Senin, Desember 19

Hype Classy



Bisnis Plan 

PENDAHULUAN

Laju pertumbuhan usaha kecil dan menengah (UKM) diindonesia belakangan ini memang cukup pesat. Hal itu tentunya memberikan dampak positif bagi perkembangan ekonomi untuk meningkatkan pendapatan mereka guna menyejahterakan kehidupan. 

Sebab, tidak dapat dipungkiri apabila adanya UKM pada suatu daerah dapat mendongkrak dan mempercepat pertumbuhan ekonomi daerah serta menyerap jumlah tenaga kerja yang mampu mengurangi angka pengangguran, kemiskinan selain itu juga memajukan kehidupan masyarakat sekitar.



Meskpiun sampai saat ini masih banyaknya pelaku usaha yang menagalamai beberapa kendala usaha bisnis dalam bidang produk bantal custom seperti permasalahan modal, jaringan bisnis, dan lain sebagainya. Pada dasarnya UKM merupakan salah satu kegiatan usaha yang dapat membantu masyarakat berwirausaha dengan memanfaatkan peluang yang ada dengan mendatangkan untung besar setiap bulannya.



KONSUMEN / TARGET 

Sampai saat ini fashion wanita masih sangat menjadi peringkat atas dionline shop maupun ditoko-toko ataupun boutique-boutique diluar sana, dengan perkembangan zaman dan model-model fashion baru dari mulai baju, celana, dan hijab sangat penting bagi wanita yang fashionable.



BAGAIMANA MEMULAI BISNIS
Untuk memulai usaha bisnis karena saya ingin membuat brand saya sendiri maka pertama saya memikirkan nama brand yang unik dan tidak pasaran lalu saya mulai memikirkan model-model baju, celana serta hijab yang sedang trend, kemudian belanja bahan untuk penjualan saya, mencari tukang jahit yang menerima membuat baju, celana serta hijab, mencari penjual brand untuk ditempelkan diberbagai produk.

1.Skill dan pengetahuan
Kemampuan dalam memilih bahan terbaik dan kemampuan bernegoisasi dengan distributor maupun konsumen menjadi keunggulan dari kami dan pengetahuan mengenai manajemen bisnis dan mengembangkan bisnis usaha kami untuk terus maju dan berkembang.

2.Kerjasama / jaringan
Jaringan atau kerjasama merupakan faktor pendukung dalam kelangsungan bisnis sebab memiliki jaringan yang yang luas dan mampu bekerja sama dengan baik dengan semua pihak merupakan salah satu kunci sukses yang harus dipertahankan. Bisnis kami bekerja sama dengan distributor bahan yang high quality namun low price.


3.Tenaga kerja
Kami menjalankan usaha ini dengan 5 orang penjahit, 1 orang pembuatan brand, 1 orang pemantau instagram, 1 orang memantau email, 1 orang memantau line dan whatsapp dan 2 orang untuk pengiriman JNE. Jadi, keseluruhan ada 11 orang tenaga kerja.


4.Kualitas
Kualitas baik menjadi fokus utama bagi kami karena sangat mempengaruhi keberlangsungan bisnis yang kami jalani. Kepuasan konsumen dan loyalitas produk saja yang menjadi fokus utama kami melainkan kualitas kami dalam melainkan kualitas dalam peracangan bentuk desain yang terbaik dan dalam proses pengirimannya.


5.Trending topic
Tren era modern ini berkembang dengan sangat pesat dengan memanfaatkan sumber informasi melalui internet dapat dijadikan alat untuk memantau atau membuat riset tentang tren-tren terbaru yang dapat diserap dan diaplikasikan kedalam bisnis kami. Tren yang penting adalah membuat terobosan baru dalam penggunaan model-model baju, celana seta hijab yang awalnya biasa saja, namun dapat dijadikan sebuah fashion yang unik dan menarik. Usaha yang kami jalankan pun berfokus pada fashion wanita umum nemun ditambahkan dengan hijab agar kaum hijabers juga tidak ketinggalan model hijab terbaru, Oleh sebab itu kami mengambil peluang bisnis tersebut dan bisnis ini cukup banyak peminatnya.


KEUNTUNGNAN BISNIS

Seiring dengan perkembangan zaman tingkat kebutuhan masyarakat mengenai produk fashion ini dapat diperkirakan mengalami peningkatan kebutuhan yang dikalangan para masyarakat yang ingin menambah koleksi fashionnya. Apalagi sekarang ini banyak inovasi-inovasi baru menyangkut berbagai macam model desain yang beragam untuk dijadikan referensi guna memenuhi kebutuhan untuk para calon konsumen.

KENDALA BISNIS

Untuk menjalankan bisnis produk fashion tentunya dibutuhkan modal usaha yang tidak sedikit. Sebab sebagai besar produk fashion dalam jumlah yang banyak membutuhkan modal yang tidak sedikit untuk membeli peralatan dan bahan yang bermutu supaya dapat menjamin kelangsungan bisnis produk fashion wanita. Maka kita harus teliti dalam mengatur modal, dalam hal ini penting agar persediaan barang ditawarkan selalu up to date sehingga membuat bisnis ini terus menarik banyak konsumen. 


STRATEGI BISNIS
Untuk memperluas jaringan pemasaranproduk fashion , dapat dilakukan dengan menjual produk fashion dengan kualitas yang baik kepada semua orang. Pemasaran juga dilakukan dengan cara seperti melalui media sosial, internet, memperkenalkan kepada masyarakat dengan cara mengikuti suatu pameran di salah satu acara yang dapat memperbesar peluang bisnis kami. selanjutnya kami memilih tempat yang strategis adalah tempat yang paling penting untuk menjual sebuah produk guna menarik minat konsumen lebih banyak

KUNCI SUKSES

  • Percaya dan fokus bisnis.
  • Pandai berkomunikasi.
  • Mempunyai etos kerja yang tinggi.
  • Mau mendengarkan kritik dan saran dari orang lain.
  • Tidak mudah putus asa.
  • Mampu menghasilkan produk yang berkualitas.
  • Mengutamakan kepuasan pelanggan.
  • Disiplin, bertanggung jawa, kreatif, dan inovatif.

ANALISA EKONOMI

Asumsi

  •  Produksi baju,celana, hijab 170 .
  •  Proses produksi dilakukan dirumah.

.Modal awal

  • bahan baju                               Rp.    1.000.000,-
  • bahan celana                            Rp.    2.500.000,-
  • bahan hijab                               Rp.       350.000,-
  • TOTAL                                       Rp.    3.850.000,-

Biaya produksi per bulan
  • Bahan                                         Rp.    3.850.000,- 
  • bayar Tukang Jahit                     Rp.    1.000.000,-
  • Bayar pembuatan brand            Rp.        870.000,- 
  • Gaji 5 karyawan                          Rp.     2.500.000,-
  • Promosi                                      Rp.       200.000,-
  • Listrik                                          Rp.       500.000,-
  • Pulsa Internet                             Rp.       800.000,-+ 
  • TOTAL                                        Rp.   9.720.000,-
Omset per bulan

  • Penjualan baju @Rp 135.000 x 60psc = Rp 8.100.000,-
  • Penjualan celana @Rp 160.000 x 50psc = Rp 8.000.000,-
  • Penjualan hijab @Rp 60.000 x 3kodi = Rp 3.600.000,-

Return of investment (ROI)
  • (Modal awal + biaya produksi) = laba bersih per bulan

PENUTUP

Demikian perencanaan bisnis ini saya buat untuk memenuhi tugas kuliah. Semoga langkah ini dapat memberikan pengalaman baru dan menginspirasi, sehingga bermanfaat untuk semua orang yang ingin memulai berwirausaha . Semoga Tuhan Yang Maha Esa memberikan berkat dan rahmat-Nya. Terima kasih 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar