Kamis, April 20

The beginning of the real Business

Inovasi merupakan setiap ide atau pun gagasan baru yang belum pernah ada atau pun diterbitkan sebelumnya. Sebuah inovasi biasanya berisi terobosan-terobosan baru mengenai sebuah hal yang diteliti oleh sang inovator (orang yang membuat inovasi),
hal inilah yang menjadi awal mula dimana terjadinya proses kewirausahaan. Inovasi tersebut dipengeruhi oleh berbagai faktor baik yang berasal dari pribadi maupun di luar pribadi, seperti pendidikan, sosiologi, organisasi, kebudayaan dan lingkungan. Faktor-faktor tersebut membentuk ‘’locus of control’’, kreativitas, keinovasian, implementasi, dan pertumbuhan yang kemudian berkembang menjadi wirausahawan yang besar. Dan saya belajar bahwa untuk menjadi pengusaha yang sukses dan terus berkembang, kita harus keluar dari zona nyaman kita. 
Menurut Zimmerer, ide-ide yang berasal dari wirausaha dapat menciptakan peluang untuk memenuhi kebutuhan pasar. Dalam mengevaluasi ide, wirausaha perlu mengidentifikasi dan mengevaluasi semua resiko yang mungkin terjadi dengan cara:
1.     Pengurangan resiko melalui strategi yang proaktif
2.     Penyebaran resiko pada aspek yang paling mungkin
3.     Pengelolaan resiko yang mendatangkan nilai atau manfaat
Dalam berwirausaha ada pepatah yaitu “STOP COMPETITION! STARTS COLLABORATION” yang mempunyai arti berhenti untuk berkompetisi dalam berusaha dan mulailah berkerjasama. Hal ini dapat dijelaskan bahwa dalam berwirausaha juga diperlukan kerja sama antara sesama pengusaha bukan hanya beradu keuntungan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.