Jumat, Maret 24


1. Pendahuluan
Saya seorang wirausaha, usaha yang saya jalankan dibidang pakaian muslim, pakaian muslim saat ini menjadi trend dikalangan para remaja. Pakaian muslim banyak modelnya, salah satunya yaitu usaha saya (pakaian muslim syar’i) berbeda dari pakaian muslim biasanya.

Pakaian adalah bahan tekstil dan serat yang digunakan sebagai penutup tubuh. Pakaian adalah kebutuhan pokok manusia selain makanan dan tempat berteduh/tempat tinggal (rumah). Manusia membutuhkan pakaian untuk melindungi dan menutup dirinya.

Pakaian yang saya jual bernilai bahan yang berkualitas, karena saya hanya ingin menjual pakaian yang bisa memberikan konsumen kenyamanan dalam memakainya. Seperti halnya kita, jika kita membeli barang/pakaian yang kualitasnya kurang memuaskan maka kita pun tidak akan merasa nyaman.

2. Konsumen
      Konsumen adalah setiap orang pemakai barang dan/atau jasa yang tersedia dalam masyarakat, baik bagi kepentingan diri sendiri, keluarga, orang lain, maupun makhluk hidup lain dan tidak untuk diperdagangkan.

    Mendapatkan konsumen tidak mudah, ada beberapa langkah bagaimana kita bisa menarik konsumen untuk membeli barang kita salah satu caranya yaitu mempromosikan barang kita kepada konsumen dan meyakinkan barang kita bahwa barang yang kita jual adalah barang yang berkualitas dengan harga yang terjangkau.

3. Memulai Bisnis
    Bisnis saya berawal dari kegemaran saya mengumpulkan/mengoleksikan baju muslim dan kerudung, saya sendiri pun sering membeli barang seperti baju, kerudung, tas dll dionline, dan sering terjadi ketika saya membeli online barang yang saya beli tidak sesuai dengan gambar yang saya lihat, jadi saya sedikit memikirkan bagaimana untuk menjual kembali barang yang saya beli tadi dengan gambar yang aslinya. Tentu saja saya harus menjualnya dengan kondisi yang ditampilkan, mungkin terkadang sedikit merasa rugi, tetapi lama kelamaan saya memikirkan bagaimana saya bisa mendapatkan keuntungan itu lagi. Dengan sedikit modal yang saya punya saya nekat membuka usaha dengan membeli beberapa barang dipasar yang akan saya jual dengan menggunakan media sosial. Tentunya saya harus memikirkan keuntungan yang saya dapat agar saya bisa membalikkan modal saya kembali.

Ketika sudah membalikkan modal yang saya pakai sebelumnya saya mengumpulkan hasil keuntungannya, dan saya putar kembali keuntungannya untuk mendapatkan barang yang nantinya akan saya jual kembali.

4. Keuntungan Bisnis
 -  Mendapatkan pengalaman yang menarik.
 - Mengenal lebih banyak orang yang berpengalaman.
 -  Mendapatkan pembelajaran bagaimana menjadi seorang wirausaha yang profesional.
 - Menjadi mental baja dalam segala hal.
- Mengasah kemampuan.

5. Kendala Bisnis
         Kendala yang dimiliki bisnis saya yaitu masih sedikit yang mengetahui usaha saya, karena usaha saya baru dilaksanakan ditahun 2016. Belum memiliki toko dan penjahit untuk usaha saya sendiri.

6. Sistem Pemasaran
           Sistem pemasaran yang saya pakai melalui media sosial dan mempromosikan ke lebih banyak orang dengan cara meyakinkan mereka bahwa pakaian yang saya jual berkualita dengan harga yang terjangkau.

7. Kunci Sukses
          Kunci sukses dari seorang wirausaha yaitu, pengetahuan yang luas, percaya diri, keuletan dalam usaha, mempunyai motivasi yang tepat, memiliki kreatifitas dan inovasi, menghilangkan ego, pandangan yang strategik, mempunyai jiwa kepemimpinan dan juga etika.

9. Penutup
        Sekian informasi dari usaha saya, kurang lebihnya saya minta maaf. semoga usaha yang saya jalankan mendapatkan kelancaran dan kemajuan. dan bagi yang membaca semoga menjadi contoh yang bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar