Jumat, Maret 24

Business Plan Bananen Crips



BISNIS PLAN BANANEN CRIPS
Makanan merupakan kebutuhan primer bagi manusia karena makanan merupakan kebutuhan pokok yang paling utama yang tidak dapat ditinggalkan bagi semua manusia. Bukan hanya makanan berat berjenis seperti nasi yang mampu memberikan sumber energi bagi tubuh manusia karena kandungan karbohidratnya namun ada makanan-makanan jenis lain yang juga bergizi dan mengandung banyak manfaat seperti buah-buahan.
Buah-buahan tidak lagi asing bagi setiap manusia untuk mengkonsumsinya terlebih untuk kesehatannya, baik dalam bentuk buah asli ataupun bentuk olahan yang tidak menghilangkan manfaat buah tersebut.  Buah yang telah diolah memiliki ketertarikan sendiri yang membuat manusia yang tidak menyukai buah-buahan dapat menghilangkan mindset rasa tidak suka itu. Pisang merupakan salah satu jenis buah yang kaya akan manfaat seperti memiliki banyak serat, sumber energi, memperlancar sistem pencernaan, dan masih banyak lainnya.
Oleh karena itu olahan buah Pisang cocok dikonsumsi bagi setiap kalangan, mulai dari anak kecil hingga orang tua. Hal ini juga bukan lagi penghalang bagi orang-orang yang tidak memiliki ketertarikan terhadap buah karena olahan pisang dapat memperkecil kemungkinan mindset yang tidak baik menjadi baik sehingga meningkatkan mood baik.

Konsumen
Pada Usaha Bananen Crips ini konsumen yang kami targetkan bagi semua kalangan, baik dari anak kecil, remaja, orang dewasa hingga orang tua. Jika diteliti lebih mendalam konsumen kami lebih kapada remaja yang bersekolah hingga para orang dewasa yang bekerja di perkantoran, juga kepada usaha-usaha kecil yang saling bekerja sama dalam mempromosikan produk/jasanya.

Memulai Bisnis Bananen Crips
Sebelum memulai bisnis Bananen Crips ada beberapa hal yang harus terlebih dahulu di persiapkan :
1.  Rasa kemauan yang tinggi, dari setiap anggota dalam bisnis ini harus memiliki rasa keinginan/kemauan yang tinggi sehingga anggota dapat konsisten untuk usaha Bananen Crips ini.
2.     Modal, merupakan salah satu dari beberapa hal yang harus di persiapkan. Modal bukan hanya di butuhkan bagi usaha-usaha makanan saja, namun dari setiap usaha modal sangat dibutuhkaan.
3.    Planning, sebuah perencanaan yang dibuat diawal terbentuknya usaha sangat dibutuhkan untuk menghindari beberapa ancaman atau kendala yang tidak terkendali/tidak terkontrol.
4.      Menjalani kerjasama, hal ini dilakukan agar usaha yang dilakukan dapat berkembang secara baik
5.    Lakukan controling, pembagian tugas yang dilakukan dari beberapa anggota salah satunya dapat mengkontol sistem usaha, agar dapat terus berkembang.

Keuntungan Bisnis Bananen Crips 
Keuntungan dari usaha Bananen Crips adalah produk dari kripik pisang ini belum banyak yang memproduksinya terutama dalam kalangan remaja dan karyawan di lingkupan kampus dan perkantoran. Karena hal itu, merupakan peluang besar bagi kami berusaha.

Strategi Pemasaran 
Untuk memasarkan produk kripik ini dengan memasarkan melalui media online, memasarkan pada orang-orang terdekat, memasarkan dengan mengikuti kegiatan kampus anggotanya, lalu memperluas jaringan dengan menciptakan reseller-reseller hingga ke luar pulau jawa.

Kunci Sukses 
Kunci sukses yang sangat utama adalah rasa kemauan yang tinggi dan konsisten, jika rasa ini terus di tanamkan dari setiap anggota maka usaha ini akan terus berjalan dan berkembang hingga ke rana persaingan yang lebih berat.


Analisa Ekonomi
Modal Awal
- Pisang Kepok
- Powder
- Bahan dasar memasak
- Kemasan (Tabung dan plastik)
- Sticker
TOTAL                                                     Rp 2.500.000,-



Biaya Produksi perbulan
- Pisang Kepok                                         Rp 1.600.000,-
- Powder                                                   Rp    500.000,-
- Bahan dasar memasak                             Rp 1.350.000,-
- Kemasan (Tabung dan plastik)                 Rp 1.200.000,-
- Sticker                                                    Rp     400.000,-
- Sewa tempat untuk produksi                   Rp      800.000,-
- Gaji karyawan                                        Rp      800.000,-
TOTAL                                                    Rp 6.650.000,-


Omset perbulan
Penjualan Bananen Crips area kampus
Ukuran kecil          120 bal = Rp 7.200.000,-
Ukuran tabung       400 pcs = Rp 6.000.000,-
Ukuran Besar        100 pcs = Rp 2.500.000,-
TOTAL                                 Rp 15.700.000,-


Tidak ada komentar:

Posting Komentar