Maret 24, 2017

Business Plan Anarkopop Label & Records Distribution


Anarkopop Label & Records Distribution
Jl. Bambu Kuning III no.11 rt/rw : 06/03 cengkareng barat, jakarta. 11730


Business Plan Anarkopop Label & Records Distribution

Pada masa ini, perkembangan usaha kecil dan menengah (UKM) di Indonesia belakangan ini sedang pesat. hal ini membawa dampak positif bagi semua orang dan juga ekonomi indonesia. Sebab, tak bisa dipungkiri bahwa keberadaan UKM mampu mendongkrak dan mempercepat pertumbuhan perekonomian di negara kita serta menyerap jumlah tenaga kerja sehingga mengurangi kasus pengangguran di Indonesia.

Meskipun sampai hari ini masih banyak para pelaku UKM yang mengalami beberapa kendala usaha, seperti permasalahan modal, promosi, jaringan bisnis, dan lain sebagainya. Namun pada dasarnya UKM merupakan salah satu kegiatan industri yang tahan banting dan tidak terpengaruh adanya krisis global yang beberapa waktu lalu sempat menumbangkan beberapa perusahaan besar di sekitar kita. Bukti inilah yang menjadi motivator bagi sebagian masyarakat sehingga akhirnya mereka memilih peluang usaha kecil dan menengah sebagai alternatif tepat untuk mendatangkan untung besar setiap bulannya.

Tentu anda tidak ingin melawatkan peluang tersebut bukan ? Bagi anda yang tertarik menekuni usaha kecil dan menengah, berikut saya informasikan salah satu ide bisnis yang bisa anda jadikan sebagai peluang usaha, yaitu memproduksi cd, kaset dan atribut band secara mandiri skala musik indie.



Konsumen

Target pasar yang bisa anda bidik adalah kalangan anak - anak, remaja, samapai dewasa hingga tua (semua umur) baik perempuan dan lelaki.



Memulai Bisnis Label & Records Distribution
Untuk menjalankan peluang bisnis ini, ada beberapa hal penting yang perlu anda siapkan terlebih dahulu, antara lain sebagai berikut :

1.   Modal utama Anda adalah skill dan pengetahuan tentang perkembangan musik baik lawas maupun trendy yang saat ini laris manis di pasaran. Untuk itu Anda harus jeli melihat perubahan minat konsumen melalui internet dan komunitas musik juga. serta mengamati perkembangan musik dan komunitas nya.

2.  menjalin kerjasama dengan label lain, agar barang yang dijual bisa cepat laku di pasar musik

3.  semua produksi bisa dilakukan sendiri. tetapi jika terlalu sibuk dan capek, anda bisa meminta rekan anda untuk membantu dalam proses pembuatan nya.

4.   melakukan pengontrolan pada produk yang telah diproduksi, hal ini penting agar kualitas produk tetap terjaga.

5.    selalu memperhatikan perkembangan musik di indonesia maupun luar negri. agar tidak ketinggalan dengan kompetitor yang lain nya. 



Keuntungan Bisnis Label & Records Distribution
rilisan fisik musik tak bisa dipungkiri bahwa sampai kapanpun rilisan fisik musik masih terus digandrungi para konsumen dari berbagi kalangan. bahkan tidak sedikit dari mereka yang rela menyisihkan uangnya hanya untuk mengoleksi rilisan fisik musik baik jadul maupun masakini. Peluang inilah yang dimanfaatkan sebagian besar pelaku usaha sehingga mereka bisa meraup untung besar setiap bulannya melalui penjualan rilisan fisik jadul yang memiliki nilai jual cukup tinggi.

selain minat konsumen perorangan yang masih sangat tinggi, saat ini banyak musisi dan band yang ingin mempunyai karya musik nya dalam rilisan fisik. sehingga, karya musik nya terbukti dan nyata. "NAMA ITU KOSONG. KARYA ITU NYATA"



Kendala Bisnis Label & Records Distribution
beberapa kendala yang sering dihadapi para pelaku usaha label & records distribution yaitu, bahan kaset yang jarang. sehingga proses nya terlambat, dan jarang sekali barang nya langsung ada pengganti nya.

Disamping itu, para pelaku UKM juga harus bersaing dengan label yang lain nya. untuk sebab itu, sebisa mungkin jalin kerjasama dan membuat jaringan label & records distribution.



Strategi Pemasaran
untuk memperluas jaringan pemasaran produk ini, anda bisa melakukannya dengan mengikuti berbagai macam acara musik indie. melalui kegiatan tersebut, anda bisa mengenal label & records distribution yang ada di indonesia serta luar negri. selain itu bisa mencari band yang bisa menjual di pasaran rilisan fisik musik.

selanjutnya anda juga bisa menitipkan produk ini ke label yang lain. dan juga memanfaat kan semaksimal mungkin media sosial yang mudah di akses semua orang.
  


Kunci Sukses
ada dua kunci dalam usaha ini, yaitu : pertama, bersabar. karena produksi dilakukan secara manual. kedua, simbiosis mutualisme. karena dengan bekerja sama dengan label dan band, akan saling menguntungkan. kompetitor selalu ada, tetapi pilihlah band yang bisa menjual label anda dalam pasar rilisan fisik musik.



Analisa ekonomi
Asumsi

-   Produksi kaset 1pcs
-   Proses produksi dilakukan di tempat lain, dikenakan biaya.



- Kaset
@1pcs
Rp.15.000,00
- Mika Kaset
@1pcs
Rp.5.000,00
- Cover
@1lembar
Rp.3.000,00
- Stiker
@1lembar
Rp.3.000,00
- Note
@1lembar
Rp.1.000,00
- Poster
@1lembar
Rp.3.000,00
- Pin 1”
@1pcs
Rp.5.000,00
- Emblem
@1pcs
Rp.5.000,00



Total

Rp.40.000,00



Biaya Penyusutan
Produksi duplikat kaset dilakukan di tempat yang berbeda.



Biaya Produksi Perbulan
Produksi tidak menentu dalam setiap bulan nya. Tergantung orderan nya.



Omset Perbulan
Penjualan Kaset : @Rp.50.000,00 x 50 kaset = 2.500.000,00
Dikurangi royalty kepada band / musisi. Tergantung berapa pembuatan nya.



Laba Bersih Perbulan
Rp. 2.500.000,00 x- Rp.2.000.000,00 = Rp.500.000,00  



Return of Invest (ROI)
(modal awal + biaya produksi) : laba bersih perbulan                               ±2 bulan



Semoga informasi bangkitkan usaha kecil menengah dengan memproduksi Label & Records Distribution ini bisa bermanfaat bagi para pembaca, dan menjadi salah satu inspirasi bisnis yang bisa dijalankan untuk mendatangkan untung besar setiap bulannya. walaupun penghasilan nya tidak besar, tetapi membuat jaringan pertemanan lebih luas dan lebih baik. Mari mulai dari yang kecil, mulai dari yang mudah, mulai dari sekarang. Ayo berbisnis!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar