Jumat, Mei 19

PEMASARAN PRODUK USAHA

Reportase Festival Kewirausahaan yang diadakan pada tanggal 4- 6 Mei 2017, yang bertempat di Atrium Universitas Mercu Buana. Stand Usaha kelas ini bernamakan Barokah.  

#Pengalaman Pribadi :
Ini adalah pertama kalinya saya membuka stand usaha. Dan saya mendekor stand ini bersama teman-teman saya. Dari mencetak poster-poster usaha kita sekelas dan menghias stand ini dengan kertas origami di buat semenarik mungkin. Saya juga membuat katalog untuk stand kelas ini, agar terlihat menarik ketika orang berkunjung ke stand dapat melihat segala jenis usaha yang ada di kelas melalui katalog. Untuk mempromosikan usaha saya, karena usaha saya di bidang jasa maka saya membuat sebuah pamflet yang saya sebarkan ke orang-orang. Dan juga poster usaha maupun hasil karya saya, ditempelkan di stand usaha ini. Kemudian saya menerapkan teknik promosi mouth to mouth agar bisa menyebar ke semua orang dan menggunakan media sosial saya untuk mempromosikan jasa saya ini yang sedang membuka stand di atrium.
#Studi Banding Terhadap Peserta Lain :
Menurut saya yang terbaik stand Milk Joo, ini adalah stand yang menjual susu segar dengan varian rasa yang berbeda. Kenapa saya bilang terbaik karena mereka sudah mempersiapkannya dengan matang. Dari hari pertama mereka sudah mempersiapkan cetak x-banner usaha mereka dan mencetak logo mereka dengan 3d. Dan stand mereka di hias dengan baik, memiliki lampu-lampu hias yang bagus dan menarik pengunjung yang beli. Stand mereka juga sudah buka dari jam 8 pagi ketika stand yang lain masih belum buka dan mempersiapkan segalanya. Kemudia di tambah dengan orang-orang yang mau bekerja sama satu sama lain.
#Kritik & Saran :
Bazar Kewirausahaan ini ramainya hanya hari Kamis & Jum’at karena ada pembukaan dan acara-acara yang disediakan oleh panitia KWH. Sedangkan hari sabtu panitia KWH tidak menampilkan acara apapun untuk menarik minat konsumen agar mau datang ke bazar kewirausahaan ini. Untuk stand kelas sendiri banyak yang tidak berpartisipasi dalam menjual produk-produknya. Dan membuat kita menjadi ga solid. Begitu pun dengan terkumpulnya dana untuk menyewa stand yang sangat sulit karena susahnya untuk menagih uang patungan. Dan oleh sebab itu kami baru bisa menyewa stand 2 hari sebelum acaranya dimulai dan kehilangan tempat yang strategis.   Semoga acara Bazar Kewirausahaan yang akan datang lebih baik lagi dari pada sekarang dan lebih terkonsepkan dengan baik acara-acaranya. Kemudian juga membutuhkan kerja sama tim yang solid untuk memasarkan produk-produk yang akan dijual.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar