Kamis, April 6

Pengontrolan Sumberdaya Bisnis


Pengontrolan Sumberdaya Bisnis

  Bisnis adalah sebuah badan usaha atau entitas komersil, yang kegiatannya menghasilkan profit atau laba setinggi – tingginya, secara terus menerus dan tumbuh berkesinambungan. Formula Bisnis Ideal yaitu Fundamental, Productivity, Simplicity, Multiply, Freedom. Pengontrolan sumberdaya bisnis merupakan bagian dari formula bisnis ideal yang dapat di terapkan pada semua jenis bisnis apapun. Pengontrolan sumberdaya bisnis meliputi :

1. Hasil / Outcome
Kita harus mempunyai visi dan misi untuk perusahaan kita sendiri, seperti hasil atau outcome apa yang kita inginkan atau apakah bisnis kita sudah menghasilkan sesuai dengan keinginan kita. Visi perusahaan itu harus lebih besar sehingga apabila bisnis kita tidak sampai pada visi tersebut, setidaknya hampir mendekati dari visi tersebut..

2. Konsistensi / Kepuasan Pelanggan
Banyak pebisnis yang ketika sudah mendapatkan keuntungan besar kemudian melupakan kepuasan terhadap pelanggan, sehingga konsistensi atau kepuasan terhadap pelanggan harus diutamakan agar bisnis kita dapat berjalan terus - menerus.

3. Penguasaan Keuangan
Bagaimana pentingnya laporan keuangan dalam bisnis sehingga kita dapat mengetahui berapa keuntungan yang didapat dari penjualan dan dari keuntungan tersebut dapat diputar kembali tanpa mengurangi modal usaha kita.

4. Pengelolaan Waktu
Pentingnya pengelolaan waktu dalam bisnis karena waktu lebih berharga daripada uang, karena waktu dapat membeli uang akan tetapi uang tidak dapat membeli waktu. Sehingga kita sebagai pebisnis harus mengetahui hal – hal yang lebih efektif dalam menjalankan proses bisnis.

  Untuk memulai bisnis lihat terlebih dahulu apa yang masyarakat butuhkan kemudian buat produknya, bukan membuat produknya terlebih dahulu kemudian dijual kepada masyarakat. Dalam bisnis kita harus belajar bagaimana remunerisasi atau supaya karyawan tidak meninggalkan perusahaan kita. Fundamental yang paling penting dalam berbisnis ialah mental atau merubah mindset. Untuk menjadi seorang leadership / pemimpin perusahaan jadilah pemimpin yang mampu mengembangkan orang lain, bukan karena jabatan semata.

  Kesimpulan yang dapat diambil terhadap keterkaitan dengan bisnis yang sedang saya jalani ialah apakah usaha es kul kul ini sudah menghasilkan outcome yang sesuai atau tidak apabila sudah sesuai ingin dikembangkan lagi atau tidak, apabila belum sesuai dari yang diharapkan rencana apa yang harus saya terapkan untuk bisnis saya kedepannya, kemudian bagaimana usaha es kul kul ini tetap mempertahankan kualitas dari segi rasa dan bahan baku untuk mengutamakan konsistensi atau kepuasan terhadap pelanggan, lalu bagaimana mengatur keuangan agar mengetahui untung rugi dari penjualan es kul kul ini, serta kemampuan saya dalam mengelola waktu terhadap bisnis yang saya jalani sehingga saya dapat mengetahui hal – hal yang efektif yang dapat mengembangkan usaha saya ini.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar