Jumat, April 7

Berwirausaha dengan Berkolaborasi

      














      Apa yang anda ketahui tentang bisnis? Mayoritas orang yang berbisnis akan cendrung memikirkan 1 hal yaitu “Profit (Keuntungan)”.

              Berbisnis dimulai dari perencanaan yang kita rencanakan, dimulai dari mencari para investor sampai menciptakan inovasi terbaru, dari produk bahkan saham pun terkadang dijadikan untuk berbisnis. Mendapatkan para investor tidaklah mudah, dibutuhkan ketekunan dalam meyakinkan para investor. Maka dari itu kita harus membuat sesuatu hal yang baru dan unik yang tentunya akan membuat para investor tertarik untuk ikut bergabung dengan bisnis yang kita jalankan.

          Setelah kita memasuki tahap perencanaan dan mendapatkan investor tentunya kita akan memulai membuka usaha dengan sederhana, dengan adanya usaha yang baru dibuka ini pastinya akan menarik para pesaing untuk berada diurutan yang teratas, bagaimana caranya kita bisa tetap membuka usaha kita dengan tidak mengganggu usaha yang lain?

           Jawabannya dengan Berkolaborasi , Bagaimana kita menuangkan ide untuk berkolaborasi dengan pesaing kita? Tentunya dengan dengan menciptakan inovasi baru serta melakukan kerja sama dengan pesaing kita, seperti mayoritas pembisnis mengatakan bisnis adalah kerja sama.

             Bagaimana kita menciptakan inovasi terbaru kita dengan pesaing kita? Banyak contoh hal lain seperti mall matahari, mereka menempatkan produk mereka dengan mengajak para usaha lain seperti usaha distro GreenLight dengan menempatkan produk mereka secara bersama dan dengan satu toko, dan masih banyak lagi usaha yang bisa dikolaborasikan.

          Menyambung dengan seminar yang saya ikuti yaitu bertemakan STOP COMPETITION, START COLLABORATION mengajarkan kepada kita bagaimana berbisnis dengan cara berkolaborasi bukan dengan berkompetisi. Semakin kita melakukan kerjasama maka semakin lancar usaha yang kita jalankan. Mengingat dengan pembicara seminar yang saya ikut yaitu bapak paulus sulastri mengajarkan juga kepada kita untuk mengkolaborasikan usaha yang kita punya kepada pesaing atau produk yang lainnya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar