Desember 18, 2016

Lovely Pillow


Bisnis Plan



PENDAHULUAN



Laju pertumbuhan usaha kecil dan menengah (UKM) diindonesia belakangan ini memang cukup pesat. Hal itu tentunya memberikan dampak positif bagi perkembangan ekonomi untuk meningkatkan pendapatan mereka guna menyejahterakan kehidupan.
Sebab, tidak dapat dipungkiri apabila adanya UKM pada suatu daerah dapat mendongkrak dan mempercepat pertumbuhan ekonomi daerah serta menyerap jumlah tenaga kerja yang mampu mengurangi angka pengangguran, kemiskinan selain itu juga memajukan kehidupan masyarakat sekitar.



Meskpiun sampai saat ini masih banyaknya pelaku usaha yang menagalamai beberapa kendala usaha bisnis dalam bidang produk bantal custom seperti permasalahan modal, jaringan bisnis, dan lain sebagainya. Pada dasarnya UKM merupakan salah satu kegiatan usaha yang dapat membantu masyarakat berwirausaha dengan memanfaatkan peluang yang ada dengan mendatangkan untung besar setiap bulannya.


KONSUMEN / TARGET 
Sampai saat ini produk-produk bantal custom ini salah satu barang yang cukup diminati di kalangan masyarakat. Sehingga wajar adanya bila sebagaian besar penggemar produk bantal custom adalah masyarakat kelas bawah hingga menengah atas serta kalangan anak remaja bahkan para orang tua yang ingin melengkapi tempat tidur dengan motif bantal yang dapat didesain sesuai keinginan yang dapat memberikan nuansa tersendiri bagi penghuni kamar tidur dan rumah hunian.

BAGAIMANA MEMULAI BISNIS
Untuk memulai usaha bisnis jual dan pembelian perelengkapan tidur, pada dasarnya kami tidak harus memiliki tempat usaha yang berukuran luas. Yang terpenting dalam kelengkapan produk yang ditawarkan atau yang dijual dan lokasi yang strategis, misalnya pada pusat perbelanjaan dan lain sebagainya.

1.Skill dan pengetahuan
Kemampuan dalam memilih bahan baku terbaik dan kemampuan bernegoisasi dengan distributor maupun konsumen menjadi keunggulan dari kami dan pengetahuan mengenai manajemen bisnis dan mengembangkan bisnis usaha kami untuk terus maju dan berkembang.

2.Kerjasama / jaringan
Jaringan atau kerjasama merupakan faktor pendukung dalam kelangsungan bisnis sebab memiliki jaringan yang yang luas dan mampu bekerja sama dengan baik dengan semua pihak merupakan salah satu kunci sukses yang harus dipertahankan. Bisnis kami bekerja sama dengan agen dakron/silikkon untuk isian bantal dan kain/bahan untuk sarung bantalnya yang berkualitas terbaik dan aman bagi kulit tanpa mengandung zat kimia yang menimbulkan alergi atau dapat merusak kulit dan harganya pun bersahabat 


3.Tenaga kerja
Kami menjalankan bisnis ini dengan mempekerjakan 4 orang pekerja yang merupakan sahabat kami yang memiliki kemampuan dalam bidang ini. Selain jujur dan dapat dipercaya kami cukup memiliki tanggung jawab yang besar dalam pekerjaan sehingga proses produksi dapat berjalan sesuai rencana dan tepat waktu.


4.Kualitas
Kualitas baik menjadi fokus utama bagi kami karena sangat mempengaruhi keberlangsungan bisnis yang kami jalani. Kepuasan konsumen dan loyalitas produk saja yang menjadi fokus utama kami melainkan kualitas kami dalam melainkan kualitas dalam peracangan bentuk desain yang terbaik dan dalam proses pengirimannya.


5.Trending topic
Tren era modern ini berkembang dengan sangat pesat dengan memanfaatkan sumber informasi melalui internet dapat dijadikan alat untuk memantau atau membuat riset tentang tren-tren terbaru yang dapat diserap dan diaplikasikan kedalam bisnis kami. Tren yang penting adalah membuat terobosan baru dalam penggunaan motif-motif bantal yang awalnya biasa saja, namun dapat dijadikan sebuah bantal yang unik dan menarik. Usaha yang kami jalankan pun berasal dari produk-produk bantal yang sudah ada, namun kami rubah pengaplikasian kedalam produk bantal kami. Pada umumnya bantal hanya digunakan untuk melengkapi tempat tidur. Maka dari itu kami mencetuskan membuat usaha bantal custom yang berkarakter dan dapat didesain sesuai keinginan, sehingga bantal ini tidak hanya digunakan untuk pelengkap tempat tidur , tetapi dapat juga menjadi penambah dekorasi ruang dan dapat juga menjadi sebuah souvenir yang unik dan menarik untuk diberikan kepada seseorang yang istimewa. Oleh sebab itu kami mengambil peluang bisnis tersebut dan bisnis ini cukup banyak peminatnya.


KEUNTUNGNAN BISNIS

Seiring dengan perkembangan zaman tingkat kebutuhan masyarakat mengenai produk bantal custom ini dapat diperkirakan mengalami peningkatan kebutuhan yang dikalangan para masyarakat ynag ingin menambah koleksi dalam ruangan atau memperindah ruangan sehingga dapat memcantik dekorasi ruang kamar yang nyaman dan yang ingin memberikan sebuah hadiah dan souvenir kepada seseorang yang spesial. Apalagi sekarang ini banyak inovasi-inovasi baru menyangkut berbagai macam motif desain yang beragam untuk dijadikan referensi guna memenuhi kebutuhan untuk para calon konsumen. Sehingga, tidak heran bila daya tarik produk bantal custom ini semakin tinggi dan prespek pasarnya semakin hari kian terbuka lebar.

KENDALA BISNIS

Untuk menjalankan bisnis produk bantal custom tentunya dibutuhkan modal usaha yang tidak sedikit. Sebab sebagai besar produk bantal custom dalam jumlah yang banyak membutuhkan modal yang tidak sedikit untuk membeli peralatan dan bahan yang bermutu supaya dapat menjamin kelangsungan bisnis produk perlengkapan tidur ini yang semakin banyak peminat. Maka kita harus teliti dalam mengatur modal, dalam hal ini penting agar persediaan barang ditawarkan selalu up to date sehingga membuat bisnis ini terus menarik banyak konsumen. 



Kendala lainnya ketika banyaknya pesanan custom secara satuan, pasalnya ini harus menghabiskan banyak waktu untuk melayani desain satu-persatu. Apalagi kalau ada beberapa customer yang meminta revisi desain berkali-kali. Waktu untuk produksi juga menjadi lebih banyak karena produksinya satuan. Tidak hanya itu, desainer grafis yang ada saat ini juga merupakan kerjasama dengan teman-teman yang waktunya juga kurang fleksibel karena lantaran masih sama kuliah, sehingga keterlambatan produksi juga bisa terjadi. Untuk mengartisipasi hal ini kami pun mengeluarkan produk ready stok dengan bebrapa desain umum, sehingga dapat dibeli siapa saja dan kapan saja. Alasannya, tidak semua pembeli minta custom, ada juga yang langsung beli produk yang tersedia, baik secara online maupun offline

STRATEGI BISNIS
Untuk memperluas jaringan pemasaran bantal custom disini, dapat dilakukan dengan menjual produk bantal custom dengan kualitas yang baik kepada semua orang. Pemasaran juga dilakukan dengan cara seperti melalui media sosial, internet, poster, memperkenalkan kepada masyarakat dengan cara mengikuti suatu pameran di salah satu acara yang dapat memperbesar peluang bisnis kami. selanjutnya kami memilih tempat yang strategis adalah tempat yang paling penting untuk menjual sebuah produk guna menarik minat konsumen lebih banyak

KUNCI SUKSES

  • Percaya dan fokus bisnis.
  • Pandai berkomunikasi.
  • Mempunyai etos kerja yang tinggi.
  • Mau mendengarkan kritik dan saran dari orang lain.
  • Tidak mudah putus asa.
  • Mampu menghasilkan produk yang berkualitas.
  • Mengutamakan kepuasan pelanggan.
  • Disiplin, bertanggung jawa, kreatif, dan inovatif.

ANALISA EKONOMI

Asumsi

  •  Produksi Lovely Pillow sebanyak 100 unit .
  •  Proses produksi dilakukan dirumah.
.Modal awal
  • 1 unit komputer                       Rp     4.500.000,-
  • 1 unit mesin sablon digital      Rp      3.000.000,-
  • 2 unit mesin jahit                     Rp     3.000.000,- +
  • TOTAL                                    Rp   10.500.000,-
Biaya penyusutan
  • Komputer/12 bulan                  Rp       540.000,- 
  • Mesin sablon digital/6 bulan    Rp     180.000,-
  • Mesin jahit/6 bulan                   Rp      180.000,- +
  • TOTAL                                      Rp      900.000,-

Biaya produksi per bulan
  • Kain                                            Rp    1.000.000,- 
  • Tinta                                           Rp       600.000,-
  • Dakron/silikon                           Rp    2.500.000,-
  • Gaji 4 karyawan                        Rp    2.000.000,-
  • Promosi                                     Rp       200.000,-
  • Listrik                                          Rp      500.000,-
  • Pulsa Internet                             Rp      400.000,-
  • Penyusutan peralatan               Rp      900.000,- +
  • TOTAL                                         RP   8.100.000,-
Omset per bulan

  • Penjualan bantal @Rp 150.000 x 100 = Rp 15.000.000,-

Laba per bulan

  • Rp 15.000.000 – Rp 8.100.000 = Rp 6.900.000,-

Return of investment (ROI)
  • (Modal awal + biaya produksi) = laba bersih per bulan

PENUTUP

Demikian perencanaan bisnis ini saya buat untuk memenuhi tugas kuliah. Semoga langkah ini dapat memberikan pengalaman baru dan menginspirasi, sehingga bermanfaat untuk semua orang yang ingin memulai berwirausaha . Semoga Tuhan Yang Maha Esa memberikan berkat dan rahmat-Nya. Terima kasih 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar