjualan.

Dan setelah masuk hari sabtu malam minggu, biasanya para pelanggan emak membayar utangnya. Saat para pelanggan membayar utangnya emak saya sudah menyiapakan buah-buah jeruk dipiring. Dan setiap ada yang bayar kasbon, emak memberinya buah jeruk. Nah, saya kembali bertanya pada emak saya waktu itu "Mak itu jeruk buat apa yaa, kok dikasih sih mak?" dan ibu menjawab "Iya itu bonus kecil aja, karna mereka sudah membayar uang kasbon mereka nak. Biar mereka senang". Dan saya dapat ilmu lagi bahwa bonus yang hanya buah jeruk pun bisa membuat para pelanggan merasa senang. Sebulan setelah ibu saya memulai usahanya, datanglah bulan ramadhan. Nah, seminggu sebelum bulan ramadhan ibu saya pergi ke tanah abang membeli anyak sekali baju-baju disana. Kembali saya bertanya, " Itu baju banyak sekali untuk siapa ya mak?" dan ibu menjawab "Ini THR nang buat pelanggan emak yang makan diwarung" dan saya menjawab "Kan emak baru berapa bulan berjualan mak, udah ngasih THR aja mak. Banyak lagi" dan emak menjawab lagi "Yah itung-itung berbagi hasil sama mereka nang, siapa tau ada yang belum punya baju buat lebaran kan lumayan bagi mereka nang. Dan juga, dengan adanya THR pelanggan emak akan tidak akan kabur ke warung lain Insya Allah".

Setelah saya perhatikan, ditahun-tahun selanjutnya. Malah pelanggan emak makin bertambah. Dan saya perhatikan juga ada beberapa orang yang hanya makan apabila mendekati puasa saja. supaya dapat THR mungkin. Namun setidaknya itu bisa menambah keramaian bagi warung emak saya kedepannya sobat blogger. Soo meskipun bonus/THR itu sepele, namun itu amat ampun untuk mempertahankan pelanggan untuk warung emak saya.

Dan yang terakhir, ini adalah tips dan trik yang cukup unik. Karna hanya orang tertentu yang bisa melakukannya. hehehe yaitu murah senyum terhadap pelanggan. Saya dapat ilmu ini ketika saya mencoba membantu emak saya melayani pembeli yang datang. Dengan memberikan air minum kepada pelanggan yang datang. Dan saat saya mengantarkan minuman itu emak saya membisiki saya "Nih nang anter minumnya yaa, yang sopan dan jangan lupa senyumnya ya nang jangan cemberut" hehehe kemudian saya mengantarkan minum dan berkata " Ini minumnya mas, kalo kurang apanya kasih tau aja mas hehehe sambil ketawa"

Yup, para pembaca blogger sekalian. demikianlah  sedikit hal yang saya dapat dari ibu saya tentang mempertahankan pelanggan terhadap usaha kita. Buatlah pelanggan bukan hanya puas terhadap produk kita, tapi juga pelanggan harus puas terhadap sikap dan pelayanan yang kita berikan.

Keuntungan besar memang jadi tujuan seseorang membangun usaha, namun alangkah baiknya apabila seseorang itu mau saling berbagi sesamanya dengan apa yang ia dapat. Untung boleh asal jangan Maruk hehehehe.....

Thanks yang udah mau baca artikel gua yaaa,,,,
Srry gak ada referensi dari mana-mana. Ini full dari gua semua......
Sampai jumpa di artikel selanjutnya.......

Byeeee byeeee

















Tidak ada komentar:

Posting Komentar