Kamis, April 6

Membuka Peluang Usaha dengan Berkolaborasi


Bisnis adalah sebuah badan usaha komersil, yang kegiatannya menghasilkan Laba setinggi-tingginya, secara terus menerus dan tumbuh berkesinambung. Dalam Seminar Kewirausahan yang berjudul "Stop Competition! Starts Collaboration" menyimpulkan bahwa dengan membuka peluang usaha kita bisa dengan berkolaborasi dengan pihak-pihak tertentu. Dalam berkolaborasi terdapat 5 formula Bisnis yaitu Fondamental ( mengontrol sumber daya anda), Productivity, Simplicity (Finansial, Pelanggan,Sistem,Sumber daya manusia), Multiplay dan Freedom. Dalam Seminar tersebut bahwa membuat suatu Usaha "Don't find Customers for your products, find products for your customers" by Seth Godin. Dimana kita dalam membuka usaha kita mencari produk yang di butuhkan masyarakat dibanding mencari masyarakat untuk produk kita. 
Disisi lain dalam tahap Freedom suatu pengusaha akan memikirkan bisnis baru atau membuka cabang baru. Dalam membuka bisnis baru atau cabang baru kita harus mendahulukan kapasitas diri sendiri tetapi kita sebagai manusia dapat meningkatkan dengan cara belajar dan mengasah skill kita. Dengan kita naik jabatan atau ditahap selanjutnya kita harus bisa memastikan skill kita memenuhi tahap tersebut. Dalam seminar tersebut juga saya mendapatkan suatu pengetahuan cara membangun sebuah team. Dalam membangun sebuah team terdapat 5 langkah yaitu : Leadership, Recruitment, Development, Communication dan Assessment. 

Kesimpulan:
Dari Seminar Kewirausahaan bahwa dengan membuka bisnis baru kita tidak harus modal sendiri, tetapi kita dapat berkolaborasi dengan banyak investor. Dengan membuat Bisnis plan yang matang dan mempresentasikan dengan baik kita bisa mendapatkan investor untuk bisnis tersebut.
@c03-Ari

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.